Yang perlu diperhatikan saat memutuskan untuk membeli sebuah peralatan elektronik adalah konsumsi daya listrik alat tersebut. Kita harus mengetahui secara pasti berapa besarnya daya listrik yang digunakan oleh peralatan yang bakal dibeli lalu kemudian mempertimbangkan dan menghitung kembali total kemampuan daya listrik terpasang di rumah atau tempat tinggal kita.10 Peralatan Elektronik di Rumah Yang Paling Besar Daya Listriknya

Jangan sampai setelah membeli daya listrik di rumah kita tidak mencukupi sehingga alat tersebut tidak bisa dipakai.

Berikut adalah peralatan elektronik yang memiliki daya besar namun sangat dibutuhkan dan paling sering digunakan setiap hari.

  1. AC atau Air Conditioning

Konsumsi daya listrik AC memang beragam, mulai dari yang hemat energy dan berdaya rendah sampai dengan AC yang berdaya besar dengan konsumsi listrik yang besar juga. Pemakaian daya listrik oleh AC mulai dari ½ pk, 3/4 pk, 1pk dan 2 pk, bahkan lebih dari 2 pk pun ada tapi rasanya tidak tepat untuk dipakai di rumah karena ruangan dalam rumah yang tidak besar.

  • AC ½ PK biasanya mengkonsumsi listrik sebesar 350 watt.
  • AC ¾ PK biasanya mengkonsumsi listrik sebesar 500 watt.
  • AC 1 PK biasanya mengkonsumsi listrik sebesar 700 watt.

Dalam membeli AC jangan hanya mempertimbangkan kemampuan pendinginnya tapi perhatikan juga konsumsi listriknya yang besar, jangan sampai daya listrik yang terpasang di rumah tidak sanggup menyuplai.

  1. Pompa Air

Pompa Air listrik adalah perangkat elektronik yang paling dibutuhkan dirumah, terutama di rumah yang tidak berlangganan air dari PDAM.

Secara daya, pompa air listrik terdiri dari beragam jenis mulai dari yang memiliki kemampuan sedot rendah sampai yang berdaya sedot sangat besar. Daya sedot ini mempengaruhi pemakaian daya listrik pompa, mulai dari ½ Ampere atau 100 watt sampai yang membutuhkan arus listrik sebesar 6 Ampere dengan daya listrik di atas 10 ribu watt.

Saat merencanakan pembelian, pertimbangkan daya listrik yang dibutuhkan dengan mengecek berapa arus listrik yang dibutuhkan oleh pompa tersebut.

  1. Kulkas

Kulkas berfungsi sebagai mesin pendingin memiliki daya listrik yang bisa dibilang tidak terlalu besar, namun pemilihan jenis kulkas yang salah bisa menyebabkan tidak cukupnya listrik di rumah kita dalam mensuplai energy bagi kulkas.

Secara umum kulkas yang biasa dipakai di rumah terdiri atas dua jenis, satu pintu dan dua pintu.

Untuk kulkas 1 pintu daya listriknya sekitar 50 sampai 80 watt sedangkan untuk yang 2 pintu daya listriknya adalah 100 sampai 120 watt.

Semakin besar kapasitas atau volume kulkas maka daya listrik yang diperlukan semakin besar juga. Pastikan anda mempertimbangkan daya listrik yang diperlukan, jangan hanya tertarik dengan desain dan besar kecilnya kulkas.

  1. Komputer

Komputer PC atau pun laptop bisa dibilang sama-sama butuh daya listrik yang besar.

Komputer PC standar tanpa tambahan VGA card membutuhkan daya listrik di atas 170 Watt, jika ditambah dengan VGA maka daya listrik nya semakin besar.

Komputer dengan VGA lama DDR3, daya listrik yang terpakai mulai berkisar sekitar 270 watt. Untuk komputer PC yang dipasang dengan VGA keluaran terbaru maka daya listrik total PC bisa lebih dari 500 watt.

Untuk laptop, daya listrik saat dicolok ke sumber listrik, daya terpakainya bisa dilihat dari label di adaptor. Rata-rata pada label tertera output adalah 19 volt dan arus 4,7 A, jadi total dayanya adalah 19 x 4,7 = 89 VA atau sekitar 80 watt.

  1. Rice Cooker

Rice cooker atau alat pemasak nasi pakai listrik cukup banyak menyedot daya listrik. Sewaktu saya cek pada bagian bawahnya terdapat tulisan yang menyatakan bahwa saat kita memasak nasi daya listrik yang dipakai adalah sebesar 395 Watt dan setelah nasi matang, saat menghangatkan nasi, daya listrik yang digunakan adalah sebesar 77 watt.

Dalam kehidupan moder Rice cooker adalah alat elektrinik yang paling sering digunakan, pemakaiannya bisa mencapai 24 jam dalam sehari.

  1. Mesin Cuci

Mesin cuci termasuk alat elektronik yang menggunakan daya lsitrik tinggi, namun dengan pemakaian yang tidak rutin, artinya tidak setiap hari mesin cuci dipakai. Mesin cuci menggunakan daya listrik yang cukup besar, antara 250 watt sampai 300 watt.

  1. Setrika Listrik

Jika mesin cuci masih bisa diganti dengan proses cuci manual menggunakan tangan maka setrika listrik sulit untuk digantikan dengan alat lainnya terutama bagi penduduk di wilayah perkotaan. Setrika listrik memakan daya listrik yang cukup besar sekitar 300 watt dengan pemakaian yang cukup sering.

  1. TV

TV adalah alat elektronik yang rata-rata ada di setiap rumah tangga, intensitas pemakaian TV setiap harinya cukup tinggi. Dalam sehari pasti kita menyalakan TV, minimal 2 atau 3 jam sehari. Daya listrik TV bervariasi, tergantung jenis dan ukuran sebuah TV.

TV jenis LED merupakan TV yang butuh daya listrik kecil dibanding TV jenis lama, TV tabung dan LCD.

Rata-rata TV LED menggunakan daya listrik sekitar 80 sampai 150 watt. Yang mesti diperhatikan juga adalah durasi pemakaian TV yang menjadi penyebab pemakaian daya listrik di rumah manjadi tinggi.

  1. Kompor Listrik dan Micowave

Kompor listrik memang tidak begitu populer saat ini, pemakaian kompor gas masih belum tergantikan. Salah satu penyebabnya adalah daya listrik yang dibutuhkan oleh kompor listrik sangat besar. Kompor listrik membutuhkan daya listrik antra 850 s/d 2000 Watt.

Microwave merupakan alat masak yang menggunakan gelombang electromagnet. Daya listrik yang dibutuhkan oleh microwave sangat besar, meski bukan merupakan alat masak ideal bagi rumah tangga berdaya listrik kecil namun tidak ada salahnya menggunakan peralatan ini selama bisa mengatur pemakaian listrik dengan peralatan lainnya.

Daya listrik yang digunakan microwave oven atau pemanggang microwave adalah berkisar di atas 800 watt bahkan dalam pemakaian tertentu seperti untuk memanggang, kebutuhan daya listriknya jadi semakin besar.

  1. Dispenser

Dispenser listrik yang berfungsi untuk mendinginkan dan memanaskan air minum, butuh daya listrik antara 80 watt sampai 450 watt.

Semoga berguna