Sering terjadi pada jaringan wireless, koneksi internet yang ada pada jaringan mengalami kelambatan yang tidak biasa, di mana hal tersebut terjadi tanpa adanya penambahan user dan kondisi pemakaiaan dengan intensitas yang normal atau biasa-biasa saja. Mencari penyebab masalah tersebut memang gampang-gampang susah karena penyebab tidak hanya karena dari sisi jaringan wireless di sisi pemakai tapi juga bisa juga disebabkan oleh adanya masalah pada sisi Internet Provider.

Sebelum memvonis bahwa persoalan lambatnya koneksi disebabkan oleh kesalahan ISP maka sebaiknya kita mengecek pada sisi jaringan wifi kita apakah terdapat masalah yang berakibat pada lambatnya koneksi atau tidak. Faktor utama yang harus diperhatikan adalah persoalan keamanan jaringan wifi, beberapa alasan dan fakta  yang harus kita pikirkan terkait dengan faktor keamanan pada jaringan wifi adalah sebagai berikut;

1.    Jaringan wifi bukan seperti jaringan kabel yang mudah ditelusuri jika ditemukan koneksi illegal yang mencoba melakukan akses ke jaringan kita.

Koneksi wifi adalah koneksi menggunakan gelombang electromagnet dengan menggunakan frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz, artinya dengan menggunakan wifi client yang berfrekuensi 2.4 dan 5 GHz maka peluang kita untuk terkoneksi ke  Wifi Access Point di mana pun sangatlah besar. Kita tidak perlu susah payah menentukan channel yang cocok dengan AP tapi yang kita lakukan adalah cukup dengan mengaktifkan perangkat wifi kita.

Dengan kondisi ini maka sulit bagi kita untuk mengetahui dengan pasti di mana lokasi si penyusup dalam jaringan wifi, sangatlah kontras kondisinya dengan jaringan kabel, di mana pada jaringan kabel kita dengan mudah mengecek urutan kabel dan trace sampai kepada komputer pemakai. Pada jaringan wifi kita hanya bisa mengetahui mac address dari si penyusup tanpa bisa mengetahui lokasi si penyusup itu berada.  
Inilah salah satu alasan penting mengapa kita harus mengaktifkan sistem pengaman pada jaringan wifi kita.

2.    Sinyal wifi tidak bisa dibatasi hanya sampai pada pintu rumah atau pada pagar rumah kita saja.

Ini adalah kenyataan yang sulit untuk diatasi, semakin jauh jangkauan dan kuat sinyal sebuah Wifi access point semakin bagus, tidak peduli apakah sinyal tersebut menggoda untuk orang untuk berbuat nekat dan kita pun tidak bisa membatasi sinyal wifi dan Access point kita hanya sampai pada pagar rumah namun tetap dengan power dan kualitas yang bagus.  Sinyal wifi tidak bisa ditetapkan secara pasti jangkauannya seperti panjang kabel pada jaringan kabel.

Daya jangkau dari pancaran sinyal wifi yang tidak bisa dibuat secara pasti berapa jauh jangkauannya menjadikannya mudah terkoneksi dengan perangkat wifi klien milik siapa saja termasuk yang lokasinya jauh dan tidak kita kenali, inilah alasan mengapa begitu penting untuk mengamankan sistem pengaman pada jaringan wifi kita.

3.    Dengan menggunakan wifi klien yang memiliki Power atau antenna gain yang besar, seseorang bisa terkoneksi dengan Access Point kita meski dari jarak yang jauh.

Semakin besar daya atau power dari sebuah perangkat wifi maka semakin tinggi tingkat sensitivitas dalam menerima sinyal wifi, ini adalah kenyataan atau karakter dasar dari sinyal wifi. Kenyataan ini membuat sinyal wifi AP yang meskipun diatur untuk tidak menggunakan power yang besar namun tetap saja jika wifi kliennya menggunakan power yang besar maka si klien yang illegal tersebut bisa terkoneksi dengan kualitas sinyal yang bagus.

4.    Penempatan perangkat jaringan yang mudah diakses oleh user atau orang-orang yang berniat jahat bisa menyebabkan jaringan kita rentan atau mudah untuk dimasuki dan dimanfaatkan secara tidak bertanggungjawab. 

Pengaman koneksi wifi tidak hanya dilakukan secara software saja tapi juga harus dilakukan secara fisik juga, artinya kita mesti memikirkan lokasi penempatan perangkat wifi access point kita yang aman dari jangkauan orang yang tidak bertanggung jawab.  Meletakan access point dalam sebuah box jeruji besi yang terkunci dengan hanya menampilkan antenna-nya keluar adalah pilihan yang bagus. Letakan ditempat yang tinggi dan tidak bisa dijangkau tanpa bantuan tangga juga merupakan pilihan yang tepat.

Dengan menempatkan posisi yang aman menjadikan perangkat kita terhindar dari akses langsung yang bisa berdampak pada gangguan keamanan. Banyangkan jika ada orang iseng yang dengan mudah menggapai wifi kita dan kemudian memencet tombol reset, hmmm repotnya harus konfigur ulang Access point.

Sumber gambar: Xcaballe