Kamu mungkin binggung jika tiba-tiba ada dua jenis aplikasi yang sama terpasang pada hape, lalu kemudian dikasih saran untuk menggunakan applikasi hape yang versi lite saja.

Apa sih beda antara aplikasi versi Lite dan versi biasa pada hape atau komputer kita? Berikut penjelasan terkait lite dan normal apps:

  1. Ukuran file saat download dan instalasi, penggunaan baterai

Ukuran file versi normal lebih besar daripada aplikasi versi lite. Misalnya, ukuran versi normal facebook adalah sekitar 58-60 MB dan versi lite-nya hanya 2MB.

Karena ukuran versi lite sangat kecil, oleh karena itu, kecepatannya untuk mengunduh jauh lebih cepat dan lebih hemat kuota.

Untuk pemakaian battery, versi lite adalah aplikasi yang ringan sehingga  tidak banyak butuh listrik sehingga lebih hemat battery dibanding versi normal.

2. Tampilan antarmuka atau interface pengguna

Mulai dari ikon aplikasi, ikon kedua versi aplikasi yang sama ini ternyata sangat berbeda. Nama atau ikon resmi aplikasi nomal biasanya terlihat jelas dan mudah dikenali sedangkan versi lite,  ikon hanya tertera keterangan Lite dan terlihat lebih sederhana.

Tampilan interfacenya pun sederhana saja, tidak terlalu seheboh aplikasi normalnya. Aplikasi versi lite lebih terlihat clean dan sederhana,  tidak banyak ikon-ikon yang berat dan biasanya tanpa animasi-animasi rumit yang biasa terlihat pada aplikasi versi standar.

3. Penggunaan data

App versi lite dirancang sedemikian rupa sehingga dapat berjalan pada situasi di mana koneksi internetnya sangat buruk. Aplikasi lite ini dapat digunakan pada jaringan GSM 2G saja. Oleh karenanya aplikasi versi lite lebih mengkonsumsi kuota data.

4. Kecepatan Aplikasi

Versi lite tidak banyak terdapat item-item tampilan yang wah yang mesti diloading saat dijalankan maka dari itu proses loading dan proses kerjanya pun jauh lebih ringan dibanding aplikasi normal.

5. Auto refresh

Auto refresh itu penting karena membuat aplikasi terupdate terus secara otomatis, aplikasi  standar biasanya memiliki fitur sedangkan aplikasi versi lite tidak memiliki fitur auto refresh atau autoload.

6. Support Fitur-fitur keren

Fitur seperti emoji biasanya tidak di-support oleh aplikasi versi Lite, namun beberapa aplikasi lite seperti Facebook lite kita dapat membuat emoji dengan bantuan tanda baca dan karakter.