Seandainya tidak ada kerjaan pada jam terakhir di kantor, bagi IT support kondisi ini terasa mendebarkan dan membosankan ,beberapa kegiatan berguna bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang itu. Kegiatan tertentu di akhir jam kantor tidak hanya membuat kita tetap konsen dengan pekerjaan tapi juga membuat awal kerja kita di hari berikutnya jadi lebih bersemangat dan produktif.

Dari pada bengong, ngobrol ngalor ngidul tidak jelas, browsing tidak jelas, lebih baik ikuti langkah-langkah berikut:

1. Bersihkan dan rapikan meja kerja. 
Nah ini dia yang report, biasanya meja dan ruangan IT support biasanya berantakan, kabel-kabel berseleliweran kemana-mana. Sesekali coba ganti pemandangan, luangkan waktu beberapa saat sebelum jam pulang kantor untuk merapikannya. Setelah rapi bandingkan suasana hati anda dengan kondisi sebelumnya. Pasti jauh lebih enak.

2. Cek E-mail. 
Dalam sepak bola, serangan lawan saat injury time lebih berbahaya daripada saat waktu normal. Pastikan saat waktu terakhir di kantor, anda masih selalu update. Jangan biarkan masalah email hari ini yang tidak terbaca membebani kerja anda pagi besok.

3. Buat catatan 
Buat catatan tentang pekerjaan penting yang mesti dilakukan besok.

4. Cek Pesan di HP Pastikan para user penggemar setia anda tidak merasa diabaikan oleh anda.

5. Pastikan untuk mem-backup data kerjaan anda. 
 Jika sesuatu terjadi dengan komputer anda maka data kerjaan anda tidak ikut hilang.

6. Pastikan user anda sudah logout dari server. 
Logout dari server setelah melakukan remote desktop. Hal ini penting mengingat terbatasnya session user yang bisa dipakai untuk mengakses.

7. Pastikan komputer anda sudah shut down. 
Mematikan komputer tidak hanya hemat energi tapi juga menghindari resiko kerusakan, jika terjadi mati lampu pada tengah malam anda bisa kehilangan data. Dengan melakukan kegiatan ini maka pikiran anda akan tenang sesampai di rumah.

8. Pulang dan istirahat yang cukup. 
Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang beristirahat secara cukup, lebih produktif dan membuat keputusan yang lebih baik. Kurangi kebiasaan yang membuat anda kurang tidur karena bisa menyebabkan anda menjadi rentan terhadap penyakit.

Semoga berguna.