Saya pernah menjawab pertanyaan seorang penanya di forum Yahoo answers dot com tentang faktor-faktor apakah yang menentukan kuat lemahnya sinyal wi-fi dan ternyata jawaban saya mendapatkan predikat best answer ditambah dengan rating lima bintang dan sedikit komentar dari sang penanya“ exellence answer”, senangnya.

Berikut ini ada 5 faktor yang menentukan kuat lemah sinyal wi-fi.

1. Jarak 

Semakin jauh jarak antara pemancar dan penerima maka semakin kecil sinyal yang diterima oleh penerima. Ini adalah fakta yang berlaku secara umum dalam dunia radio frequency (RF). Karena wi-fi menggunakan RF maka kenyataan ini berlaku juga dalam dunia wi-fi.

Makin jauh jarak antara 2 perangkat wi-fi, access point dan wi-fi client, menyebabkan sinyal yang dipancarkan akan menjadi lebih lemah atau berkurang kekuatannya.
Jadi, bisa dikatakan bahwa kuat lemahnya sinyal yang diterima oleh wi-fi client dari access point ditentukan oleh jarak antara kedua perangkat wi-fi tersebut, semakin jauh jarak keduanya semakin berkurang sinyalnya.

2. Transmit Power ( Kekuatan sinyal pemancar) 

Makin besar daya pancar (kuat sinyal) yang keluar dari antenna maka makin besar sinyal yang diterima oleh penerimanya. Kekuatan sinyal akan semakin berkurang ketika sampai pada penerimanya. Hal ini disebabkan terutama oleh faktor interferensi dan jarak antara pemancar dan penerima.

3. Receive Sensitivity 

Kualitas sinyal yang diterima oleh wi-fi juga ditentukan oleh kemampuan penerima atau receiver. Kemampuan itu ditentukan oleh batas minimal sinyal yang bisa diterima oleh penerima dari pemancar. Semakin kecil batas minimal sinyal yang bisa diterima semakin bagus kualitas sinyal yang ditangkap.
Receive sensitivity bisa juga diartikan sebagai batas terkecil dari kuat sinyal yang mampu diterima oleh suatu perangkat wi-fi.

4. Gangguan dari perangkat lain atau interferensi 

Interferensi terjadi karena pemakaian channel yang sama oleh dua atau lebih perangkat wi-fi sehingga menyebabkan ganguan atau hambatan terhadap satu sama lain. Kata kuncinya adalah channel yang sama, jika anda mempunyai dua access point, pastikan keduanya beroperasi dengan channel yang berbeda.

5. LOS alias Line Of Sight 

LoS adalah kondisi di mana pada area berupa sebuah garis lurus antara pemancar dan penerima sama sekali tidak terhalang oleh sebuah objek atau benda. Semakin kecil atau tidak adanya obyek atau benda yang menghangi semakin besar sinyal yang ditangkap. Jenis bahan atau materi dari objek penghalang menentukan jumlah daya sinyal yang hilang. Misalnya pintu dari bahan metal menyebabkan daya yang hilang lebih besar dari pada pintu berbahan kayu.

Semoga membantu