Lama mencari penjelasan tentang apa sebenarnya makna dari Cloud Computing akhirnya ketemu juga. Berbagai artikel membahas tentang cloud computing namun tidak banyak penjelasan yang cukup memuaskan tentang makna dan arti dari cloud computing.

Salah satu penjelasan terbaik dan banyak diterima oleh berbagai pihak adalah definisi yang dikeluarkan oleh badan standarisasi Amerika Serikat, US National Institute of Standards and Technology atau UNIST.

UNIST mendefinisikan Cloud Computing adalah sebuah model yang memungkinkan dan memberikan kenyamanan terhadap permintaan akses melalui jaringan komputer ke sumber daya komputasi yang di-share atau dibagikan dan dapat dikonfigurasi atau diatur (seperti Network, Server untuk penyimpanan, aplikasi dan layanan ), di mana ketersedian dan pemenuhan terhadap permintaan tersebut haruslah dilakukan secepat mungkin tanpa banyak melibatkan campur tangan dari suatu sistem manajemen atau penyedia jasa layanan.

Masih dari UNIST, model cloud computing juga menawarkan kemampuan atau kelebihan yang terdiri atas lima karakter penting, tiga model layanan dan empat sistem deployment.

Penggguna atau user dari cloud computing sendiri mensyaratkan beberapa kriteria terhadap model layanan cloud computing, berikut adalah 4 karakteristik yang harus dipenuhi penyedia jasa layanan cloud computing:

1. Ketersedian terhadap sumber daya computing harus bersifat mandiri, sehingga pemenuhan kebutuhan pelanggan dilakukan tanpa adanya interaksi manusia.

2. Pelayanan diberikan melalui jaringan atau network.

3. Dapat diakses oleh berbagai jenis perangkat, mulai dari komputer jenis PC, netbook, tablet komputer sampai smartphone.

4. Cepat dalam merespon kebutuhan terhadap sumber daya komputasi yang dibutuhkan. Tidak setiap proses harus menggunakan sumber daya yang ada secara keseluruhan tetapi disesuaikan dengan proses yang terjadi saat itu.

Kapan harus menggunakan banyak sumber daya, kapan harus menggunakan sedikit sumber daya, harus diputuskan dan dilakukan secara cepat.

Sumber daya komputasi adalah hal-hal yang terkait dengan sistem komputer baik secara fisik maupun virtual. Semua perangkat yang ada dalam atau terhubung dengan sistem komputer merupakan sumber daya atau resorces.

Contoh: CPU, File-file, Random access memory dan virtual memory, space hard disk, Network throughput, Electrical power, Input/output operations dan perangkat External.

Dari sisi penyedia jasa cloud computing, elemen terpenting adalah bagaimana mangatur pelayanan terhadap para konsumen. Penyedia jasa cloud computing menggunakan sistem model multi penyewa atau multi tenant model,dimana dalam sistem layanan cloud computing diberikan kepada pelanggan kapanpun mereka membutuhkan.

Salah satu faktor penting bagi penyedia layanan cloud adalah kemampuan untuk menentukan secara akurat jumlah pemakaian dari para pelanggannya dan secara akurat juga membuat tagihan atas pemakain tersebut.

Semoga berguna
Source: cloudpro.co.uk