Jika anda sama sekali belum memiliki perkakas untuk reparasi perangkat elektronik di rumah anda maka sebaiknya pikirkan 3 hal atau 3 faktor berikut ini.

Faktor pertama adalah anda tidak bisa memprediksi kapan perangkat elektronik anda akan rusak, faktor kedua adalah jika terjadi kerusakan kecil dan tidak ada satu pun alat yang bisa dipakai untuk mengecek maka kerusakan kecil pun akhirnya bisa berakibat fatal dan faktor yang terakhir adalah terkait dengan uang, jika anda bisa mencegah kerusakan yang lebih parah atau bahkan bisa memperbaikinya itu sama artinya dengan berhemat.

Sebaiknya kita lihat lebih detail lagi tentang ketiga faktor tersebut.

1. Waktu terjadinya kerusakan
Bayangkan jika suatu malam charger smartphone anda tidak mau mengisi dan anda sangat membutuhkannya. Setelah diperhatikan secara seksama maka terlihat ada bagian tertentu dari kabel yang terputus. Jika anda tidak punya peralatan untuk reparasi maka anda harus menunggu sampai besok untuk diperbaiki.
Namun jika peralatan seperti pisau cutter, isolatip, solder, timah, obeng tester, multitester dan tang potong tersedia saat kejadian maka masalah tersebut bisa teratasi dengan mudah dan cepat.

2. Pengecekan sama dengan mengurangi tingkat kerusakkan pada peralatan
Jika suatu ketika anda merasa ada keanehan pada peralatan elektronik atau listrik di rumah anda maka dengan peralatan seperti obeng, obeng tester serta multitester maka anda bisa secepatnya untuk melakukan pengecekkan. Pengecekkan yang sedini mungkin bisa mengurangi kerusakan atau masalah yang lebih parah dibandingkan jika anda tidak melakukan apa-apa atau hanya menunggu datangnya tukang service.
Dengan peralatan yang tersedia anda bisa membuka dan melihat kondisi peralatan listrik rumah anda sambil memastikan tidak ada kabel yang kendor atau akan terlepas.

3. Bisa diperbaiki sendiri sama dengan hemat biaya dan hemat waktu
Dengan sedikit pengetahuan dasar mengenai listrik ditambah dengan peralatan yang tersedia maka kerusakan-kerusakan kecil yang terjadi bisa diatasi. Mengatasi masalah kecil yang bisa saja berpotensi menjadi masalah yang lebih besar dan berakibat fatal, sama artinya dengan penghematan.
Coba pertimbangkan kondisi di mana hanya karena hal-hal kecil seperti kabel yang kendor, anda harus mengganti perangkat atau mengeluarkan biaya yang mahal untuk perbaikan.

Waktu anda pun tidak terbuang percuma oleh hal-hal yang seharusnya tidak perlu terjadi. Hari libur seharusnya anda bersenang-senang dengan kelurga tetapi karena hal kecil maka anda harus berkeliling mencari tempat service untuk memperbaiki peralatan elektronik yang rusak.

Dengan tersedianya peralatan maka kapanpun terjadi kerusakan atau masalah akan bisa teratasi saat itu juga.
Tanpa peralatan untuk reparasi, setinggi langit pun pengetahuan anda tentang listrik dan elektronika tetapi saat terjadi kerusakan, bahkan yang kecil sekalipun maka ilmu yang anda miliki tidak ada artinya.

Circumstance does not make the man; it reveals him to himself James Allen