Jika Anda ingin pensiun dini di usia 30-an, tanpa harus menjadi miliarder atau mendapatkan banyak warisan, yang Anda butuhkan hanyalah panduan dan komunitas.

Bayangkan, anda ketika di usia 30-an sudah tidak bekerja lagi sama sekali, dan semua kebutuhan anda sudah terpenuhi sampai akhir hayat anda. Penasaran? Berikut adalah pelajaran yang bisa anda petik dari seseorang penggagas ide pensiun dini tersebut.

Orang itu adalah Pete Adeney , ia sudah mulai mencoba mewujudkan mimpinya tersebut ketika masih berusia muda, berikut adalah bagaimana cara ia mewujudkannya.

Dalam video ini Pete Adeney (Klik di sini untuk tonton video lengkapnya) menjelaskan cara pensiun dini, apa yang telah ia lakukan untuk mencapai tujuannya. Pete Adeney, juga dikenal sebagai Tn. Money Moustache, mempraktikkan berhemat ekstrim yang memungkinkannya untuk pensiun pada usia 30. Menghindari penggunaan mobil, membuat DIY, dan berinvestasi dalam dana indeks pasar saham adalah salah satu taktik yang ia dan rekannya F.I.R.E. (Financial Independence Retire Early) penyembah mendukung.

Berhemat adalah cara yang paling direkomendasikan oleh Pete, dan, tentu saja, hal penting lainnya adalah bergabung dengan klub F.I.R.E. (Financial Independence Retire Early).

Jenis tabungan apa yang merupakan gaya Pete, tonton videonya.

Berikut adalah transkrip lengkap video wawancara Pete yang sudah saya terjemahkan dalam bahasa Indonesia.

Judy Woodruff:

Sekarang lihatlah mereka yang menabung lebih awal dan hidup hemat, untuk pensiun dini.

Koresponden ekonomi kita, Paul Solman, mengisahkan kisahnya. Ini adalah bagian dari seri mingguan kami Making Sense, yang mengudara setiap Kamis.

Paul Solman:

Pete Adeney hampir selalu meninggalkan rumahnya di Longmont, Colorado, dengan kendaraan roda dua, bukan roba empat. Jauh lebih hemat.

Selama tujuh tahun, Pete, AKA Mr. Money Moustache, telah memberikan ceramah di blognya yang populer. Dan dia yakin mempraktekkan apa yang dia khotbahkan di-blognya tersebut.

Berapa banyak yang Anda habiskan untuk biaya hidup selama setahun?

Pete Adeney:

Kami tidak menganggarkan, tetapi tampaknya dalam setahun kami habiskan sekitar $ 25.000 hingga $ 27.000 untuk sekeluarga dengan tiga anak.

Paul Solman:

Ditambah asuransi kesehatan di usia 30-an.

Adeney dan para pengikutnya, yang dikenal sebagai Mustachians, adalah pemain kunci di F.I.R.E., atau FIRE, gerakan, Financial Independence Retire Early.

Dan yang kami maksudkan lebih awal. Adeney dan istrinya meninggalkan pekerjaan mereka dibidang teknik pada tahun 2005.

Pete Adeney:

Jadi, kami berusia 30 tahun saat itu.

Paul Solman:

Mark dan Sina Ebersole tidak lagi harus bekerja.

Dan berapa umurmu?

Mark Ebersole:

Tigapuluh tujuh.

Sina Ebersole:

Tiga puluh lima.

Paul Solman:

Michael dan Ellen Robinson, keduanya berusia 38 tahun, berhenti bekerja penuh waktu dua tahun lalu.

Michael Robinson:

Saya meyakini konsep pemikiran bahwa menabung sebanyak yang kami bisa sedini mungkin memungkinkan bunga majemuk lebih banyak waktu untuk melakukan pekerjaan.

Paul Solman:

Bagaimana mereka semua melakukannya? Adeney menghemat 50 hingga 75 persen dari penghasilannya selama sembilan tahun sebagai insinyur.

