Nama-nama presenter acara Top Gear yang di tanyangkan stasiun TV Inggris, BBC TV, pasti sudah akrab di telinga para penggemar tontonan yang bertemakan otomotif. Sebut saja Richard Hammond, Jeremy Clarkson dan James May.

Jeremy Clarkson adalah presenter senior dan boleh dibilang dialah sang bos. Dibanding dua rekannya, Jeremy adalah nyawa bagi Top Gear, acara ini pastinya tidak akan sehidup dan mendunia, penuh dengan kekhasan dan keunikan seperti saat ini tanpa kehadiran Sang Bos.

Sang bos yang kini berusia 51 tahun itu memiliki nama lengkap Jeremy Charles Robert Clarkson. Ucapan-ucapan dan pernyataan serta aksi Jeremy selalu mengundang reaksi keras berupa kecaman dan keluhan dari berbagai kalangan mulai dari pemirsa TV, perusahaan otomotif hingga lembaga pemerintahan dari sebuah negara asing.
Berikut adalah daftar pernyataan dan aksi kontroversi Jeremy Clarkson:

1. Pada bulan Oktober 1998, Hyundai melayangkan keluhan kepada BBC tentang pernyataan Jeremy yang digambarkan sebagai “fanatik dan rasis”. Komentar yang dikeluarkannya di Birmingham Motor Show, di mana dia mengatakan bahwa para pegawai dan pekerja Hyundai telah “memakan anjing” dan para designer dari Hyundai XG mungkin telah menjadikan anjing spaniel sebagai menu makan siang mereka.

2. Kali ini raksasa otomotif asal Jerman yang jadi sasaranClarkson. Ia diduga menyebut mereka yang bekerja di BMW sebagai “Nazi”. BMW merespon dengan mengatakan mereka tidak peduli dengan pernyataan itu. Kemudian Bos Top Gear itu kembali mengeluarkan pernyataan yang lebih sensitive, dalam tanyangan Top Gear episode 13 November 2005, Clarkson, berbicara tentang Mini desain yang mungkin berbasiskan teknologi Jerman. Ia membuat ejekkan dengan melakukan penghormatan ala Nazi. Jeremy juga membuat asosiasi dengan menyatakan bahwa diterapkannya system GPS di Polandia mirip dengan invasi Jerman ke Polandia saat jaman Hitler dulu.

3. April 2007, Jeremy Clarkson kembali menuai kritik, kali ini dari Parlemen Malaysia. Clarkson mengatakan bahwa mobil buatan Malaysia, Perodua Kelisa, sebagai mobil paling jelek yang pernah ada di dunia. Clarkson mengatakan bahwa nama mobil itu mirip dengan nama suatu penyakit dan menambahkan bahwa mobil tersebut pasti dibuat di tengah hutan belantara di mana para pekerjanya memakai sepatu yang terbuat dari daun. Seorang menteri di pemerintahan Malaysia merespon dengan mengatakan bahwa sejauh ini tidak ada keluhan dari para pengguna mobil tersebut.

4. Februari 2009, Clarkson kembali mengeluarkan penyataan bernada rasis kepada mantan Perdana Menteri Inggris, Gordon Brown, dengan menyindir Gordon sebagai “orang Skotlandia idiot bermata satu”. Royal National Institute of Blind People mengutuk pernyataan Clarkson. Para politisi asal Skotlandia meminta agar Clarkson untuk tidak melakukan siaran alias off air. Presenter Top Gear itupun kemudian meminta maaf atas penyataannya yang menyinggung fisik dari Gordon Brown.

5. Juli 2009, Clarkson dikhabarkan telah mngeluarkan komentar yang bernada cabul mengenai perdana menteri Inggris. Media masa juga mengabarkan bahwa akibat komentar itu Clarkson terlibat adu mulut dengan bos BBC Two, Janice Hadlow. John Whittingdale, anggota Conservative chair of the Culture Select Committee, ikut menyatakan pendapatnya, ia berpendapat bahwa komentar tersebut amat sangat menyinggung perasaan orang dan tidak habis pikir mengapa Clarkson sampai mengeluarkan komentar seperti itu.

