Ketika menyalakan komputer, proses dari tombol ON ditekan sampai dengan lampu LED dari tanda aktivitas hardisk berkedip sesekali sangat lama, bisa lebih dari 10 menit.
Kalau anda mengalami hal tersebut maka sebaiknya pikirkan hal-hal berikut ini, bisa jadi penyebab komputer anda mengalami proses start atau booting yang lama adalah termasuk seperti yang dijelaskan berikut ini.

Penyebab utama komputer jadi lambat adalah sebagai berikut:
1.    Operating sistem yang dipakai memang lambat adanya
Bagi pengguna Windows, ada perbedaan antara windows 7 dan Windows 8 dalam melakukan start awal,  Windows 7 lebih cepat dibanding dengan Windows 8.
Begitu juga jika anda menggunakan sistem operasi lainnya, beda OS maka beda juga proses bootingnya  atau proses saat menjalankan sebuah program, sehingga berpengaruh pada performa dari operating sistem itu sendiri.

2.       Dual Anti Virus
Pemakaian lebih dari satu program anti virus pada sebuah komputer bisa menyebabkan komputer menjadi lambat. Menggunakan satu anti virus saja sudah terasa lambat apalagi dua anti Virus.
Anti virus memang penting tapi kinerja dari komputer yang cepat adalah hal yang utama. Percuma komputer bersih atau bebas dari serangan virus tapi kinerjanya sangat lambat.

3.    Aplikasi yang jalan tanpa diketahui oleh pengguna
Pengguna komputer biasanya tidak menyadari bahwa aplikasi yang sudah ditutup ternyata masih berjalan. Salah satu penyebab komputer jadi lambat adalah karena masih berjalannya aplikasi yang tidak lagi digunakan tapi tetap berjalan tanpa ditutup atau dihentikan oleh penggunanya.
Hubungannya dengan lambat pada komputer adalah karena semakin banyak aplikasi yang berjalan maka semakin besar juga  pemakaian memori dan makin banyak proses yang mesti dikerjakan oleh processor.
Ketika jumlah data yang mesti proses  dan kemampuan kerja tidak lagi seimbang maka yang terjadi selanjutnya adalah komputer akan menjadi lambat.

4.    Banyaknya program yang mesti dijalankan saat komputer pertama kali beroperasi.
Pada sistem operasi windows terdapat program-program yang dijalankan bersamaan dengan dimulainya sistem operasi bekerja. Program-program ini  biasanya terdaftar secara default atau manual oleh admin sebagai startup program.
Jika terlalu banyak proram yang terdaftar untuk dijalankan saat awal komputer dinyalakan maka hal tersebut bisa menyebabkan komputer jadi lambat ketika mulai akan digunakan.

5.    Kapasitas RAM yang tidak mencukupi
Kejadian di mana kapasitas RAM berkurang jika anda melakukan hal-hal berikut ini:
a.    Mengganti sistem operasi pada komputer anda, misalnya jika sebelumnya menggunakan Windows 7 diganti dengan Windows 8 tanpa menambah kapasitas memory.
Perubahan pada sistem operasi berpengaruh juga pada kebutuhan akan RAM.
b.    Semakin bertambahnya jumlah pemakainan aplikasi pada komputer.

6.    Kemampuan dari Processor yang tidak memadai lagi.
Semakin baru jenis operating sistemnya maka kebutuhan akan processor pun semakin berbeda, biasanya makin canggih OSnya maka semakin handal juga Processor yang dibutuhkan untuk menjalankan OS tersebut.
Misalnya, jika komputer kita masih menggunakan processor intel Pentium, jangan  berharap komputer tersebut bisa menjalankan OS windows 8 sebaik komputer dengan processor i5 atau i7 generasi terbaru.

7.    Kapasitas Hardisk yang kurang 
 Jika RAM dan Processor sudah mendukung maka komponen lainnya yang mesti diperhatikan adalah harddisk.
Teknologi Harddisk tidak terkait hanya pada besarnya kapasitas saja tapi juga pada kecepatan transfer. Hardisk jenis sata 2 lebih lambat dari hardisk sata3 , hardisk jenis HDD lebih lambat dari jenis SSD.

Sumber gambar: https://www.flickr.com/photos/westcoastlogic/15261073692/lightbox/