Jika anda ingin membeli atau menggunakan pendingin ruangan berupa AC atau Air Cooler, maka sebaiknya anda membaca dan mencermati secara serius tulisan ini.
Dalam tulisan ini nanti dibahas tentang hal atau faktor terpenting apa yang membedakan antara AC dan Air Cooler. Faktor atau hal pertama adalah masalah biaya atau anggaran. Hal kedua yang harus dipertimbangkan adalah faktor teknis. Faktor ketiga yang tidak kalah penting adalah bagaimana kinerja atau kemampuan dari AC dan Air Cooler.

1. Biaya dan Anggaran. 
Harga dan pengeluaran untuk AC lebih tinggi dari Air Cooler. Dari sisi biaya, harga AC dengan kondisi baru berkisar di atas 2,5 juta rupiah. Harga baru Air Cooler tidak lebih dari 2 juta rupiah. AC menggunakan daya listrik yang besar, mulai dari 260 Watt sampai lebih dari 1000 Watt. Dampaknya, tagihan listrik pasti naik.

Sedangkan Air Cooler hanya mengkonsumsi listrik sebesar 65 sampai 125 Watt. Pasti lebih hemat. Ada biaya tambahan lain jika menggunakan AC yaitu biaya perawatan karena untuk urusan membersihkan dan mengecek kondisi peralatan hanya bisa dilakukan oleh ahlinya, tukang AC.

Untuk maintenance Air Cooler bisa dilakukan sendiri.

2. Faktor Teknis 
Butuh keahlian dan pengalaman serta peralatan khusus untuk memasang sebuah perangkat AC. Air Cooler siap untuk digunakan setelah anda membelinya. Air Cooler juga mudah untuk dipindahkan serta diubah letak dan posisinya. Pada AC, posisi dan letak perangkat tidak mudah dan butuh tenaga professional serta makan waktu lama untuk memindahkannya.

Untuk urusan perawatan, perangkat AC harus dilakukan oleh pihak atau orang yang sudah berpengalaman dengan menggunakan peralatan khusus.

Pemilik Air Cooler bisa melakukan perawatan sendiri terhadap perangkat tersebut dengan menggunakan peralatan yang umum.

3. Kinerja AC dan Air Cooler
Kemampuan AC untuk mengatur suhu ruangan lebih baik dari Air Cooler. AC mampu mendinginkan suhu ruangan sampai dengan 16 derajat Celcius. Sedangkan Air Cooler hanya mampu menurunkan sampai kurang lebih 5 derajat dari suhu normal.

Namun Air Cooler punya kelebihan lain yaitu kemampuannya membersihkan udara sehingga bagus untuk kesehatan, terutama untuk orang tua, anak-anak, penderita alergi serta penderita gangguan pernapasan.
Air Cooler juga ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan kimia.
AC menggunakan bahan kimia berupa gas Freon yang berbahaya bagi lingkungan.

Jadi hal-hal di atas adalah faktor penting yang membedakan antara AC dan Air Cooler. Biaya dan anggaran yang diperlukan berbeda, hal teknis yang berkaitan dengan AC berbeda dibandingkan dengan Air Cooler dan yang terakhir adalah kinerja dari kedua peralatan tersebut jelas berbeda.