Berita ini cukup mengejutkan mengingat popularitas teknologi ini, sebagian besar penggunanya pasti tidak ada yang berpikir atau sekedar mempertanyakan kira-kira siapa pengirim SMS (Short Message Service) dan kapan SMS pertama di dunia bekerja. Penemu dan pengirim pertama SMS seperti tenggelam ke dasar yang paling dalam dari tingkat tertinggi popularitas teknologi SMS. Cukup senang rasanya bahwa masih terlacak dan ketahuan, siapa orang pertama yang mengirim SMS mengingat pada tahun 2011 lalu tercatat sudah 8 triliun SMS yang terkirim .

Neil Papworth 

Matti Makkonen adalah penemu dan perintis teknologi SMS namun pengirim SMS pertama adalah Neil Papworth. Papworth mengirim SMS pertama pada 3 Desember 1992 kepada temannya Richard Jarvis dengan pesan “ Merry Christmas “. Pada website pribadinya Neil Papworth mengatakan ia adalah salah satu anggota dari tim pengembang Short Message Service Centre (SMSC) untuk pelanggan mereka, Vodafone UK. 20 tahun berlalu Neil Papworth merasa cukup bahagia sebagai orang pertama yang diberi kesempatan untuk mengirim SMS. Ia juga tidak lupa menghargai dan memuji Matti Makkonen sebagai “Bapak SMS” 

Berikut adalah terjemahan wawancara Neil Papworth melalui email dengan Tim Hornyak, author dari CNET News.

Tanya: Bagaimana perasaan anda hari ini sebagai orang pertama yang mengirim SMS 20 tahun yang lalu?
 Jawab: Rasanya bagus! Masih sama seperti 20 tahun yang lalu. Sofware kami bekerja dengan benar. Tentu kami sangat senang mengetahui bahwa teknologi tersebut dapat berkerja dengan baik tapi kami tidak tahu seberapa besar perkembangannya di kemudian hari.

Tanya: Matti Makkonen sebagai seorang pelopor SMS sangat dihormati. Apa peran anda jika dibandingkan dengan beliau? 
Jawab: Matti dikenal sebagai “ bapak SMS.” Ia adalah salah satu orang yang pantas untuk dihargai atau penemuannya. Saya hanya mengirim SMS untuk pertama kali dan membantu mengimplementasi software yang kami pakai untuk mengirim pesan teks.

Tanya: Hal teknis apakah yang menjadi tantangan dalam agar SMS dapat bekerja? Mengapa begitu lama proses dari konsep sampai diterapkan ke mobilephone?
Jawab: Jaringan mobile bagaikan wilayahnya musuh! Pesan mengalir dari system ke system di seluruh negeri, dan pesawat handphone anda bergerak dari satu tempat ke tempat lain, masuk keluar area yang jangkauan signal dan lalu anda matikan. Pesan harus diatur dalam antrian dan dikirim sesuai secara teratur, jaringan harus selalu bisa melacak posisi anda.
Ketika anda muncul di suatu tempat yang berbeda sebelumnya maka system harus mengetahui posisi dan apakah anda bisa menerima pesan tersebut.
Seingat saya butuh sekitar satu tahun untuk mengembangkan system SMS. SMS berlandaskan pada teknologi GSM, jadi saya pikir standar untuk SMS pada awalnya mungkin belum begitu baku dan handset pun sama sekali tidak bisa untuk mengirim pesan SMS. Mengapa mengembangkan system pengiriman SMS kepada handphone tetapi handphone sendiri tidak bisa menerimanya? 🙂

Tanya: Tahun lalu ada sekitar 8 Truliun SMS yang terkirim, Apakah terpikirkan bahwa pesan “ Merry Christmas “ menjadi yang pertama dari semua SMS itu?
Jawab: Tidak , tidak pernah. Saya hanya berpikir untuk melakukan pengetesan untuk Vodafone dan menjadikan produk tersebut bekerja sebaik mungkin. Saya seorang engineer, tugas saya adalah membuat segalanya berjalan dengan baik.

OMG, Anda adalah orang yang bisa kita salahkan atas txtspk? 
 Bukan saya! Keterbatasan dari 160 karakter member jalan bagi kekuar sisi kreatif orang dan hal itu pun terjadi. Apa pun yang mencegah jempol orang dari sakit adalah hal yang baik. Dan sekarang itu digunakan juga untuk IM dan e-mail, sehingga tidak hanya SMS!

Pada tingkat yang lebih luas, bagaimana SMS mengubah cara kita berkomunikasi dan memiliki hubungan berbasis teks? 
Jawab: SMS memberi kita alternatif lain dari komunikasi face to face. Ini bisa menjadi hal yang baik ketika Anda ingin mengirim pesan bijaksana dan menghindari khawatir bahwa Anda mengganggu si penerima jika anda melakukannya lewat sambungan telepon karena kemungkinan anda melakukannya pada waktu yang kurang tepat. Lebih mudah untuk menegur seseorang tanpa harus berurusan dengan reaksi si penerima. Tapi sungguh, ini adalah masalah dari sikap dan prilaku manusia, bukan karena teknologi tertentu. Anda bisa dengan mudah melakukan hal yang sama melalui IM atau email. Bagaimana SMS mengubah hidup Anda?

Apakah Anda menyesal bahwa itu tidak dipatenkan? 
Jawab: Saya terus bekerja dengan SMS dan aplikasi yang terkait selama hampir 20 tahun, sehingga tentu membuat saya sibuk! Pada tingkat pribadi, itu membuat jauh lebih mudah untuk mengatur pertemuan dengan teman-teman atau sekedar mengecek keluarga. Dan saya seorang geek, bukan pengusaha, sehingga paten tidak akan membuat perbedaan bagi saya. 🙂

Bagaimana dengan masa depan untuk SMS? Apakah 20 tahun lagi masih ada SMS? 
Jawab: Saya tidak melihat SMS akan sekarat dalam waktu dekat. Orang-orang di negara-negara kaya dapat menjadi pendukung utama IM pada smartphone mereka, tetapi Anda membutuhkan koneksi internet untuk itu dan belum tentu semua teman-teman Anda akan memiliki aplikasi yang sama dengan yang Anda lakukan. Di banyak negara di mana ponsel dan jaringan  lebih mendasar sifatnya seperti SMS sederhana, cepat, dapat diandalkan dan lebih murah daripada komunikasi suara. Dan ada aplikasi yang lebih cerdas  seperti  pada reality show, pelacakan paket, dan sebagainya. Dan tentu menggunakan dan mengandalkan SMS untuk bekerja.