6. 6 Juli 2010, Clarkson dikhabarkan telah membuat marah para pejuang hak-hak kaum homo. Pada tayangan Top Gear Episode 4 Juli, di mana ada bagian yang dipotong karena berisi kementar Clarkson yang mengatakan “Yang menuntut hak jangan sampai kesal(Demanded the right not to get bummed)”. Komentar tersebut sebernanya tidak tayangkan karena menurut pihak BBC, dialognya terlalu panjang dan memakan waktu. Namun bintang tamu saat itu, Alastair Campbell, menulis di twitter-nya sehingga ucapan Clarkson diketahui oleh umum.

7. Tulisannya di The Sun, 4 September 2011, mengundang emosi. Ia meyebutkan bahwa sebaiknya penggunaan bahasa Wales ditiadakan. “I think we are fast approaching the time when the United Nations should start to think seriously about abolishing other languages. What’s the point of Welsh for example? All it does is provide a silly maypole around which a bunch of hotheads can get all nationalistic.” Atau “ Saya rasa kita harus secepatnya mengusulkan kepada PBB agar mulai berpikir secara serius untuk meniadakan bahasa-bahasa lain. Salah satu contoh adalah bahasa Wales. Tujuanya adalah membuat orang-orang tolol yang berada di sekitar kumpulan orang-orang pemarah agar mendapatkan semangat nasionalisme.”

8. Pada tanggal 30 Nopember 2011, dalam wawancara di acara The One Show, BBC, Clarkson berkomentar soal mogok dilakukan oleh para pekerja di sektor publik di Inggris hari itu, ia memuji tentang jalan-jalan utama di London yang kosong. Setelah menyebutkan kepada BBC bahwa perlu adanya keseimbangan, Clarkson pun berkata “Aku akan membawa mereka  (para pekerja sektor publik) keluar dan mengeksekusi mereka di depan keluarga mereka.”
Clarkson dan BBC kemudian meminta maaf atas komentar itu. Pernyataan kontroversi Jeremy Clakrson kali ini menghasilkan sebanyak 21335 keluhan kepada BBC hanya dalam waktu 36 jam, akan tetapi BBC juga menerima 314 pesan dukungan untuk Clarkson.

9. Clarkson dalam kolom lainnya di The Sun pada bulan Januari 2012, membuat lelucon tentang kematian 23 pemetik kerang Cina di Morecambe Bay pada tahun 2004. Ia pun mendapatkan kritikan atas leluconnya tersebut.

10. Pada tanggal 12 Januari, komisi tinggi India mengajukan keluhan resmi kepada BBC atas ejekan Jeremy Clarkson terhadap budaya dan orang India. Acara tersebut ditayangkan selama 90 menit, dua kali selama liburan Natal, di mana dalam acara tersebut Clarkson membuat serangkaian lelucon tentang makanan , pakaian, toilet, kereta api dan sejarah India.

11. Dalam sebuah episode dari siaran Top Gear pada 5 Februari 2012, Clarkson membandingkan Mobil / Camper van Jepang dengan seseorang yang mengalami ganguan kelainan pada wajah. Sebuah badan amal ternama di Inggris yang mendukung orang dengan cacat wajah, Perubahan Wajah, mengeluh kepada BBC dan Ofcom atas pernyataan Clarkson.

12. Dari tahun 2000 sampai 2006, Clarkson diketahui berseteru dengan Piers Morgan. Sebabnya adalah karena Morgan menerbitkan gambar yang menunjukkan Clarkson yang sedang mencium Elaine Bedell, produsernya di BBC.
Dalam penerbangan terakhir Concorde , Clarkson melempar segelas air yang mengenai muka Morgan ketika mereka bertengkar.
Pada bulan Maret 2004, pada acara Penghargaan Pers Inggris, Clarkson menyumpahi Morgan dan memukulnya sebelum sempat dicegah oleh petugas keamanan.

Salam Damai, bung Jeremy Clarkson!