Apa istilah yang paling sering kita dengar terkait dengan koneksi atau jaringan komputer? Jawabannya mungkin adalah server, ISP, IP address atau WiFi.

Ketika mencoba untuk memaham  arti dan makna koneksi dalam sebuah jaringan komputer maka istilah-istilah tersebut harus disingkirkan terlebih dahulu. Untuk memahami tentang jaringan atau computer networking maka  memahami konsep konsep dasar adalah bagian yang paling penting, istilah-istilah hanyalah pelengkap dari konsep tersebut.

Ada beberapa konsep dari model networking yang harus diketahui karena model-model atau konsep terkait jaringan tersebut paling banyak dipakai dalam praktek keseharian. 

1.    Koneksi antara dua komputer atau satu komputer dengan satu komputer.
Model koneksi ini adalah dasar dari semua model atau jenis jaringan yang pernah dibuat dan diimplementasikan dalam praktek sehari-hari. Pada prinsipnya semua komputer yang terhubung ke jaringan global berawal dari koneksi antara dua buah komputer.

Model koneksi satu komputer dengan satu komputer lain dikenal juga dengan istilah point to point.
Konsep point to point mulai banyak diterapkan untuk memberikan atau menjamin ketersedian bandwidth dalam koneksi antar komputer.

Belajar koneksi 2 komputer memberikan gambaran dasar yang jelas seperti apa sebenarnya proses sebuah pesan atau data dibuat dan ditransmisikan melalui jaringan dan diterima oleh komputer tujuan.

2.    Koneksi Komputer-komputer yang tergabung di LAN
Komputer yang tergabung dalam sebuah local area network, LAN, terdiri atas beragam dan jenis komputer, proses komunikasi atau tukar menukar informasi data sedikit berbeda dengan proses yang terjadi pada 2 buah komputer saja.

Proses awal yang komunikasi menggunakan metode broadcast dan menggunakan Mac Address sebagai system pengalamatan untuk memberikan panduan arah ke mana sebuah data mesti dikirim.
Pada koneksi ini komputer-komputer yang tergabung di LAN hanya membutuhkan perangkat berupa switch dan hub saja sebagai terminal penyambung antar sesama komputer yang tergabung dalam LAN.

Pada koneksi LAN terdapat dua komponen utama yaitu komputer yang bertindak sebagai klien dan juga sebagai server, atau bisa juga semua  komputer bertindak setara sebagai sebuah klien. 
Pada jenis koneksi ini model yang terbangun berdasarkan aliran data yang terjadi adalah model point to point dan point to multipoint.

3.    Koneksi antar LAN

Pada koneksi antar LAN, komunikasi yang terjadi adalah antara komputer yang tergabung dalam sebuah LAN dengan komputer lain yang tergabung pada LAN yang lain.
Koneksi antar LAN membutuhkan proses yang lebih rumit dibanding dengan proses komunikasi pada LAN yang sama.

Koneksi antar LAN membutuhkan perangkat komunikasi yang dinamakan router dengan system pengalamatan berupa IP address.

Koneksi antar LAN yang melibatkan jumlah LAN yang sangat banyak dan bersifat global serta kompleks dikenal sebagai internet. 

Sumber Gambar: https://www.flickr.com/photos/hirosan/171974098/