Jika kita ingin membuat jus yang benar dan bagus untuk kesehatan maka baca 20 pertanyaan dan jawaban berikut ini.

1# Apakah kita bisa mendapatkan protein dari minum jus saja?

Sumber protein memang lebih banyak berasala dari hewan dan susu,  namun, sayuran seperti bayam, kangkung, selada romaine, wortel, lobak hijau, collard, brokoli, taoge, rami, dan biji chia semuanya mengandung protein yang sehat.

Hati-hati mengkonsumsi jus yang mengandung banyak protein karena kelebihan protein dalam tubuh kita dapat membebani kerja hati dan ginjal, hal ini karena protein tidak dapat disimpan di dalam tubuh dan dihilangkan melalui kedua organ tersebut.

Konsumsi protein yang berlebihan telah dikaitkan dengan kanker tertentu, termasuk payudara, usus besar, prostat, dan pankreas. Protein yang berlebihan dapat menyebabkan penyakit ginjal dan osteoporosis.

Anehnya, banyak orang yang tidak mengetahui bahwa sayuran mengandung protein. Jadi penuhi kebutuhan protein secara cukup, dengan jus sayuran rasanya cukup untuk memenuhi kebutuhan protein kita.  

2# Bagaimana membuat jus yang sehat dan benar

Yang terpenting adalah membuat komitmen terhadap kesehatan kita. Selanjutnya, pilih jenis jus apa dari resep jus yang menarik dan cocok dengan selera dan kebutuhan kita.

Mulailah dengan lebih sedikit sayuran dan tambahkanlebih banyak saat lidah kita terbiasa.

3# Apakah harus minum jus setiap hari untuk mendapatkan manfaat kesehatannya?

Tubuh kita membutuhkan vitamin dan nutrisi setiap hari untuk menjaga kesehatan, dan dengan kondisi tubuh yang sehat maka hal tersebut dapat sel-sel tubuh tetap terjaga sehatnya.

Kitamungkin tidak selalu mendapatkan cukup buah dan sayuran dalam makanan yang kita makan, dengan konsumsi jus yang rutin akan mencukupi kebutuhan tersebut.

Jadi konsumsi jus secara rutin tiap hari adalah cara terbaik untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan kita.

4# Bisakah saya membuat jus yang cukup untuk dua atau tiga hari sekaligus?

Untuk diketahui bahwa Jus itu teroksidasi dengan cepat, kondisi ini kemudia diikuti dengan menurunnya vitamin dan nutrisinya, jadi yang terbaik adalah meminumnya segera jika memungkinkan.

Oksidasi dapat melambat jika jus disimpan dengan benar di dalam wadah kedap udara dan didinginkan. Yang terbaik adalah minum jus dalam waktu 24 jam kecuali jika sudah dibuat dengan pengepres hidrolik dingin, yang dapat menahan jus dingin segar selama 72 jam dan mempertahankan nutrisinya.

5# Haruskah sayuran dan buah yang mau dijus dikupas dulu kulitnya?

Mungkin tidak perlu dikupas tapi untuk semua sayuran, termasuk yang organik, harus dicuci dan digosok-gosok dengan keras.

6# Apakah harus membuang biji apel saat dijus?

Biji apel mengandung sedikit sianida. Tubuh dapat mendetoksifikasi-nya dalam jumlah kecil sehingga banyak orang membiarkan saat dijus. Lebih baik membuat biji apel saat membuat jus apel.

7# Jus hijau sangat baik untuk membersihkan paru-paru, hati, dan sistem pencernaan; Saat minum jus hijau seperti ini, dapatkah saya makan sesuatu jika saya lapar?

Pembersihan dengan jus biasanya kita hanya akan mengonsumsi jus saja tanpa diselingi dengan mengkonsumsi makanan padat.

