Protocol Analizer adalah kombinasi antara hardware dan program yang dipakai untuk menangkap atau melihat atau melakukan monitor dan juga menganalisa packet yang lewat pada jaringan atau network komputer.

Salah satu cara untuk mengetahui jenis paket apa saja yang lewat pada jaringan komputer adalah dengan menggunakan Protocol Analyzer. Protocol Analyzer atau sering disebut juga dengan istilah snifer  biasanya berupa program atau software, program tersebut antara lain seperti Network monitor, Wireshark dan OmniPeek. 

Network monitor merupakan program buatan Microsoft memilki kemampuan untuk menangkap paket yang berasal dari dan menuju ke komputer di mana program ini dipasang.
Wireshark atau OmniPeek dapat menangkap setiap paket yang ada pada jaringan karena mereka mengatur NIC sedemikian rupa agar memproses semua paket terlihat oleh NIC.

Protocol Analizer  dapat juga digunakan untuk menentukan jenis paket lalu lintas yang ada di jaringan kita dan data yang bisa didapat tergantung pada kebutuhan mulai dari  berdasarkan nomor port, protokol, dan sebagainya. Penggunaan lain dari Protocol Analizer atau sniffer adalah untuk memeriksa lalu lintas data yang terjadi pada jaringan ketika terjadi masalah pada sistem, jadi dengan kata lain sistem Protocol Analizer bisa juga digunakanmembantu dalam pencarian sumber masalah dan pemecahan masalah.

Pemakaian yang tidak bertanggung jawab atas program Protocol Analizer bisa mengakibatkan kerugian dan dapat dikategorikan sebagai tindakan kejahatan.
Secara umum berikut ini adalah fungsi dan peran dari Protocol Analyzers;
1.    Menyediakan data statistik yang terperinci semua aktivitas yang sedang terjadi di network.
2.    Mengetahui tingkat kemampuan atau kinerja dari sebuah program  anti virus.
3.    Mendeteksi data yang tidak biasa atau aneh yang lewat di jaringan.
4.    Mengidentifikasi sumber dan tujuan paket.    
5.    Memberikan peringatan jika ada ancaman.
6.    Cari dan menemukan data dalam paket.    
7.    Memantau pemakaian bandwidth pada jaringan.

Pada bagian akhir saya sedikit memberikan pesan agar tidak sembarangan menggunakan program Protocol Analyzers karena pada beberapa jenis network, pemakaian program ini tidak diperbolehkan karena potensi atau godaan untuk penyalahgunaannya begitu besar, misalnya pada jaringan komputer dari Bank-bank dan dinas pemerintahan.  Biasanya jika diketahui menggunakan program tersebut kita bisa didenda atau diberikan sanksi. 

Sumber gambar

 Martin Deutsch