Masalah pada komputer memang tidak pernah ada henti-hentinya namun dari problem yang terjadi mulai dari gejala,  karakter dan penyebab utamanya  hanya berkisar atau tidak jauh dari 10 persoalan berikut ini.
Berikut adalah penjelasan tentang apa sajakah problem yang paling sering terjadi pada komputer beserta penyebab  dan tindakan yang mesti dilakukan untuk mengatasinya.

1.    Kinerja dan performa komputer menjadi lambat.
Kerja komputer yang lambat, tidak secepat seperti ketika awal mula diinstal adalah masalah yang paling sering terjadi. Penyebab utama mengapa komputer anda melambat adalah karena kurangnya pemeliharaan.

Manajemen atau pengaturan yang salah dan keliru dapat mengakibatkan hal-hal yang sifatnya merusak sistem operasi pada komputer kita seperti antara lain:
a.    Registri yang rusak
b.    Data yang terfragmentasi
c.    Program yang terpasang tidak seharusnya diinstall dan sifat dari program tersebut merusak sistem komputer.

Semua faktor di atas membuat sistem operasi pada komputer anda menjadi lambat dalam menjalankan melakukan kegiatan komputasi. Pengaturan sistem operasi pada komputer kita secara benar menjadikan komputer adalah salah satu cara untuk menghindari dari masalah lambat tersebut. Pastikan program yang terinstal adalah program yang benar dan tidak merusak dan lindungi komputer kita dari program malware atau virus dengan menginstal program anti malware yang baik.

2.    Lockup, freezes dan blue screens of death.
Masalah ini paling sering terjadi pada komputer yang bertindak sebagai penyedia sumber daya bagi komputer lain, komputer tersebut dikenal sebagai komputer server. 

a.    Masalah yang terjadi adalah komputer selalu terkunci dan tidak bisa diakses seolah-olah kita salah memasukan password lebih dari berberapa kali dan komputer otomatis terkunci. Penyebab dari masalah ini adalah karena adanya malware atau virus yang berusaha untuk melakukan login atau koneksi dari komputer lain ke komputer ini. Percobaan yang gagal dan dilakukan secara berulang-ulang membuat sistem operasi mengambil keputusan untuk mengunci semua user account yang mencoba mengaksesnya termasuk user yang berwenang. Langkah pencegahan adalah dengan memasang program anti malware dan putuskan dahulu koneksi ke jaringan lalu lakukan restart dan coba akses lagi.

b.    Freezes atau Hang
Komputer yang hang disebabkan oleh tingginya beban data yang mesti diproses tanpa diimbangi oleh kemampuan kinerja dari Processor dan Memory dalam mem-bufer atau menampung sementara data yang akan diproses.
Tingginya proses yang harus dikerjakan atau dijalani oleh processor tidak hanya disebabkan atau atas perintah dari penggunanya, biasanya tingginya proses yang terjadi pada processor disebabkan  oleh program-program malware yang berjalan secara otomatis dan terus menerus tanpa diketahui oleh pengguna komputer tersebut.

c.    Blue Screen
Tampilan layar biru pada komputer dan disusul dengan restart juga disebabkan oleh tingginnya aktivitas pada processor dan juga karena kerusakan pada salah satu komponen pendukung seperti Memory dan juga sistem storage seperti hardisk.
Ketiga masalah di atas bisa diatasi dengan memasang sistem pengaman anti malware dan juga meng-upgrade dengan mengganti dan  menambah kapasitas memory RAM.

3 Komputer Reboot / Mati
Masalah ini biasa terjadi pada komputer kita dan penyebabnya adalah karena kerusakan pada perangkat keras atau hardware komputer. Contoh sebuah kipas pendingin yang kotor atau rusak dapat menyebabkan komputer mati atau restart sendiri. Ketika terjadi masalah pada hardware sistem pada komputer mengambil keputusan untuk mamatikan sistem secara keseluruhan agar kerusakan tidak menyebar ke perangkat lainnya.