Jika lapar maka kita dapat minum jus, salad ringan, dan sup, tetapi proses pembersihan yang diselingi dengan makanan seperti ini membuat efeknya jadi beda pada tubuh Anda dibandingkan dengan jika hanya konsumsi jus saja.

Namun, komsumsi jus hijau saja tanpa makanan lain adalah yang paling disarankan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari efek detoksifikasi.

8# Berapa lama harus mengkonsumsi Jus untuk pembersihan /detoksifikasi?

Jika ini adalah pembersihan pertama, maka dianjurkan selama 1-3 hari. Tahap kedua dapat diperpanjang menjadi 5–7 hari.

Untuk orang yang memiliki berat badan lebih atau yang mencoba menghentikan pengobatan dapat mengkonsumsi jus untuk pembersihan yang lebih lama. 9

9# Apakah boleh minum jus saat perut kosong?

Jus harus dikonsumsi saat perut kosong. Pada saat perut kosong, vitamin dan mineral langsung masuk ke aliran darah Anda. Makanan dapat dikonsumsi dua puluh menit setelah minum jus. Jika Anda makan dulu, tunggu sekitar dua jam sebelum mengkonsumsi jus.

10# Peralatan mana yang terbaik untuk digunakan: juicer atau blender?

Ini adalah pilihan pribadi. Saat menggunakan blender, serat makanan tetap ada dan minuman jus memiliki tekstur yang lebih kental. Dengan blender buah dan sayuran tercampur rata, tetapi minumannya lebih kental.

Untuk membuat jus harian, kedua metode tersebut bekerja dengan baik, dan minuman yang kita buat adalah masalah pilihan pribadi. Jika Anda hanya memiliki blender tetapi lebih menyukai jus yang konsistensinya lebih halus dan lebih encer, Anda dapat menyaringnya.

  Sebelum membuat keputusan untuk membeli juicer atau blender, jika memungkinkan cobalah mencicipi minuman jus hasil dari blender dan juicer untuk menentukan mana yang paling menarik cocok.

11# Saya tidak suka sayuran tapi lebih menyukai buah; lebih bagus mana, lebih banyak buah dari pada sayuran?

Buah-buahan itu  mengandug gula yang tinggi. Buah bisa digunakan untuk membuat jus, tetapi lebih baik dalam jumlah sedang.

Sayuran hijau berdaun gelap dan berbagai sayuran lainnya bisa dicampur dengan buah-buahan, seperti apel. Namun, lebih bagus adalah percampuran dengan lebih sedikit buah dan lebih banyak sayuran.  

Menambahkan lemon, jahe, atau mint juga akan membantu melembutkan rasanya. Akhirnya Anda akan melakukannya dapatkan rasa sayuran. Aturan yang baik untuk memulai adalah 60 persen sayuran dan 40 persen buah.

12# Saya sedang menjalani pengobatan diabetes; haruskah saya tidak menggunaka buah sama sekali dalam jus saya?

Bicarakan hal ini dengan dokter Anda. Kebanyakan penderita diabetes memasukkan satu apel atau wortel ke dalam jus.

Pastikan untuk minum delapan gelas air sehari dan mendapatkan banyak sayuran hijau dalam jus Anda. Semua buah mengandung gula, jadi jus lebih banyak sayuran akan sangat membantu.

13# Apakah saya dapat menurunkan berat badan dengan komsumsi jus?

Kebanyakan orang menurunkan berat badan tergantung pada seberapa banyak berat lebih yang mereka miliki. Beberapa orang kehilangan berat badan sehari saat mengikuti program pembersihan dengan Jus.

Berat badan yang pertama kali turun adalah biasanya berat air. Beberapa orang tidak ingin menurunkan berat badan dan hanya ingin melakukan detoksifikasi tubuh mereka. Bagi orang-orang ini, pembersihan singkat sudah cukup.

Jika penurunan berat badan adalah apa yang ingin dicapai maka dengan pola makan nabati disertai  dengan membuat jus setiap hari akan membantu mempercepat proses penurunan berat badan.

