Perintah ping tidak bisa menyelesaikan masalah yang terjadi pada jaringan komputer tetapi hanya mampu untuk mendeteksi gejela dari problem yang terjadi. Dengan kata lain, jika terjadi problem pada jaringan komputer, perintah ping tidak bisa memperbaikinya tetapi hanya bisa mengenali dan menguji apa penyebab masalah yang terjadi pada koneksi tersebut.

Salah satu parameter yang biasa dijadikan acuan pada hasil dari perintah ping adalah time atau waktu. Waktu atau time dalam perintah ping dihitung dalam satuan ms atau millisecond atau seperseribu detik. Time tersebut adalah waktu total yang ditempuh oleh paket data dari komputer pengirim dan kembali lagi ke si pengirim.

Waktu atau time yang didapat dari hasil ping bisa dijadikan ukuran seberapa bagus kualitas sebuah jaringan. Semakin kecil timenya maka semakin berkualitas jaringan tersebut karena kecepatan transfer datanya pasti tinggi. Kecepatan transfer adalah jumlah data dibagi dengan waktu waktu tempuh sebuah paket data, jadi jika waktunya semakin kecil maka semakin tinggi kecepatannya.

Masalahnya adalah reply time yang tinggi tidak harus diartikan sebagai buruknya kualitas koneksi dari sebuah jaringan komputer. Berikut adalah beberapa faktor penyebab reply time yang ditinggi.

1.    Padatnya lalu-lintas data

Sama seperti jalanan yang macet menyebabkan waktu tempuh yang lama, begitu juga pada networking. Waktu yang dibutuhkan oleh paket data untuk kembali ke sipengirim menjadi lama. Hal ini sering terjadi ketika kita sedang mendownload atau transfer data di LAN.

2.    Broadcast dalam jaringan local

Broadcast terjadi ketika sebuah komputer dalam LAN ingin mengirim data ke komputer lain maka komputer tersebut atau mengirimkannya ke semua komputer yang ada dalam jaringan LAN yang sama, meskipun komputer tersebut bukanlah komputer yang dituju. Jika dalam jaringan tingkat kesibukanya tinggi dan yang dipakai adalah hub maka makin bisa menyebabkan yang namanya broadcast storm. Broadcast storm inilah salah satu penyebab tingginya traffic dalam sebuah jaringan.

3.    Looping dalam jaringan

Susunan atau topologi yang salah menyebabkan aliran data akan berputar-putar membentuk sebuah lingkaran, hal ini dikenal dengan istilah looping. Proses looping yang terus-menerus membuat padatnya lalu-lintas dalam jaringan sehingga time reply ping menjadi tinggi.

4.    Hop atau rute yang dilewati

Makin jauh rute yang ditempuh oleh sebuah paket data dari pengirim ke penerima membuat waktu tempuhnya semakin besar. Makin jauh jarak atau hop yang mesti dilewati maka makin besar waktu tempuhnya.

5.    Bandwidth

Lebar atau kapasitas jaringan yang kecil membuat reply time dari ping menjadi besar.

6.    Kapasitas dan kemampuan NIC

NIC atau network card memiliki kemampuan yang ada batasannya. Setiap paket data yang diterima tidak langsung diproses tetapi ditampung dahulu untuk sementara, baru kemudian diproses. Hal ini dikenal dengan istilah buffering. Jika data yang di-buffer oleh sebuah NIC sudah cukup banyak maka hal tersebut akan membuat proses pengolahan paket data menjadi lambat dan hal ini tentunya menyebabkan reply time jadi semakin tinggi.

Demikian, dari 6 penyebab di atas tidak semuanya menunjukkan bahwa reply yang tinggi mengindikasikan buruknya kualitas jaringan.

Sekian dan terima kasih, semoga berguna.