Kata orang, langkah pertama membuat artikel itu harus dimulai dengan ide atau topik yang menarik terlebih dahulu, judul itu urusan belakang.

Menurut saya itu tidak salah tidak, tapi juga tidak benar. Semuanya memang berawal dari ide topik tapi ide topik itu lebih sering pada akhirnya menjadi judul dari tulisan yang bakal diposting.

Kalau anda sudah mulai berani untuk menulis artikel untuk blog anda, maka yang harus anda pertimbangkan juga adalah mulai untuk membuat judul artikel sebagus dan semenarik mungkin.

Dalam posting ini saya akan memberikan beberapa hal terkait dengan membuat judul tulisan yang begitu powerful untuk menarik minat baca pengunjung.

Kenapa judul itu penting?

Judul artikel itu penting bukan semata-mata karena ditulis dengan huruf-huruf yang tebal dan lebih besar dari isi, ada alasan lain tentunya yang lebih penting dari itu.

  • Judul postingan itu penting karena akan terpampang pada hasil pencarian mesin pencari seperti google.com.

Terus?

Jadi, ketika orang melihat judul tulisan kita pada daftar hasil pencarian maka orang akan melihat sekilas apa saja dari daftar judul-judul yang ada di halaman browsernya, judul mana yang paling menarik dan yang paling sesuai dengan pencariannya.

Dan kemudian menentukan apa yang akan mereka klik, tentunya yang paling menarik dan meyakinkan yang akan mereka pilih.

Jadi kalau judul kita kalah menarik maka pastinya tidak akan diklik.

  • Judul artikel kita juga muncul pada di RSS feed.

RSS feed akan mengirim notifikasi ke email pembaca yang berisikan judul dan beberapa kata-kata di paragraph pertama atau kedua, tergantung kita mengaturnya.

Yang pasti judul artikel akan terpampang jelas di email notifikasi. Jika judulnya menarik, maka pastik akan segera diklik untuk dibaca, jika tidak maka akan dilewati begitu saja.

  • Judul tulisan kita juga muncul di link URL. Ketika blogger lain me-link ke posting kita di blog atau media sosial mereka, mereka seringkali hanya meng-copy dan menempelkan judul artikel dan kemudian menambahkan URL atau link. Dan pembaca mereka akan memutuskan apakah akan membaca posting anda berdasarkan judul tersebut. Ya, kalau menarik pasti akan diklik untuk dibaca.

Dari tiga kondisi di atas dapat dikatakan bahwa judul merupakan faktor terpenting dalam upaya untuk menarik dan membuat orang membaca postingan kita.

Ketika judul ditulis dengan kata-kata yang membosankan, rumit, membingungkan atau tanpa alasan untuk diklik, maka orang mungkin tidak akan pernah mengkliknya.

Seperti apa teknik rahasia untuk menulis sebuah judul yang luar biasa sempurna?

Ada banyak cara tentang membuat judul postingan blog yang bagus. Begitu banyak teori dan formula yang dapat anda gunakan.

Tapi hati-hati untuk menggunakannya secara berlebihan.

Daripada anda pusing cari sana sini, lebih baik baca tulisan tentang bagaimana membuat judul artikel yang bagus dan menarik ini sampai habis.

Berikut cara-caranya:

# 1: judul itu harus jadi sarana untuk mengkomunikasikan kepada calon pembaca apa saja manfaat postingan itu bagi mereka

Dengan judul kita memberikan mereka gambaran tentang apa yang akan disampaikan dalam postingan kita. Cukup dari judulnya saja pembaca bisa mengetahui bagaimana mereka akan mendapatkan manfaat dari mengklik tautan link URL untuk kemudian dibaca.

Kenapa ini mesti diterapkan, karena ketika kita akan memutuskan untuk membaca sebuah posting, maka biasanya kita selalu secara tidak sadar bertanya, “Apa sih untungnya buat saya?”

Rasanya sebagian besar pembaca akan bertanya seperti ini:

Apa untungnya buat saya? Apakah saya akan terhibur? Apakah saya akan mendapat informasi penting? Apakah saya akan belajar sesuatu yang baru? Apakah saya akan mendengar sesuatu yang layak diberitakan? Apakah saya akan merasa terinspirasi?

# 2: Pertimbangkan bahwa judul itu mesti berisikan kata kunci yang bisa mendatangkan traffic kunjungan dari mesin pencari

Mesin pencari seperti google adalah sumber lalu lintas atau Traffic yang utama, karena sebagian besar traffic kunjungan pada sebuah blog atau website berasal dari mereka.