14# Akankah kebiasaan ke kamar mandi saya berubah karena minum jus?

Ya, Anda akan lebih sering ke belakang. Urin dan tinja Anda mungkin berubah warna, tapi tidak perlu khawatir.

Jus buah Bit dapat mengubah warna tinja dan air seni, tapi jangan khawatir – Anda tidak berdarah sampai mati; warna merah normal saat mengonsumsi bit. Ingatlah bahwa jus adalah “pembersih rumah” yang baik. Air seni harus berwarna terang. Urine yang lebih gelap bisa berarti dehidrasi, jadi pastikan untuk minum cukup air setiap hari.

15# Bisakah saya minum teh hangat saat sedang minum jus pembersih /detoks?

Teh boleh-boleh saja, tetapi jika Anda melakukan detoksifikasi, Anda tidak menginginkan kafein dalam sistem tubuh. Jika Anda harus minum teh, pastikan untuk minum teh tanpa kafein.

Dan jangan minum kopi.

16# Bisakah saya berolahraga sambil minum jus pembersihan?

Ya, tetapi tidak jika Anda memiliki jadwal yang ketat, karena anda mungkin merasa membutuhkan makanan.

Jalan adalah olahraga yang  baik-baik saja, tetapi selama mendetoksifikasi diri kegiatan yang terbaik adalah bersantai.

Direkomendasikan untuk melakukan peregangan dan pernapasan dalam.

17# Apakah saya memerlukan suplemen dan vitamin saat minum jus setiap hari-nya?

Anda akan mendapatkan banyak nutrisi saat membuat jus setiap hari. Yang terbaik adalah melakukan

uji darah oleh dokter untuk melihat apakah Anda mungkin membutuhkan vitamin B atau D,  karena dua suplemen tersebut adalah apa yang paling kurang terdapat dalam tubuh.

Dianjurkan untuk tidak membebani sistem tubuh kita dengan suplemen, terutama saat  menjalankan puasa detoksifikasi atau pembersihan racun.

Jika harus menggunakan obat-obatan maka silakan berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda. Jangan hentikan atau kurangi pengobatan reguler tanpa izin dokter.

18# Bisakah saya mengonsumsi jus yang sama setiap hari?

Campuran sayuran hijau lebih baik untuk Anda. Bagaimanapun, variasi jus adalah yang terbaik.

Ganti-ganti jus sayuran dengan kombinasi menggunakan bayam, collard, kale, peterseli, chard, dandelion, atau selada romaine akan membantu mencegah pembentukan asam oksalat.

Asam oksalat ada di bayam, dan asam ini diketahui mempengaruhi kelenjar tiroid dan penyebabnya beberapa masalah hormon. Meski begitu, bayam mentah adalah tambahan yang sangat sehat untuk diet Anda.

Seledri, mentimun, dan apel adalah pilihan yang baik untuk dibuat jus setiap hari dan merupakan bahan dasar yang bagus.

19# Berapa banyak jus yang aman diminum setiap hari?

Untuk orang dewasa yang minum jus secara teratur setiap hari, atau yang melakukan detoksifikasi, tiga hingga empat  gelas setiap hari meningkatkan efek baik bagi kesehatan.

Biasanya jus pembersih terdiri dari enam hingga delapan porsi gelas, setiap hari. Ingatlah untuk minum jus sebelum makan atau setelah makan, tapi tidak bersamaan saat makan. Jus bila dikonsumsi terpisah dengan makanan akan jauh lebih mudah dicerna tubuh.

20# Berapa lama waktu untuk membuat jus?

Rata-rata, pembuatan satu jus akan memakan waktu sekitar 10 hingga 15 menit, mulai dari persiapan sayuran untuk dibersihkan.

Dengan blender waktunya lebih singkat. Jika anda melakukan program pembersihan / detoks dengan jus, membuat enam jus seberat 16 ons akan memakan waktu sekitar satu jam.