Ketika kita mengecek sebuah koneksi pada jaringan komputer dengan menggunakan perintah ping maka sering kali kita menemukan pesan atau hasil dari perintah ping tersebut berupa Request Time Out atau RTO

Pesan RTO yang ditampilkan dalam perintah  ping memberikan kita gambaran tentang apa penyebab gangguan pada jaringan atau koneksi antara komputer sumber dan tujuan dari ping tersebut. RTO juga tidak semata-mata menunjukan bahwa adanya gangguan koneksi pada jaringan.

Hal yang mesti dipahami terlebih dahulu adalah proses pengiriman paket ping, prosesnya adalah sebagai berikut
a.    Komputer pengirim mengirimkan pesan ping kepada komputer tujuan.

b.    Pesan tersebut melewati jaringan komputer dan diterima oleh komputer tujuan

c.    Setelah menerima pesan atau paket Ping tersebut maka komputer tujuan harus memberitahukan kepada komputer pengirim bahwa paket tersebut sudah diterima.

d.    Komputer penerima pun mengirimkan pesan balasan bahwa paket ping sudah diterima

e.    Ketika komputer pengirim menerima balasan dari komputer penerima maka pada tampil pada layar hasil dari perintah ping berupa pesan Reply From IP komputer penerima.

f.    Jika dalam beberapa waktu tidak ada balasan dari komputer penerima maka akan muncul pesan RTO.

Berikut ini adalah beberapa alasan munculnya RTO dan makna dibalik pesan RTO:
 1.    RTO terjadi karena paket balasan ping dari komputer tujuan tidak sampai kepada komputer asal atau pengirim.

2.    Penyebab tidak sampainya balasan atau jawaban konfirmasi dari komputer penerima dikarenakan oleh terputusnya koneksi jaringan antara pengirim dan penerima.

3.    RTO juga terjadi karena paket ping tidak diperbolehkan untuk melewati sebuah router.

4.    Pada beberapa kasus, terjadinya RTO juga disebabkan oleh adanya firewall yang terpasang atau aktif pada sistem operasi  dari komputer pengirim. Firewall biasanya akan mengijinkan semua lalu lintas data yang keluar untuk melintasi sistem firewall namun akan memblokir semua lalulintas data yang akan masuk dan tidak mendapatkan ijin untuk melintas atau lewat.

5.    RTO juga bisa terjadi karena kapasitas bandwidth yang sangat kecil sehingga proses pengiriman paket balasan menjadi sangat lambat atau lama.

6.    RTO terjadi karena proses pengiriman pesan atau paket ping berlangsung dengan melewati banyak router atau hop sehingga paket balasan tersebut tidak sampai kepada komputer pengirim.

Jadi pesan RTO tidak selalu menandakan bahwa jaringan antara komputer pengirim dan penerima mengalami ganguan, bisa juga disebabkan oleh faktor lain seperti adanya blok dari router dan firewall.

Sumber gambar: https://www.flickr.com/photos/epsos/5591761716/