Kekecewaan yang timbul akibat dari kegagalan selalu saja dianggap sebagai hal wajar, hal yang lumrah dan nanti akan hilang dengan sendiri seiring berjalannya waktu.

Namun menjadi tidak kecewa ( sesegera mungkin) karena mengalami gagal adalah sesuatu yang mesti anda coba terapkan mulai saat ini, karena ini adalah bagian dari pengebangan diri menjadi lebih baik dan juga menjadi bagian untuk mencapai kedewasaan.

Kita sudah sering gagal mencapai apa yang ingin kita tuju tapi apakah kita selalu bisa mengatasi kekecewaan yang biasa mengiringi kegagalan tersebut dalam waktu yang singkat, sesegera mungkin?

Ingat! Dalam tiap perjalanan hidup kita akan selalu ada kegagalan, artinya akan ada juga yang namanya kecewa. Jika tidak segera diatasi maka kekecewaan akan menggerogoti hidup anda selamanya.

Berikut adalah beberapa cara untuk segera keluar dari zona kecewa:

1.    Tenangkan diri dan fokuskan pikiran pada saat itu

Tenangkan diri dan kembalilah memikirkan situasi saat kita berada. Apakah kita marah, kesal, penuh dengan kepahitan dan benci saat itu? Hilangkan perasaan-perasaan itu.

Sebenarnya saat kita santai dan tidak terbawa perasaan apapun maka  kita akan menjadi tenang dan tidak ada yang mengganggu dan mengkhawatirkan kita.

Jadi mengapa kita tidak berlatih lebih sesering mungkin? Pada saat kita merasa jatuh dan rendah, tenangkan diri dan berkonsentrasilah pada situasi saat itu saja. Dengan cara ini kita akan benar-benar mengalami ketenangan.

2.    Atur dan posisikan diri anda agar merasa lebih santai

Salah satu cara yang paling efektif adalah bersantailah di kursi malas. Setelah makan, duduklah di kursi malas dan berayunlah ke sana kemari.

Putarlah musik yang santai dengan volume yang pelan. Rasa kecewa akan leyap sebab ayunan kursi malas membuat pikiran kita terjebak dalam alunan musiktersebut.

3.    Menangislah jika anda merasa ingin menangis

Jika kekecewaan yang anda rasakan begitu besar dan anda tidak lagi dapat menahannya maka  biarkan emosi anda tersalurkan dengan menangis.

Jangan terlalu lama terjebak dalam perasaan mengasihani diri sendiri. Anda sebenarnya tahu bahwa setiap masalah memiliki banyak solusi.

Setelah emosi anda terkuras maka anda akan merasa baik-baik saja. Semuanya akan kembali sempurna seperti seharusnya dan anda akan   kembali seperti kondisi normal.

4.    Anggaplah kekecewaan anda sebagai sebuah lelucon

Biarkan dan cobalah agar diri kita dapat melihat kembali rasa kecewa tersebut melalui mata pikiran dan cobalah jadikan kekecewaan tersebut sebagai sebuah cerita komedi.

Jika anda bisa membiarkan diri anda tertawa terbahak-bahak maka hal tersebut akan menjadi sebuah keajaiban karena anda pasti akan melupakan kekecewaan dalam waktu sekejap.

5.    Jadilah cheerleader bagi diri sendiri

Jadikan diri anda sebagi pemandu sorak untuk diri sendiri ketika kekecewaan menimpa anda. Cobalah mengingat beberapa hal yang paling disukai.

Pilihlah satu dan pikirkan secara mendalam, ketika larut dalam pikiran tentang hal yang menyenangkan maka anda akan seperti lupa dengan kekecewaan yang sedang melanda, sehingga dengan begitu maka rasa kecewa akan segera lenyap dari hidup anda.

Semoga berguna.