Sertifikasi CCNA tidak sekedar untuk memenuhi persyaratan bagi yang ingin berkarir di dunia networking tapi merupakan media untuk membuktikan bahwa anda cukup kompeten untuk memulai karir di dunia networking sebagai pemula dengan dasar teori yang kuat. Meskipun bagi sebagian besar calon pemegang CCNA, tidak memiliki jam terbang praktek yang cukup banyak tapi dengan berhasil mendapatkan sertifikasi ini maka hal tersebut cukup bisa menaikan mental dan rasa percaya diri dalam menghadapi dunia kerja nyata yang lebih banyak mengedepankan sisi prakteknya dibandingkan teori.

Beberapa alasan berikut semoga menjadi motivasi yang kuat bagi para calon pemilik sertifikasi CCNA untuk berusaha sekuat tenaga untuk mendapat sertifikat awal dari vendor networking nomor satu dunia ini.
1.    Reputasi Cisco merupakan yang terdepan dalam dunia Networking
Cisco system adalah  perusahaan nomor satu terbesar yang menyediakan berbagai kebutuhan terkait dengan IT networking, dengan mengikuti setiap teknologi yang ditawarkan oleh Cisco maka secara tidak langsung kita terkoneksi dengan pemimpin utama dalam dunia networking.
Keuntungan yang didapat bisa mulai dari update teknologi terbaru khususnya dunia networking sampai pengetahuan yang membantu menambah pengetahuan kita di bidang networking. Memiliki CCNA tidak saja hanya mendapatkan pengakuan tapi juga kemampuan kita, baik teori dan praktek terus diupdate dan selalu mengikuti perkembangan jaman seperti apa yang dilakukan oleh Cisco.

2.    CCNA memberikan teori  dasar tentang networking yang kuat dan praktek yang dibutuhkan dalam dunia kerja.
Proses mendapatkan CCNA bukanlah perkara yang mudah, butuh energy semangat yang besar, konsentrasi pikiran yang tinggi, waktu yang tersita dan tentunya dana yang besar. Mempelajari bahan dan materi uji CCNA menjadikan kita terasah pengetahuan dan kemampuan kita dalam dunia networking baik secara umum maupun yang berkaitan dengan produk Cisco.
CCNA tidak sekedar mengajarkan tentang Cisco saja tapi juga memberikan kita pengetahuan umum yang baik tentang semua yang terkait dengan  OSI layer yang juga diakui atau dipergunakan oleh vendor networking lainnya dalam mendesign produk mereka.

3.    CCNA mengenalkan kita tentang standarisasi dalam industri peralatan Networking
Memang tidak hanya produk Cisco yang beredar dalam dunia IT networking namun produk lainnya pun banyak mengambil contoh dari model dan rancangan yang dikembangkan dan dibuat oleh Cisco.
Standarisasi yang dikembangkan oleh Cisco banyak diakui oleh vendor lain sebagai yang terbaik, untuk itu dengan belajar dan mendapatkan CCNA maka anda sudah menguasai sebagian besar prinsip standarisasi dalam dunia networking.

4.    Dapatkan Keahlian nyata antara praktek dan teori dalam satu paket
CCNA menawarkan teori dasar yang kuat dan juga praktek langsung terhadap produk Cisco, router dan switch, yang biasa dipakai dalam praktek sehingga tidak menjadikan anda hanya sekedar berteori tapi juga mengetahui secara langsung seperti apa peralatan tersebut dipakai dalam dunia kerja.

5.    Pendapatan atau gaji yang besar
Memiliki sertifikasi CCNA lebih dihargai dibanding tanpa sertifikasi, jika anda melamar ke dunia kerja, selalu disebutkan bahwa diutamakan yang memiliki sertifikasi. Dalam dunia IT networking gaji seorang engineer, konon katanya dihargai berdasarkan sertifikasi apa yang dimilikinya dan tentunya dipadukan dengan kemampuan kerja yang dimilikinya. CCNA adalah sertifikasi awal atau pintu masuk untuk mendapatkan sertifikasi selanjutnya yang lebih tinggi.
Contohnya, setelah CCNA ada CCNP,  yang tentunya tiap-tiap tingkatan sertifikasi memiliki standar gaji yang berbeda, gaji CCNP tentunya lebih besar dari CCNA, tapi untuk mencapai CCNP anda harus melewati dulu CCNA.

Memiliki sebuah sertifikasi dari sebuah lembaga yang diakui adalah mutlak bagi karir seorang professional, hal ini juga berlaku dalam dunia IT networking, CCNA yang diterbitkan oleh Cisco Sytem merupakan salah satu sertifikasi terkemuka yang sudah terbukti keunggulannya dan jaminan prospek karir yang bagus bagi pemegangnya, jadi tunggu apalagi segeralah meraihnya. 

Sumber gambar : http://www.flickr.com/photos/smswigart/6167255518/