Jadi pertimbankan juga tentang bagaimana cara mendapatkan jumlah kunjungan yang tinggi dengan postingan kita tersebut. Maka dari itu kita harus optimalkan judul artikel kita.

“Coba pertimbangkan tentang apa yang akan diketik orang di Google untuk mencari sesuatu informasi?” Coba praktekan pada diri kita sendiri ketika mengetik pada google terkait dengan apa yang hendak kita cari. Rata-rata orang kurang lebih akan melakukan hal yang sama dengan yang kita lakukan.

Jika kita mengabaikan fakta ini, maka kita akan berpotensi kehilangan setengah lalu lintas kunjungan yang kemungkianan besar bisa mampir ke blog kita, terutama untuk jangka panjang.

Menurut para pakar SEO, kecenderungannya adalah sebuah posting pertama kali dipublish, lalu lintas kunjungan pada posting itu, mayoritas datang dari media sosial, tetapi setelah itu 99% lalu lintas yang pengunjung berasal dari mesin pencari.

# 3: Judul Harus Bisa Membangkitkan Rasa Ingin Tahu Pembaca

Banyak blogger yang sudah sering memberitahukan bahwa judul itu mesti berisikan hal-hal yang dapat membangkitkan keingintahuan pembaca.

Tapi kadang terlalu sering digunakan, sampai-sampai ada posting yang judul dan isinya tidak terkait sama sekali, kalaupun terkait isinya tidak cukup memuaskan seperti yang dipromosikan judulnya. Saya sering menemui yang seperti ini…..

Posting dengan jenis konten seperti ini akan membuat pembaca jadi kesal dan kalau sudah kesal maka mereka tidak akan kembali berkunjung.

Kita tidak harus memberikan semua jawaban pada judul. Tetapi juga jangan sampai menipu orang dengan judul yang bombastis tapi isinya hanya secuil informasi dangkal.

Kita harus berhati-hati dengan rasa ingin tahu. Sebagian besar pembaca tidak suka dengan hal yang sifatnya ambigu atau tidak jelas.

Mereka sangat ingin tahu apa yang bakal mereka dapatkan. Jadi jika kita dihadapkan pada pilihan antara rasa ingin tahu atau manfaat komunikasi, pilihlah yang kedua, manfaat komunikasi.

# 4: Jadikan Judul Sebagai Sebuah Pertanyaan

Cara ini sangat baik karena orang-orang biasanya mengetik pertanyaan di mesin pencari. Jadi dengan pertanyaan-pertanyaan itu, kita dapat menghasilkan judul postingan blog yang bagus.

Kita dapat menggunakan pertanyaan itu sebagai judul posting blog. Misalnya, “Bagaimana membuat judul yang menarik minat baca pengunjung?” Ini adalah pertanyaan yang sering diketik orang ke Google.

Peluang bagus lainnya untuk menggunakan pertanyaan sebagai judul  adalah ketika kita ingin posting untuk memulai diskusi atau debat.

Tapi sekali lagi, berhati-hatilah. Jika kita memasukkan pertanyaan pada judul, maka siap-siapakan untuk menjawabnya di bagian konten atau isi posting tersebut. Jika tidak, pembaca akan kecewa.

# 5: Pisahkan Judul Menjadi Dua Bagian

Terkadang kita ingin melakukan dua pembahasan dalam satu judul. Membagi menjadi judul dan subjudul menggunakan titik dua adalah cara yang bagus untuk memisahkan.

# 6: Gunakan Senjata “Bagaimana Cara” dalam Judul Kita

Judul-judul dengan kata bagaimana caranya sangatlah cocok untuk memberitahukan manfaat dari isi postingan kita.

Mungkin tidak perlu menggunakan “bagaimana caranya” secara langsung, beberapa kata-kata seperti “tips”, “teknik”, “langkah”, atau “panduan” bisa mewakili kata bagaimana atau how to.

Bahkan kata-kata seperti “aturan”, “rahasia” atau “petunjuk” dapat mengomunikasikan bahwa postingan kita akan mengajarkan sesuatu kepada pembaca.

Ingatlah bahwa orang-orang kebanyakan, mungkin termasuk kita, sering mengetik “bagaimana”, “kiat”, atau “teknik” pada Google ketika mencari artikel tentang cara melakukan sesuatu.

