Keterbatasaan jumlah personal memaksa seorang IT support harus mencari solusi pintar untuk memberikan layanan yang maksimal kepada pelanggannya. Tidak semua problem komputer mesti ditangani dengan mengunjungi si pasien, beberapa tindakan awal yang bisa dilakukan oleh pemilik komputer ternyata terbukti efektif mengatasi masalah tanpa melibatkan kehadiran IT support secara fisik di samping mereka, cukupmelalui panduan via telepon, semuanya teratasi.

Dengan memberikan masukan berupa langkah-langkah pencegahan apa saja yang dapat dilakukan oleh pengguna komputer maka hal tersebut turut membantu user mempercepat proses perbaikan jika terjadi  problem. Namun tidak semua langkah pencegahan harus diberitahukan dan dijalankan oleh IT support, ingatlah! Pengguna komputer bukan IT support jangan sampai mereka merasa dibebani oleh tugas layaknya seorang IT support. Jika langkah pencegahan awal tidak mempan segeralah lakukan pengecekan langsug ke lokasi.

Berikut ini adalah beberapa ilmu dan jurus yang boleh diturunkan oleh IT support kepada para pengguna komputer.

 1. Restart komputer. 
Jika terjadi masalah dengan komputer sebaiknya pengguna komputer melakukan restart, matikan dan nyalakan kembali. Beberapa masalah terbukti efektif dengan langkah ini misalnya jika system operasi hang, aplikasi hang. Problem jaringan pun sering teratasi dengan cara seperti ini, jika pengalamatan menggunakan metode dinamik atau DHCP maka dengan melakukan restart komputer maka system operasi akan melakukan perbaikan jika terjadi limited connection.

2. Mencabut dan memasang kabel data 
User juga bisa diajarkan untuk mengetahui mana kabel network yang tercolok ke CPU, hal ini bertujuan jika terjadi masalah pada aplikasi yang disebabkan oleh faktor limited connection user bisa melakukan cabut pasang untuk proses renew IP address tanpa harus mengetik perintah ipconfig /release dan ipconfig/renew.

3. Backup data 
Jika terjadi kerusakan permanent dengan media penyimpan data pada komputer maka datanya pasti hilang, untuk itu perlu semacam backup data, tidak perlu yang canggih dan ril time, sederhana saja ke sebuah folder yang di-sharing.

4. Cara mengingat dan mengganti Password secara berkala 
Memang password adalah hal yang rahasia dan pribadi, namun para IT support paling sering melakukan reset password, entah itu password untuk login ke OS dan login domain. Berdasar pengalaman pribadi, saya jarang sekali lupa password terutama yang biasa digunakan sehari. Sisipkan angka pada password dan urutkan secara berurutan jika harus menggantinya secara berkala.

 5. Jangan sembarangan install program 
Pastikan bahwa si user tidak asal menginstall program yang sumbernya bukan dari pihak IT Divisi. Berikan pengertian bahwa segala program yang bukan dari bagian IT adalah illegal dan dapat dikenai sanksi jika menggunakannya.

 6. Jangan Membiarkan Hardisk terisi sampai penuh
Satu lagi kebiasaan buruk para pengguna komputer. Karena kebiasaan ini seorang teman pernah ribut sama users karena datanya hilang. Cerita di kantor jika data yang tersimpan melebihi batas tertentu maka user akan mendapat peringatan untuk menghapus jika perigatan tidak digubris maka semua data akan dihapus dari harddisk. Nah kebetulan si teman ini sedang memperbaiki komputernya dan proses penghapusan itu sedang berjalan maka apes lah nasih si teman itu, ia malah dianggap telah menghapus data si pengguna komputer itu.

Semoga membantu