Setiap komputer atau perangkat digital yang terhubung ke jaringan komputer mulai dari komputer PC, laptop, server, hape smartphone, wifi acces point, modem, ip telpon, tablet, kamera cctv, dan lainnya haruslah memiliki alamat IP address.

Alamat IP Address ( Internet Protocol ) dari sebuah perangkat mutlak diperlukan agar perangkat lain yang terhubung seperti sebuah situs website dapat mengetahui ke mana ia harus mengirimkan data kepada para kliennya, peran IP address sangat penting tapi dapat juga menjadi masalah, ibarat pedang bermata dua, apakah IP address dapat menjadi boomerang bagi penggunanya? Bisakah seseorang menemukan lokasi kita berada melalui alamat IP address yang kita miliki?

Mari kita cek apa saja hal-hal penting terkait terkait IP address ?

Apa itu  IP Address?

Nama lengkap atau kepanjangan dari IP adalah “Internet Protocol “. Internet Protocol adalah aturan-aturan yang mengatur tentang cara pengalamatan dari sebuah perangkat komputer yang terhubung ke jaringan komputer. Yang diatur  adalah tentang cara kerja sebuah komputer mengirim dan menerima data.

Untuk pengguna yang awam akan dunia IT, IP address itu ibarat alamat tinggal kita. Ketika kita mengirimkan sesuatu ke seseorang melalui jasa pengiriman maka kita akan memberikan alamat tujuan dan juga alamat kita sebagai alamat pengirim.

Setiap situs, komputer, dan server di internet memiliki alamat IP. Saat Anda ingin menampilkan halaman situs web, komputer anda segera mengirim permintaan ke alamat IP situs web untuk memberitahukan bahwa anda ingin mengakses konten. Situs web kemudian mengirimkan balasan kembali ke PC bahwa konten mereka boleh atau tidak diakses oleh komputer anda, jika boleh maka segera konten situs tersebut terdownload oleh browser kita dan tampilah kontennya; Proses kirim mengirim informasi atau komunikasi ini menggunakan alamat IP.

Seperti apa alamat IP address itu?

Alamat ip address itu pada dasarnya merupakan system pengalamatan yang menggunakan binary atau kode-kode bahasa mesin komputer, namun agar mudah diingat oleh manusia maka dijadikan dalam bentuk bilangan desimal, 0 sampai 9.

Namun karena semakin banyaknya jumlah pengguna maka alamat ip versi terbaru menggunakan bilangan heksa dari 0 sampai F.

Kalau IP address itu alamat yang berupa angka atau bilangan heksa, terus kenapa IP address bisa berubah menjadi nama atau kata-kata?

Karena menghafalkan sebuah alamat dalam bentuk angka-angka dirasa sangat menyulitkan maka diubahlah alamat IP yang berupa angka tersebut menjadi kata-kata agar lebih mudah diingat.

Tugas ini diserahkan kepada sebuah system yang bernama DNS atau Domain Name Sistem.

Oke, terus informasi apa saja yang bisa didapat dari sebuat IP address?

IP address itu memberikan banyak informasi terkait dengan pemiliknya, apa saja?

  • IP address itu memiliki dua kategori yaitu IP publik dan IP private
  • IP public itu adalah IP yang dipakai untuk koneksi ke internet
  • IP private itu untuk koneksi ke local LAN
  • IP private tidak bisa digunakan untuk koneksi ke Internet atau public
  • Setiap perusahaan Internet service provider memiliki rentang IP public
  • Jadi IP public itu bisa memberikan kita informasi provider internet mana yang kita gunakan.
  • Setiap server memiliki IP address
  • Biasanya beberapa komputer yang bukan server berbagi satu IP address Publik, kecuali jika komputer tersebut secara sengaja diatur untuk menggunakan IP public.

Cara mengetahui  di mana lokasi seseorang lewat IP address

Dengan sebuah alat atau tools pencari IP kita dapat melakukan pencarian dan mungkin dapat mengetahui lokasi sebuah alamat IP.

Ketika kita mengetahui sebuah IP address yang sifatnya publik maka kita dapat mengetahui ISP apa yang dipakai oleh IP addres tersebut.

Di daerah pedesaan, informasi ini mungkin cukup untuk menemukan seseorang, tetapi di wilayah perkotaan, area ini sangat luas sehingga tidak mungkin untuk mengetahui di mana komputer pengguna berada.

Singkatnya,  dengan sebuah alamat IP maka dapat diketahui dari mana pengguna tersebut berada. Setidaknya dapat terungkap negaranya mana , ISPnya apa, dan kota nya tapi sanyang kita tidak tahu namanya siapa, tinggal dijalan apa dan nomor rumahnya berapa.

Cobalah mengetahui lokasi anda dengan menggunakan IP address komputer yang anda gunakan

Jika Anda tertarik untuk mencari tahu informasi apa yang alamat IP Anda miliki tentang Anda, mengapa tidak mencobanya sendiri? Ada banyak tools online yang memberi tahu Anda informasi apa yang dapat mereka kumpulkan dari alamat IP kita.

Coba aplikasi online ini: MyIpTest.com, Geotool , HostIP

Bagaimana Bisa Polisi Menemukan Alamat Seseorang Dari IP address komputer atau hapenya

Bagaimana mungkin polisi tahu rumah dari pencuri atau penipu online? Ada banyak cerita tentang peretas atau pembagi file ilegal atau mungkin para pembuat hoaks atau pelaku ujaran kebencian yang ditangkap oleh polisi.

Hal Ini karena ISP atau provider yang digunakan pelaku memiliki semua informasi yang diperlukan untuk melacak aktivitas si pelaku dan kemudian degan mudah polisi melacak  dan menemukan orang itu.

Ketika kita berlangganan kita memberikan nama dan alamat saat registrasi dan ISP dapat menggunakannya untuk melacak aktivitas apa yang berasal akun kita tersebut.

Ketika polisi ingin mengetahui penggunaan ilegal, mereka akan mengambil atau melacak IP address penerima dan pengirim yang melakukan tindakan ilegal tersebut. Mereka kemudian akan berkordinasi dengan ISP yang memiliki alamat IP itu dan menanyakan alamat rumah mereka. Jika bukti cukup kuat maka ISP berkewajiban untuk menyerahkan secara sah alamat target kepada polisi. Selesai

Sebagai kesimpulan bahwa IP address yang kita gunakan tidak secara langsung menunjukan lakasi dimana kita berada secara fisik saat itu, ip address hanya memberikan informasi terkait ISP yang kita gunakan saja.