Kalau mau buat jaringan atau network dari komputer, apa syaratnya? apa yang mesti disiapkan? apa yang mesti diketahui? apa yang mesti dilakukan? dan bagaimana jaringan komputer bekerja?

Ketika membahas tentang topologi jaringan, terlihat memang bahwa topologi jaringan bisa dianggap dasar pengetahuan tentang bagaimana komponen dari sebuah jaringan tersusun namun tanpa mengecilkan peran sebuah topologi, masih ada unsur lain yang ternyata lebih memiliki peran yang sangat fundamental atau dasar.
Jika topologi hanya sebatas membahas tentang susunan dan alur dari aliran data satu komputer ke komputer lain maka 5 hal dasar ini jauh lebih dasar dari sekedar sebuah topologi. Tanpa satu dari 5 fundamen atau dasar ini maka tidak mungkin 2 komputer bisa saling terhubung satu sama lain, jika dua komputer tidak terhubung satu sama lain maka tidaklah mungkin ada yang namanya internet dan juga game online, no internet no facebook, no twitter and no G+.

Berikut adalah 5 hal dasar nan super penting yang sangat diperlukan dalam membangun sebuah jaringan komputer.

 1. NIC (Network Interface Card) 
Setiap komputer yang akan terhubung ke jaringan harus memiliki NIC, tanpa NIC sebuah komputer bagaikan katak dalam tempurung, terisolasi dari dunia luar. NIC kini tersedia dalam 2 jenis utama yaitu untuk koneksi kabel dan tanpa kabel. Beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam membeli NIC adalah:
– Jenis slot
– Bandwidth: Bandwidth atau kecepatan tertinggi sebuah NIC adalah 1000 Megabit per detik
– Kompatibilitas

2. Media Transmisi 
Media transmisi adalah alat penghubung antara komputer satu dengan komputer lain dan komputer dengan perangkat jaringan lainnya seperti switch, hub dan router dalam sebuah jaringan komputer. Media transmisi yang digunakan adalah kabel dan non kabel ( melalui gelombang electromagnet atau wireless).
Kabel yang digunakan sebagai media transmisi biasa disebut dengan kabel data, jenisnya sangat beragam mulai dari kabel UTP, STP, Coaxial dan fiber optic.
Yang patut diperhatikan terkait media kabel adalah:
– Kecepatan transfer
 – Panjang maksimum kabel yang masih sanggup untuk menghantarkan data.
– Jenis konektor yang digunakan; konektor kabel UTP biasanya berbeda dengan Coaxial dan STP

Media tanpa kabel atau wireless, terdiri dari beberapa jenis seperti tergantung pada frequensi yang digunakan. Klik disini untuk detailnya. 

3. Network Operating System, disingkat NOS 
Network Operating System adalah system operasi yang dikembangkan dan dipakai untuk menunjang fungsi dari sebuah jaringan komputer, termasuk juga fungsi pendukung terhadap system keamanan, sharing dan juga fungsi client server. Contoh dari NOS adalah Novell Netware OS, Linux OS, Unix OS, Microsoft Windows Server ( 2003, 2008 dan 2012), Windows client ( Windows XP, Windows 7, Windows 8)

 4. Network Device 
 Network device adalah peralatan yang digunankan dalam networking sebagai penunjang system jaringan. Contoh network divice adalah HUB, switch, router dan modem.

5. Network protocol 
 Network protocol adalah aturan-aturan yang diberlakukan terntang bagaimana setiap komponen dalam sebuah jaringan komputer harus berkomunikasi. Secara dasar protocol dibedakan atas communication protocol, transport protocol dan application protocol.  
Contoh communication protocol adalah Internet Protocol atau IP, IPX, Netbeui.
Contoh transport protocol adalah TCP dan UDP.
Contoh Applications protocol adalah FTP, HTTP, HTTPS dan sebagainya.

Kelima dasar ini, NIC (Network Interface Card), Media Transmisi Network Operating System, Network Device dan Network protocol adalah dasar terbentuknya sebuah jaringan komputer yang memungkinkan dua komputer atau lebih saling berkomunkasi, berbagi informasi satu sama lain.