Menurut pengamatan saya, sekarang ini makin bertambah banyak saja orang yang naik kereta KRL dengan mulut dan hidung tertutup masker. Bahkan penumpang yang dulunya tidak pernah pakai masker, akhir-akhir ini sudah mulai mengenakan pelindung atau penutup dari bahan kain tersebut.alasan-kenapa-harus-pakai-masker-waktu-naik-krl

Secara umum alasan orang mengenakan masker saat berada di dalam KRL adalah karena alasan kesehatan, di samping itu ada beberapa alasan yang akan saya ungkapkan yang membuat kenapa kita mesti pakai masker saat bepergian dengan KRL.

1. Masker melindungi kita dari kuman penyakit yang bisa masuk lewat udara

Dalam KRL banyak sekali orang yang batuk-batuk, tidak hanya yang berdiri jauh dari posisi kita, kadang orang yang di sebelah kita pun sering batuk-batuk tanpa menutup mulut mereka dengan rapat.

Batuk tanpa menutup mulut atau tidak secara rapat akan membuat kuman mudah menyebar melalui udara dan menjangkiti orang di sekitar.

Selain batuk ada juga orang yang bersin dan hanya menutup muka dengan menggunakan tangan saja, bahkan ada yang asal saja menutup muka mereka.

Jika orang yang bersin sedang terkena flu maka bibit penyakit atau virus akan mudah menyebar ke sekitar dan menjangkiti orang terdekat.

Menggunakan masker adalah salah satu cara untuk menghindari masuknya kuman melalui udara ke dalam tubuh, setidaknya anda tidak perlu repot-repot menutup mulut dengan tangan.

2. Dengan masker kita dapat mencegah menularnya penyakit dari kita kepada orang di sekitar.

Jika kita sedang sakit flu dan batuk maka sebaiknya kita menggunakan masker saat berada dalam KRL, selain kita tidak perlu repot-repot menutup mulut pakai tangan, kita juga mencegah kemungkinan menyebarkan virus kepada orang lain.

3. Masker menghindarkan orang lain dari cipratan air liur kita.

Saat bersin dan tidak menutup mulut secara rapat maka akan membuat orang di sekitar kita akan terkena cipratan air liur kita, nah dengan mengenakan masker hal itu tidak perlu terjadi.

4. Masker menghindarkan kita menghirup aroma atau bau yang tidak sedap dalam kereta.

Saat dalam perjalanan, ruangan gerbong kereta tertutup rapat, hal ini membuat sirkulasi udara yang keluar tidak begitu lancar, pada saat muncul bau yang kurang sedap maka bau tersebut akan lama berada dalam gerbong kereta.

Jika tidak mengenakan masker maka kita harus menutup hidung dengan tangan atau tisu. Ahh itu kan cuma bau, masalahnya apa?

Berikut adalah kemungkinan bau yang akan tercium saat anda naik dan berada dalam gerbong KRL.
– Bau badan atau bau keringat
– Bau kentut
– Bau mulut
– Bau sendawa
– Bau sampah yang menyengat

Jenis bau-bau di atas akan semakin memabukan jika bersamaan dengan KRL berhenti lama pada suatu tempat dengan kondisi pintu dan jendela tertutup rapat, ditambah lagi dengan kondisi dalam kereta yang padat penumpang.

Tidak ada salahnya anda menyiapkan masker selama perjalanan dengan KRL, kalau tidak mengalami kejadian seperti yang saya jabarkan di atas maka anda bisa menyimpan masker tersebut di dalam tas untuk sekedar berjaga-jaga.