4. Bunyi aneh dan Bergetar
Timbulnya bunyi yang aneh dan adanya getaran pada komputer biasanya disebabkan oleh masalah perangkat keras. Sebuah Unit komputer terdiri atas banyak komponen. Pemasangan komponen komputer yang kurang baik menyebabkan komponen menjadi longgar dan bergetar saat dinyalakan. Kabel yang panas menyebabkan komponen elektronik dapat menghasilkan suara bernada tinggi. Cek baut-baut  mounting kipas sudah longgar atau masih kuat, atur kabel-kabel agar tidak terlalu tegang atau dekat komponen yang panas.

5.    Browser home page, default search engine dan default web browser berubah sendiri
Penyebab dari problem ini adalah adanya program yang tanpa kita sadari telah kita jalankan dan mengubah tampilan home page, default search engine dan browser default apa yang kita gunakan. Program tersebut biasanya kita jalankan saat muncul pesan pop-up yang meminta kita untuk mengkliknya.  Tujuan dari program ini adalah untuk membajak informasi yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan si pembuat atau penyebar program tersebut.
Untuk mencegah kejadian ini maka kita harus lebih berhati-hati dan lebih teliti dalam berinternet.

6.    Tidak bisa online internet
 Penyebab tidak bisa online adalah:
a.    Tidak adanya koneksi internet.
b.    Tidak terkoneksinya komputer kita ke jaringan komputer
c.    Komputer kita diblok untuk mengakses internet
d.    Konfigurasi dari browser setting yang kurang atau salah

7.    Tidak bisa terkoneksi ke jaringan komputer
Komputer yang tidak bisa konek ke jaringan disebabkan oleh karena :
a.    Tidak adanya interface atau NIC pada komputer tersebut.
b.    Konfigurasi setting IP address yang salah atau tidak sesuai.
c.    Adanya virus pada komputer tersebut atau komputer yang dituju sehingga membebani koneksi di jaringan.
d.    Adanya kerusakan pada NIC atau media penghubung seperti kabel atau wireless.

8.    Komputer mati total, komputer On tapi tidak bisa jalankan Operating Sistem
Listrik adalah sumber tenaga bagi komputer, jika kmputer tidak bisa hidup maka hal yang pertama adalah memastikan suplai listriknya tidak terganggu. Penyebab lain komputer tidak bisa menyala adalah karena kerusakan atau tidak berfungsinya  salah satu komponen perangkat, seperti RAM atau hardisk. Konfigurasi dari sistem Basic Input Output atau BIOS yang tidak benar juga menyebabkan sistem tidak menjalankan sistem operasi.

9.    Kapasitas Hard drive dan memory
Hardisk dan memory RAM memang jarang bermasalah, namun dua hardware ini harus dipertimbangkan jika terjadi masalah pada performa dari sebuah komputer. Setelah  melakukan upgrade processor salah satu peneyebab komputer lambat adalah karena kurangnya kecepatan proses dan juga space atau kapasitas dari hardisk dan memory yang tidak berimbang dengan kebutuhan atau pemakaian.

Salah satu jenis hardisk yang kemampuannya prosesnya paling tinggi adalah hardisk jenis SSD, jika anda menggunakan komputer dengan processor yang super ngebut  maka pertimbangkan juga untuk menggunakan  hardisk SSD. Begitu pun denga memory, gunakan RAM yang kompetibel atau yang sepadan dengan kecepatan dari processornya.

Permasalahan lain yang sering terjadi berkaitan denga hardisk adalah masalah alokasi pembagian space untuk menyimpan data operating sistem dan file folder dokumen user, pembagian yang tidak pass dan pengaturan penempatan yang aburadul menyebabkan banyak data bertumpuk dan terhapus tanpa sengaja.

10.    Tidak Updatenya Operating System  dan drivers
Operating sistem yang tidak pernah diupdate merupakan salah satu penyebab masalah bagi para pemakai komputer. Sebagian besar pengguna komputer adalah orang yang tidak paham dengan sistem komputer sehingga hal tersebut dianggap tidaklah penting.
Dampak dari tidak updatenya sistem operasi dan drivers menyebabkan program-program yang terinstall tidak bisa berjalan dengan baik. Untuk itu pastikan fitur upgrade pada sistem operasi komputer anda diaktifkan.

Semoga berguna.
Sumber gambar:  CollegeDegrees360