Pete Adeney:

Kami hanya melakukan sedikit kurang dari  kebanyakan orang yang pendapatan sama seperti kami, dan itu cukup untuk tabungan kami. Tradisi di Amerika Serikat adalah menghabiskan hampir semua yang kita peroleh. Kami hanya memiliki tingkat tabungan 3 persen. Anda hanya tidak melakukan itu, dan Anda selalu punya pilihan.

Paul Solman:

Berapa banyak yang Anda hemat?

Pete Adeney:

Hari ini, itu akan menjadi sekitar $ 1,1 juta. Itulah yang kami putuskan cukup untuk hidup selamanya.

Paul Solman:

Di blog-nya, Adeney mendukung apa yang disebut aturan 4 persen: Jika Anda mengeluarkan uang dan menginvestasikan 25 kali pengeluaran tahunan Anda, maka Anda dapat mendapatkan 4 persen dari tabungan Anda setiap tahun pensiun. Tetapi bukankah pasar berisiko?

Pete Adeney:

Berinvestasi pada sektor ekonomi yang luas melalui pasar saham, di mana Anda memiliki ribuan perusahaan, sangat konservatif, dan itu akan berfluktuasi karena pasar saham berfluktuasi. Tetapi jika Anda hanya mengambil sejumlah kecil setiap tahun, Anda tidak peduli sama sekali tentang itu.

Seperti, pasar saham hancur, Anda masih mengambil 4 persen kecil Anda. Saham anda di pasar saham naik, Anda masih hanya mengambil 4 persen, sehingga rata-rata seperti itu seiring waktu.

Paul Solman:

Jangan menghabiskan uang untuk hal-hal yang sebenarnya tidak Anda butuhkan, katanya. Dan jangan mengemudi atau menggunaka roda empat terlalu banyak.

Pete Adeney:

Itu rahasia kemenangan terbesar saya untuk kehidupan yang layak, hanya keluar dari mobil. Mengemudi adalah cara, jauh lebih mahal daripada yang dipikirkan kebanyakan orang. Kebanyakan orang berpikir tentang bensin sebagai biaya mengemudi. Sungguh, sekitar lima kali lebih tinggi dari itu. Jadi kira-kira pengeluaran untuk bensin adalah $ 15 per galon. Kemudian Anda mulai mendapatkan perkiraan seberapa mahal mengemudi sebenarnya bagi Anda.

Paul Solman:

Karena depresiasi, pemeliharaan, asuransi.

Adeney menghemat banyak karena dia juga seorang yang melakukan hal itu. Ambil rumahnya.

Pete Adeney:

Yang kami tinggali sekarang, saya bangun hampir seluruhnya dari nol.

Paul Solman:

Jadi Anda memasukkan pipa sendiri?

Pete Adeney:

Iya

  Paul Solman:

Anda membuat lantai sendiri?

    Pete Adeney:

Ya, itu bagian dari rumah.

    Paul Solman:

Anda melakukan listrik sendiri?

   Pete Adeney:

Saya akan melakukan operasi jantung saya sendiri jika itu aman.

Paul Solman:

    Tahun lalu, Adeney merenovasi sebuah bangunan bobrok di jalan utama Longmont untuk menciptakan ruang kerja bersama bagi sesama Mustachian, dan menambahkan ruang konferensi rumah mungil.

    Pete Adeney:

    Itu hanya mengeluarkan bahan bangunan seharga $ 3.000 , sebagian dari Craigslist, dan kemudian kami mendapatkan kantor khusus yang sepanjang tahun, terisolasi.

Paul Solman:

Di atas rumah mungil itu, ada makanan yang harganya bahkan lebih murah.

    Pete Adeney:

    Saya bukan ahli apel, tapi saya sebut saja ini apel gratis yang lezat.

    Paul Solman:

    Gratis lezat.

Pete Adeney:

Jadi, bersulang.

Paul Solman:

Bersulang.