# 7: Gunakan Angka Pada Judul

Sebuah posting yang berisi daftar atau yang dikenal dengan istilah “listicles”, harus berisikan banyak daftar agar menarik.

Penelitian demi penelitian menunjukkan bahwa sebuah judul yang terdapat angka cenderung lebih sering diklik dibanding judul tanpa angka.

Sudah banyak para blogger yang membuktikan kempuhan metode ini. Dasar pemikirannya adalah angka itu memberikan kesan bahwa artikel yang akan diklik tersebut lebih mudah untuk dibaca dan dimengerti.

Contohnya, jika dinyatakan angka tiga pada judul maka hal itu akan memberi kesan bahwa isi artikel pasti singkat, tidak panjang lebar pembahasannya.

Namun jika angka yang tertera lebih besar hal itu menandakan isi posting yang lebih panjang dan komprehensif.

# 8: Buatlah Judul Sebagai Sebuah Perbandingan

Mencari perbandingan terhadap sebuah barang yang ingin dibeli adalah hal yang paling sering dilakukan orang, dan mereka biasanya langsung mengetikan kata-kata tersebut pada mesin pencari seperti Google.

Misalnya, apa kelebihan Xiaomi dibandingkan Samsung atau Opo, dan sebagainya.  

Judul yang berisikan perbandingan secara otomatis juga akan berisikan beberapa point tentang perbandingan dari objek yang dikenalkan pada judul.

Posting dengan judul perbadingan akan memberikan sinyal manfaat kepada para calon pembaca. Judul posting seperti ini akan membantu orang untuk menentukan pilihan diantara 2 opsi atau memberikan jawaban atas pilihan yang terbaik.

Menurut saya, Internet adalah referensi utama yang biasa dipakai orang dalam membuat keputusan ketika mereka dihadapkan pada beberapa pilihan. Menulis judul berupa perbandingan dapat membuat tulisan kita mudah ditemukan dan menarik minat pembaca.

# 9: Sertakan Pengunjung Anda Pada Judul

Ada beberapa cara untuk pengunjung kita seolah-olah ikut serta dalam judul atau headline.

Cara sederhana adalah dengan menggunakan kata “Anda” pada judul artikel kita. Misalnya, buat judul seperti ini : Sepuluh kesalahan yang biasa anda lakukan …..

Judul seperti ini akan memberikan kesan berbeda jika kita menulis  “Sepuluh Kesalahan Yang biasa orang lakukan”

Dengan menyertakan calon pembaca rasanya lebih seperti memberikan perhatian khusus kepada mereka secara langsung bukan secara general.

Pembaca akan seperti diistimewakan dengan cara seperti ini.

# 10: Gunakan Kekuatan Kata-Kata

Beberapa kata benar-benar memiliki kekuatan super, misalnya kata “cantic, indah, mantap, sensasi”, kata-kata seperti ini memberikan rasa penasaran untuk membuktikan isi dari judul tersebut.

Yang menjadi perhatian adalah agar tidak berlebihan menggunakan kata-kata tersebut, menggunakan terlalu banyak kata-kata seperti itu dalam satu judul, atau kata yang sama sepanjang waktu, dapat dianggap sebagai hal yang berlebihan dan tidak sesuai dengan kenyataan.

Kata lain yang juga memiliki kekuatan untuk dipakai pada judul adalah “gratis”, “rahasia”, “kesalahan” dan “mudah”. Kata-kata seperti ini membuat sesuatu terdengar lebih menarik.

Sekali lagi, harus berhati-hati. Beberapa email provider akan memasukan email yang berisikan kata-kata seperti Gratis atau diskon ke dalam folder Spam.

Kata-kata lainnya yang memiliki power adalah “langkah demi langkah”, kata-kata ini  memberi pesan bahwa isi judul postingan kita akan menuntun pembaca melalui sebuah proses.

Beberapa kata menandakan otoritas, seperti “Petunjuk Penting”. Posting dengan judul seperti ini memberi kesan atas sebuah klaim berani dan akan menimbulkan sedikit rasa ingin tahu.

Intinya judul itu mesti sesingkat dan sejelas mungkin, tujuannya adalah agar mudah dibaca di medsos dan cepat ditemukan oleh mesin pencari.
Cobalah juga untuk mempelajari seperti apa pengunjung kita dan hindari cara yang berlebihan.

Selamat mencoba