Menghafalkan semua perintah atau command dari Command Line Interface atau CLI Cisco tidaklah mudah, selain karena perintahnya banyak tapi yang terpenting adalah untuk apa command tersebut dijalankan.

Berdasarkan pengalaman saya, mulai dari belajar sampai  proses pada ujian sertifikat CCNA, ada beberapa show command line yang paling penting dan harus dipahami dan diingat karena biasanya  dipakai saat ujian nanti. Command line atau perintah-perintah ini sangat penting perannya dalam menentukan lulus tidaknya seorang peserta ujian CCNA.

Berikut adalah ke 10 show command atau perintah show tersebut.

1.    Show running-config atau sho run

Perintah ini berfungsi untuk melihat konfigurasi yang sudah disetting dalam sebuah switch atau router Cisco. Dalam soal simulasi perintah ini berguna untuk mengetahui konfigurasi dari sebuah router dan switch. Setelah menjalankan perintah ini maka terlihat konfigurasi yang salah atau kurang dari sebuah router atau switch.

2.    show ip route

Perintah show ip route adalah perintah yang berfungsi untuk melihat routing table dari sebuah router cisco. Routing table berisikan data tentang network mana saja yang akan terkoneksi dengan sebuah router, jika sebuah network  tidak ada dalam routing table maka klien atau host yang hendak terkoneksi ke network itu melalui router, tidak bisa terkoneksi. Mengetahui routing table adalah mutlak bagi seorang administrator cisco router, terutama untuk kebutuhan troubleshooting. Perintah ini sangat berguna terutama pada soal simulasi router dalam ujian CCNA.

3.    show interfaces atau disingkat show int

Fungsi show command ini adalah untuk menampilkan status dan parameter yang diset pada interface dari router atau switch. Biasanya yang terlihat adalah mac address,ip address, status layer physical dari interface. Hasil dari perintah ini juga biasa dipakai untuk kebutuhan troubleshooting yang terkait dengan koneksi fisik atau layer physical dan data link layer. Dalam ujian CCNA soal yang terkait dengan perintah show interface selalu ditanyakan.

4.    show ip interface

Perintah show yang satu ini berfungsi untuk menampilkan informasi yang terkait dengan layer ke 3 dari interface router. Dengan perintah ini, informasi penting yang kita ketahui adalah ip address dan broadcast address dari masing-masing interface.

5.    show ip interface brief

Perintah ini mirip dengan perintah show ip interface tapi hasil dari perintah ini adalah berupa tampilan yang ringkas tentang kondisi layer 3 dari semua interface. Perintah ini sangat cepat dalam menampilkan kondisi dan status dari semua interface.

6.    show protocols

Perintah ini mirip dengan perintah show  interface namun hasil dari perintah ini tampilannya ringkas dan mudah terbaca dengan cepat tentang  status dari semua interface terkait dengan layer 1 dan 2.

7.    show controllers

Show controllers berfungsi untuk menampilkan status dan kondisi fisik dari sebuah interface, terutama terkait dengan jenis kabel serial yang terkoneksi pada interface serial, jadi dengan show command ini kita bisa tahu jenis kabel yang dipakai pada interface serial, apakah kabel DCE atau DTE?. Dalam ujian, soal ini jarang muncul namun tidak tertutup kemungkinan soal ini kembali ditanyakan setelah beberapa soal sebelumnya tidak pernah ditanyakan.

8.    Show Vlan

Perintah ini hanya berlaku pada switch cisco, dengan perintah ini kita bisa mengetahui VLAN-VLAN yang ada dalam sebuah switch serta port mana saja yang menjadi anggota dari vlan –vlan itu. Show Vlan adalah salah satu perintah yang sangat dibutuhkan untuk menjawab soal simulasi tentang VTP dalam ujian CCNA.

9.    show mac address-table atau show macaddress-table

Perintah ini sama pentingnya dengan perintah show vlan, dengan perintah ini kita bisa mengetahui mac address dari perangkat yang terhubung pada masing-masing port dari sebuah switch. sh mac address-table adalah salah satu perintah yang sangat dibutuhkan untuk menjawab soal simulasi tentang VTP dalam ujian CCNA.

10.    show cdp neighbor atau disingkat sh cdp nei

Dengan perintah ini kita bisa mengetahui informasi tentang semua perangkat router atau switch cisco yang terhubung langsung dengan sebuah router atau switch Cisco yang menjalankan perintah ini. Informasi yang didapatkan adalah nama perangkat, interface mana yang terkoneksi, jenis perangkat tersebut ( router atau switch ) dan type dari perangkat tersebut (Cisco atau catalyst seri berapa perangkat itu).   show cdp neighbor adalah salah satu perintah yang sangat dibutuhkan untuk menjawab soal simulasi tentang VTP dalam ujian CCNA.

Bonus:
Dan satu perintah lagi yang amat penting adalah perintah  copy running-config startup-config  atau disingkat copy run start.
Perintah ini sama dengan perintah save untuk menyimpan semua setting-an yang sudah kita lakukan pada router dan switch Cisco. Perintah ini sering keluar dalam bagian teori dalam ujian CCNA. Pada bagian praktek atau simulasi perintah ini harus dijalankan setiap kali kita melakukan perubahan terhadap konfigurasi dari router atau switch.
Jika perintah ini tidak dijalankan maka semua perubahan yang kita lakukan dianggap hilang dan akhirnya jawaban kita dinyatakan salah. Terutama pada bagian simulasi dimana porsi penilaiannya sangat besar, satu saja dari tiga soal simulasi anda gagal maka kemungkinan untuk lulus sangat kecil maka pastikan anda sudah menjalankan perintah copy run start sebelum beralih ke soal berikutnya.