Ellen Robinson:

Salah satu cara kita menghemat uang adalah dengan hanya berbelanja di toko barang bekas.

Paul Solman:

Adeney memiliki banyak pembantu; Trik guru pensiunan Ellen Robinson yang berusia 38 tahun? Jangan membeli apa pun yang baru.

Ellen Robinson:

    Ini dari Loft, dan Anda dapat membelinya dengan harga mendekati $ 8, alih-alih membelinya seharga $ 50.

Paul Solman:

 Adapun furnitur di rumah Ellen berbagi dengan suami Michael dan dua anak kecil mereka?

Ellen Robinson:

Sofa itu adalah tempat tidur dari kakek nenek saya. Potongan-potongan furnitur di sini adalah kantor tempat Michael bekerja. Lampu, dari seorang teman memberikan itu kepada saya.

Paul Solman:

Meja kopi?

Ellen Robinson:

Ini adalah sesuatu yang saya beli di toko Resale.

Paul Solman:

Sekarang, tidak akan mengejutkan Anda bahwa mobil keluarga juga bekas.

Ellen Robinson:

Kami membeli Prius tahun 2007 yang digunakan seharga $ 8.000 sekitar empat tahun lalu. Dan mobil itu telah berjalan sekitar 195.000 mil, tetapi masih berfungsi dengan baik untuk keluarga kami.

Paul Solman:

Salah satu fitur umum dari pergerakan FIRE, kartu kredit digunakan secara strategis.

Ellen Robinson:

 Jadi, kita mendapat 6 persen bahan makanan jika kita menggunakan kartu ini, jadi 6 persen kembali, 3 persen gas, dan 3 persen di department store.

Paul Solman:

Michael, seorang mantan salesman yang masih senang bekerja satu atau dua hari seminggu sebagai konsultan, mengatakan keluarga itu bisa menghabiskan kurang dari $ 44.500 yang mereka habiskan tahun lalu.

Michael Robinson:

Ada beberapa bantal dalam anggaran kami. Kami tidak turun ke tulang sekarang, dengan cara apa pun.

Paul Solman:

    Apakah Anda merasa sama sekali kehilangan?

   Ellen Robinson:

    Tidak, saya tidak merasa kehilangan.

    Apakah Anda merasa kekurangan?

    Michael Robinson:

    Tidak, kami tidak kekurangan.

    Ellen Robinson:

    Saya tidak tergoda. Jika saya berjalan ke mal, saya juga tertarik pada semua hal itu seperti orang lain. Tapi saya hanya memiliki dialog di kepala saya tentang keputusan untuk tidak sengaja membeli barang-barang itu, dan juga sangat tidak sengaja pergi ke mal.

    Paul Solman:

    Kunjungan ke restoran jarang terjadi. Sebaliknya, Robinson yang sudah pensiun menghabiskan banyak waktu luang mereka untuk memasak dan makan di rumah bersama anak-anak mereka.

    Tapi tunggu sebentar. Bukankah ada banyak orang Amerika yang tidak cukup berpenghasilan untuk menabung apa pun, apalagi jumlah yang dipromosikan Pete Adeney?

    Pete Adeney:

    Saya yakin ada, tetapi saya juga akan mengatakan bahwa hampir semua orang dapat melakukan yang lebih baik. Dan semakin rendah tingkat penghasilan Anda, semakin besar manfaatnya untuk menentukan ke mana uang Anda pergi. Jadi penghasilan rata-rata adalah $ 60.000 atau apa pun di AS untuk rumah tangga.

Dan apa kendaraan terlaris? Truk pickup F-150 senilai $ 30.000. Itulah masalahnya. Kita semua menaikkan semuanya sedikit lebih dari yang kita mampu.

Paul Solman:

Tetapi jelas tidak semua orang bisa melakukan apa yang telah dilakukan Adeney. Bahkan di masa pensiun, ia telah mendapatkan cukup uang dari blognya sehingga ia tidak perlu menaati anggaran $ 25.000 per tahun. Tetapi dia melakukannya, karena, menurutnya, mengurangi konsumsi tidak hanya menghemat biaya.

