Tidak semua aktivitas anak-anak selama di dunia maya bisa dimonitor dan diketahui oleh orang tua, sebagian besar orang tua menyangka bahwa anak-anak mereka selalu aman selama mengakses komputer dari rumah atau lokasi tempat yang masih dalam pengawasan mereka.

Kita mungkin sering memeriksa gadget yang dimiliki anak-anak kita tapi tidak pernah sempat untuk mengecek satu persatu seperti apa game yang mereka mainkan, apa saja yang mereka tonton di youtube, alamat website apa yang biasa mereka kunjungi.

5 aplikasi di bawah ini akan membantu anda para orang tua dalam mengawasi dan melindungi anak-anak anda selama beraktivitas di dunia maya atau internet.

  1. GameHub

GameHub adalah aplikasi yang berisikan database tentang semua permainan yang bisa terpasang pada smartphone dan tablet.5 Program Aplikasi Penting Yang Mesti Diketahui Orang Tua

Anda cukup mengecek nama game apa saja yang biasa dimainkan oleh anak anda dan kemudian mengeceknya di gamehub.

GameHub akan memberikan kemudahan bagi anda untuk mengecek tentang game yang dimaksud, seperti apa alur dari game, seperti apa type game yang dimainkan tersebut, mengandung unsur kekerasan, mengadung anjuran untuk pemakaian narkoba atau tidak.

Intinya gamehub akan memberikan anda penjelasan selengkap mungkin tentang game tersebut, apakah cocok atau tidakah game tersebut bagi anak-anak.

Tidak seperti situs-situs yang mirip, game Hub jelas ditulis oleh sebuah tim yang paham tentang game. Mereka sangat memahami kekhawatiran para orang tua dan berusaha memberikan masukan yang sedetail mungkin kepada para orang tua terkait game yang dimainkan oleh anak-anak.

GameHub merupakan semacam navigator yang memberikan petunjuk dan gambaran tentang apa sebenarnya yang dimainkan oleh anak-anak mereka.

  1. WebCurfew

Jika anda di rumah berlangganan internet tanpa batas kuota alias unlimited dan sulit sekali untuk menghentikan anak anda untuk melepas smartphone atau tablet mereka maka WebCurfew siap membantu anda untuk menghentikan koneksi internet ke smartphone atau tablet yang dipakai oleh anak anda.

Saya mengalami sendiri hal ini, di mana saat ini saya menggunaka internet Indihome yang super kencang dan tanpa limitasi kuota, anak saja sangat susah untuk dilarang untuk berhenti menggakses youtube, salah satu cara memutus koneksi internet dari handphonenya adalah dengan menggunakan aplikasi semacam WebCurfew.

Versi gratis aplikasi WebCurfew masih bisa memberikan fitur berupa menyeleksi website mana saja yang bisa dikunjungi dan juga melakukan On dan Off koneksi internet ke perangkat yang terkoneksi.

Dengan membayar 6 dolar sebulan kita bisa membatasi atau mengatur berapa lama waktu untuk akses internet kepada anak kita.

  1. VISR

VISR merupakan aplikasi yang membantu orang tua untuk memonitoring aktivitas dan kegiatan anak-anak mereka pada situs social media seperti Instagram, Twitter, Facebook dan Pinterest.

VISR memberikan solusi bagi anda para orang tua yang tidak mau pengamatan atau pengawasan anda sampai diketahui oleh anak anda.

VISR akan memantau kegiatan anak anda dan kemudian akan memberikan peringatan kepada anda jika aktivitas anak-anak di social media berpotensi membahayakan.

VISR akan memberitahukan ada potensi terhadap pembulian, kekerasan dan narkoba, aktivitas di sosmed sampai tengah malam dan sebagainya.

  1. Flying with Kids

Flying with Kids adalah aplikasi yang membantu para orang tua yang baru pertama kali mengajak anak-anak mereka terbang dengan pesawat.

Setiap anak akan memberikan reaksi yang berbeda atas pengalaman pertama terbang tersebut dan para orang tua pastinya bingung apa saja yang harus mereka lakukan untuk membantu anak-anak melewati masa pertama mereka tersebut.5 Program Aplikasi Penting Yang Mesti Diketahui Orang Tua 2

Aplikasi Flying with Kids akan memberikan berbagai macam strategi, tips petunjuk, pengalihan selama proses berlangsung untuk membantu anak mengatasi situasi pertama kali terbang.

  1. CringeMD

CringeMD adalah webaplikasi yang akan memberikan kita gambaran tentang film yang boleh ditonton atau tidak oleh anak-anak atau remaja.

Kita cukup memasukan judul film-nya dan CringeMD akan memberikan penilaian tentang layak atau tidak film tersebut dikonsumsi oleh anak atau remaja.5 Program Aplikasi Penting Yang Mesti Diketahui Orang Tua 3

CringeMD akan memberitahukan alasan kenapa film tersebut tidak layak ditonton oleh anak dan remaja, mulai dari alasan sex, pemakaian narkoba, kekerasan dan sebagainya.

Dunia digital tidak selalu penuh dengan hal-hal buruk ada hal-hal baik yang siap selalu membantu kita melewati situasi tersebut.

Semoga berguna.