Ketika istri saya mengeluh bahwa hape Samsung Galaxy Grand-nya sudah terasa lambat saat digunakan dan sering kali mesti dimatikan dan dinyalakan untuk membuatnya normal kembali, yang terbersit dalam pikiran saya adalah siap-siap uang untuk beli gadget baru.alasan-saya-pilih-beli-hape-smartphone-daripada-beli-tablet-buat-sang-istri

Ternyata sang istri lebih senang kalau dibelikan tablet, alasannya karena layar tablet lebih besar, kalau melihat-lihat sosmed seperti Instagram dan Facebook lebih nyaman. Membaca resep masakan, membaca artikel kesehatan dan artikel lainnya lebih jelas dan tidak membuat mata cepat lelah. Oke baik.

Istri saya lalu memberikan sedikit panduan kalau beli tabletnya tidak perlu yang mahal-mahal, tidak perlu yang merk terkenal, yang penting tidak lelet, gampang dipakai dan tidak boros batterynya.

Wah pusing juga nyarinya nih, tablet murah tapi bagus, susah Bu nyarinya!!

Selama dua hari saya browsing, fokus cari tablet yang murah dan bagus, susah sekali ketemunya. Akhirnya ketemu juga merk dan type tablet yang masuk dalam daftar untuk dibeli.

Setelah mengadu beberapa merk dan type tablet, saya jadi ragu-ragu, tidak yakin untuk membeli tablet buat istri. Tidak tahu kenapa, bagi saya ada yang kurang dalam sebuah tablet, terutama yang harganya di bawah 1,5 juta.

Rasanya tablet Android murah itu tidak cocok untuk ibu-ibu, mungkin kalau tabletnya tablet Samsung terbaru yang mahal atau Ipad, bisa beda ceritanya.

Beberapa hal dari tablet murah yang membuat saya tidak jadi beli adalah sebagai berikut:

1. Kapasitas battery tablet terbilang kecil untuk layar yang besar

Misalnya tablet 7 inci tapi kapasitas batterynya hanya 2000-3000 mAh, rasanya kalau kapasitas daya yang cuma sebesar itu pasti akan membuat battery cepat habis.

2. Processor-nya terlalu rendah

Untuk prosesor tablet murah dibawah 1,5 juta rata-rata dual core saja, meskipun ada juga yang sudah quad core tapi speed-nya tidak tinggi.

3. RAM dan internal disk yang kecil

Ada merk tablet yang menawarkan RAM-nya hanya 512 MB dengan internal disk cuma 8 GB saja. Rata-rata menawarkan 1 GB RAM dan 8 GB internal disk. Nanti dulu deh…

4. Konektivitas

Biasanya pada perangkat mobile itu tersedia koneksi jaringan antara lain:
– Wifi koneksi
– Bluetooth
– GSM 2G, 3G dan 4G

Tidak semua tablet tersedia lengkap koneksinya seperti pada hape smartphone. Tablet termurah hanya menyediakan Bluetooth dan wifi saja. Untuk yang tersedia koneksi lengkap harganya jauh lebih mahal.

5. Kamera

Kamera tablet sangat tidak bisa diandalkan, rata-rata hanya 2 sampai 5 Mpixel saja, bandingkan dengan kamera smartphone murah yang sudah mencapai 13 MP.

Bahkan ada tablet yang cuma tersedia satu kamera saja. Ini sangat tidak cocok untuk ibu-ibu yang suka membagikan foto hasil jepretan mereka ke sosmed. Hasil foto pasti tidak bagus dengan kamera yang cuma 2 MP saja.

6. Operating system Android sudah ketinggalan

Rata-rata tablet murah itu OS androidnya sudah ketinggalan dan tidak bisa diupgrade ke versi yang lebih baru.

Setelah mempertimbangkan penawaran dari beberapa vendor smartphone saya putuskan untuk membeli hape saja.

Broswsing sana sini akhirnya ketemu juga smartphone murah dan berkualitas untuk sang istri.
Pilihan saya akhirnya jatuh kepada Xiaomi RedMi 3 16 GB 2 GB RAM, Octacore 1,5 GHz.
Harganya 1,425 Jt.

Speksifikasinya tinggi: Processor Octacore 1,5 GHz, internal disk 16 GB, RAM 2 GB, Kamera 13 MP dan 5 MP, battery tahan lama dengan kapasitas 4100 mAh, layarnya selebar 5 inci tidak kecil tapi cukuplah, konektivitasnya lengkap mulai dari Bluetooth, wifi, 2G, 3G dan 4G.

Xiaomi RedMi 3 sangat cocok dipakai oleh ibu-ibu, apalagi dengan warna casing yang gold, hasil foto kameranya luar biasa. Sangat tepat jika memilih smartphone ini.

Sang istri pun sangat antusias dengan spesifikasi smartphone yang mau dibeli. Ketika sudah terbeli dan berada ditangan, ternyata hape itu cocok sekali buat ibu-ibu, karena dimensi hape yang tidak begitu lebar, tipis dan ringan, sangat pas ditangan.

Dengan memakaikan safety case yang transparan dan screen protector maka semakin mantaplah penampilan luar hape tersebut.

Batterynya tidak bohong, dengan kapasitas 4000 mAh, sangat tahan lama.

Tidak menyesal saya beli hape smartphone Xiaomi ini dan sangat bersyukur tidak jadi membeli tablet.