Pete Adeney:

Saya akan mengatakan itu tidak bermoral untuk mengemudi seperti truk pickup diesel enam roda, dibandingkan dengan mengendarai sepeda atau hanya memilih mobil yang paling praktis untuk apa pun kebutuhan Anda.

Paul Solman:

Immoral karena mencemari atmosfer?

Pete Adeney:

Ya, itu karena efek Anda pada orang lain dan makhluk hidup lainnya. Jadi, seperti, Anda akan mengkonsumsi lebih banyak logam dan lebih banyak bahan bakar fosil hanya untuk membawa diri mungil Anda berkeliling.

Paul Solman:

Adeney memang memiliki pengikut yang tidak mampu menyembunyikan di tingkat Mustachian.

Michelle Jackson datang ke sekolah bisnis pop-up yang diadakan di ruang kerja bersama Mr. Moustache untuk belajar cara mendapatkan lebih banyak, sehingga dia bisa menabung lebih banyak dan pensiun dini.

Michelle Jackson:

Ada banyak orang yang ingin mencapai itu, tetapi mungkin mereka harus melunasi hutang terlebih dahulu untuk sampai pada titik untuk berinvestasi dan fokus pada hal-hal semacam itu.

Paul Solman:

Berapa banyak hutang Anda saat ini?

Michelle Jackson:

Jumlah yang saya fokuskan sekarang, dikurangi pinjaman siswa, adalah sekitar $ 11.000.

Paul Solman:

Dan bahkan bagi mereka yang berpenghasilan lebih tinggi dan bebas utang seperti Mark dan Sina Ebersole, menjadi mandiri secara finansial dimulai sebagai upaya yang berat.

Sina Ebersole:

Cukup sulit di awal bagi saya, mengupasnya, dan menabung, menabung, menabung, menabung. Itu konsep yang sangat asing bagi saya.

Paul Solman:

Apakah kamu menyukainya?

Sina Ebersole:

Tidak. Rasanya agak seperti, apakah kita membuang-buang tahun-tahun baik kita?

Paul Solman:

Sepuluh tahun kemudian, mantan instruktur tari bersyukur bahwa dia dan Mark, seorang insinyur, hanya bekerja ketika mereka mau.

Sina Ebersole:

Kami sedang mengerjakan pembukaan aula dansa ballroom.

Mark Ebersole:

Ini seperti tarian – studio dansa ballroom, tetapi lebih berfokus pada sosial.

Paul Solman:

Ellen Robinson menikmati hadiah berhemat yang mendorong para anggota FIRE mencari kebebasan finansial.

Ellen Robinson:

Jadi, ini tidak selalu tentang tidak bekerja, tetapi kebebasan yang datang dengan tidak harus bekerja. Saat ini, anak-anak saya berusia 4 dan 2, dan saya di rumah bersama mereka sepanjang hari setiap hari, dan tidak khawatir apakah kita dapat membeli bahan makanan atau tidak.

Paul Solman:

Adapun Mr. Money Moustache sendiri,

Pete Adeney:

Tujuannya hanya untuk menjalani kehidupan yang bahagia dan mungkin meninggalkan dunia lebih baik daripada ketika Anda mulai. Jadi saya telah melakukan bisnis kecil seperti pertukangan kayu, dan banyak pekerjaan ayah telah menjadi pekerjaan terbesar saya, sedikit menulis, musik.

Jadi, saya masih punya, jika saya beruntung, 55 tahun lagi pensiun untuk pergi. Dan saya akan memberi tahu Anda bagaimana hasilnya.

Paul Solman:

Akan saya usahakan, badan saya nanti semuanya terdiri dari telinga.

Demikian koresponden ekonomi Paul Solman di markas Mr. Money Moustache di Longmont, Colorado.

Sumber: pbs.org