Secara pribadi, ketika pertama kali mendengar khabar bahwa teknologi cloud computing begitu menarik perhatian masyarakat pengguna teknologi IT di Amerika, rasa pesimis saya muuncul bahwa teknologi ini bisa menarik juga bagi pengguna teknologi IT di Indonesia. Sampai saat ini pertumbuhan terhadap pengguna cloud computing tidak terlalu baik, cukup lambat.

Alasan apa yang melatarbelakangi pertumbuhan pemakaian cloud computing di Indonesia lambat? Cek yang berikut ini;

1. Masalah Privasi. 
Alasan yang cukup masuk diakal, ketika kita menyimpan data pada satu komputer yang dipakai secara bersama-sama maka pastinya data kita bisa dilihat dan diakses oleh pengguna lainnya. Perusahaan atau pribadi, calon pengguna cloud computing pastinya berpikir atau beranggapan tentang hal yang sama terhadap system pada cloud computing.

Meskipun mungkin pada kenyataannya mekanismenya atau sistem pada internal dari provider cloud tidak seperti yang dipikirikan calon penggunanya tapi tetap saja hal tersebut menjadi kekuatiran bahwa data-data milik perusahaan disimpan berbarengan dengan data perusahaan lain.

2. Masalah Keamanan 
Maklum saja data miliki sebuah perusahaan yang ditaruh ditempat lain tanpa mengetahui sistem pengelolaanya membuat calon pengguna ragu untuk menaruh data-data penting mereka pada infrastruktur cloud provider.

Ini bukan masalah kepercayaan tapi menyangkut jaminan bahwa data yang tersimpan tidak dipakai atau diakses oleh pengguna lain dan juga pihak provider cloud sekalipun. Lebih aman kalau dikelola sendiri, kira-kira begitu menurut pemikiran para calon pengguna cloud di Indonesia.

3. Kehandalan Jaringan
Untuk mengakses data yang ada di cloud butuh koneksi internet yang cepat dengan stabilitas yang baik. Di Indonesia, internet cepat dengan stabilitas yang tinggi adalah harapan yang belum terwujud, kalau pun terwujud itu juga dengan harga yang mahal.

4. Pelayanan 
Sistem pelayanan yang mudah dan simple adalah kunci untuk menarik minat pengguna cloud computing, tapi jika layanan mulai dari cara mengakses dan menggunakannya dirasa rumit maka minat calon pemakai dengan sendirinya pasti menurun.

5. Nilai tambah
Dengan menggunakan cloud computing apa efeknya bagi bisnis atau usaha dari calon pemakai? Jika tidak ada nilai tambahnya untuk apa menggunakan cloud computing, hanya menambah biaya saja.

Secara umum cloud computing memang menarik tapi dengan catatan harus di dukung oleh faktor lain terutama koneksi jaringan internet yang cepat dan stabil dan juga murah harganya, jika tidak maka semuanya peminat cloud computing akan berpikir-pikir terus untuk menggunakannya.

Sumber: Kompas.com/Tekno