Power antenna yang besar adalah salah satu jaminan bahwa jangkauan sinyal perangkat wifi tersebut  akan jauh dan luas.

Ketika membandingkan dua wifi router, dari sisi spesifikasi di mana data rate, security dan sebagainya sudah sama maka ada parameter lain yang bisa dijadikan acuan untuk meyakinkan anda, menentukan pilihan mana wireless router yang terbaik.

Parameter tersebut  adalah berapa besar antenna gain atau kekuatan dari antenna.

Cek pada spesifikasi berapa antenna gain dari wireless router yang ingin anda beli, pastikan semakin besar dan semakin dan semakin banyak jumlah antennanya semakin baik.

Jika anda ingin menambah sendiri antenna tambahan maka pastikan antenna tersebut bisa dilepas dan custom dengan antenna external.

Berikut ini adalah wifi router dengan power atau  antenna gain yang besar.

1. ASUS Wireless-N Router RT-N12HP

Radio wi-fi yang sejauh ini memiliki antenna gain bawaan terbesar, dengan kekuatan 9dBi pada kedua antennanya. Ditambah lagi dengan model antenna yang Detachable.

Artinya antenna bawaan bisa dilepas dan diganti dengan antenna lain yang powernya lebih besar.

Meski harganya di atas 600ribu tapi antenna ini sangat bagus bagi yang membutuhkan wifi router dengan daya jangkau yang jauh tanpa harus mengganti antennanya.

2. TP-LINK 3G Wireless-N Router  TL-MR3420

Wireless router yang satu ini memiliki dua antenna dengan masing-masing memiliki kekuatan 5 dBi. Lumayan untuk harga yang kurang lebih 300 ribu.
Radio wireless router ini cukup direkomendasikan jika dilihat dari kekuatan antennanya. Plus model Detachable memungkinkan untuk diganti dengan antenna yang gain-nya lebih besar.

3. D-LINK DIR-605L

D-Link pun tidak mau kalah radio wifi router yang satu ini dilengkapi dengan antenna 2 antenna berkekuatan 5 dBi, namun sayang tipe-nya fix antenna yang tidak bisa diganti-ganti.

Sungguh sayang dengan harga yang 400ribu tapi model antennanya fix lebih baik membeli TP Link TL-MR3420 yang harganya lebih murah dengan power antenna yang sama namun Detachable.

4. ASUS Dual-Band Wireless N-900 Gigabit Router RT-N66U

Wow luar biasa radio link AP router yang satu ini, punya tiga antenna namun kekuatan masing-masing antennanya tidak dikasih tahu.

Dengan model antenna Detachable radio ini cukup handal tentunya. Apa lagi dilengkapi dengan fitur dual band 2.4 GHz dan 5 GHz bisa disupport oleh wifi router ini. Namun sayang harganya sangat mahal.

5. ASUS Dual Band Wireless RT-AC66U

Spek antennanya sama seperti  ASUS Dual-Band Wireless N-900 Gigabit Router RT-N66U namun sayang harganya sangat mahal.

6. TENDA Wireless-N Router W308R

Wireless router seharga 225 ribu rupiah ini cukup bagus power antennanya, dilengkapi dua buah antenna dengan masing-masing antenna berkekuatan 5dBi.

Kekurangannya adalah antenna-nya adalah antenna fix yang tidak bisa dilepas atau diganti, sungguh sayang.

7. ASUS Wireless-N Router RT-N10U B

Harganya dibawah 500 ribu sekitar 300-an ribu rupiah, dilengkapi antenna 5dBi yang bisa dilepas. Tapi sayang jumlah antenna-nya cuma satu buah.

8. TENDA Wireless-N Router W309R

Satu lagi dati Tenda, wireless router ini lebih baik dari Tenda W308R, kelebihannya pada antenna-nya yang berjumlah dua buah itu, memiliki power masing-masing sebesar 7dBi.

Tapi sayang antenna-nya adalah antenna fix yang tidak bisa dilepas atau diganti. Tapi lumayan untuk  wifi router dengan antenna bawaan yang powernya besar dan harganya  di bawah 500 ribu rupiah, sekitar 370 ribuan.

Pastikan Wifi router anda memilki power antenna yang besar sebagai jaminan untuk daya jangkau yang jauh jika tidak, pertimbangkan kembali untuk membeli wireless router yang baru.