Istilah DNS mungkin tidak terlalu populer, tapi jasa DNS bagi dunia terutama para pengguna internet adalah sangat luar biasa. Fungsi Domain Name System adalah mengubah alamat IP address menjadi alamat yang menggunkan karekter atau huruf dan simbol yang lebih mudah diingat dan ditulis oleh pengguna internet yang awam terhadap dunia IT.

Dalam networking Domain Name System menerjemahkan nama suatu komputer menjadi sebuah alamat yang dapat dikenali dan berlaku pada suatu jaringan komputer sehingga komputer tersebut dapat berkomunikasi dengan komputer lainnya.

Untuk lebih menambah wawasan tentang pemahaman terhadap DNS atau domain komputer ada baiknya untuk menyimak 10 penjelasan berikut ini.

 1.  DNS lebih sering diasosiasikan dengan Internet. Sebenarnya DNS bukan hanya untuk Internet tapi berlaku bagi di semua jaringan komputer termasuk jaringan komputer lokal yang sifatnya pribadi atau private seperti jaringan komputer di kantor-kantor.

2.  Dengan DNS kita tidak perlu repot-repot mengingat alamat sebuah komputer yang berupa angka-angka. 


3.  Pemakaian nama lebih tahan lama karena meskipun alamat IP address suatu komputer atau server yang
berupa angka-angka berubah namun hal tersebut tidak membuat nama DNS-nya ikut berubah. 

4.  Sistem penamaan DNS pada internet berlaku juga pada suatu jaringan lokal.


5.  Nama yang digunakan haruslah unik, tidak boleh sama.


6.  Gunakan nama yang sederhana sehingga mudah diingat dan juga mudah dicari oleh sesama pengguna baik di jaringan internet maupun jaringan lokal.


7.  Pada suatu jaringan harus ada sponsor atau server yang melayani sistem penamaan dengan DNS.


8.  Penamaan DNS atau domain suatu jaringan tidak boleh melebihi 63 karakter. Penggunaan huruf besar atau kecil (case-sensitive) tidak berlaku. Misalnya: abc.com 


9.  Gunakan standar karakter untuk penamaan seperti huruf (a A sampai z Z), angka (0 – 9).


10.  Dari sisi client alamat sponsor atau server DNS harus dimasukkan. Caranya bisa manual atau secara automatic.


Untuk mengetahui alamat IP address dari sebuah nama komputer bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut. Jalankan command prompt dari run ketik cmd dan klik ok. 


Untuk jaringan internet bisa dilakukan dengan mengetik nslookup diikuti dengan alamat yang akan dicari. Contoh: nslookup yahoo.com


Untuk jaringan lokal cukup dengan mengetik ping  –a diikuti nama komputer yang akan dicari. Contoh: ping –a namakomputer

Semoga berguna 
Sumber gambar: www.flickr.com