Wifi AP Router 2.4 GHz sudah banyak digunakan dan menyebabkan interferensi atau gangguan yang dapat mengurangi perfoma dari Wifi jenis ini.

Untuk mengatasi persoalan interferensi dan bandwidth yang kurang besar maka gunakan saja WiFi AP Router yang beroperasi pada frequency 5 GHz.Apa Kelebihan dan Keuntungan Jika menggunakan Wifi Router Frequency 5 GHz

Berikut adalah kelebihan dari Wifi AP router 5GHz dan keuntungannya bagi para pengguna WiFi tersebut.

1.    Wifi AP router 5GHz memberikan jaminan ril bandwidth yang lebih besar

Kecepatan transfer data saat Wifi AP router 5GHz lebih tinggi dibandingkan dengan Wifi AP router 2.4 GHz.

Penjelasan ilmiahnya adalah semakin besar frequency sebuah gelombang maka semakin banyak  maka semakin banyak jumlah sinyal atau gelombang yang dipancarkan tiap satuan waktu.

Dengan begitu semakin bayak juga sambungan atau koneksi atau pertukaran sinyal yang terbentuk sehingga semakin banyak data yang dapat ditransfer.

2.    Wifi AP router 5GHz memiliki kemampuan daya pancar yang tinggi

Wifi AP router 5GHz biasanya dibuat dengan standarisasi atau mengikuti aturan IEEE 802.11 a atau IEEE 802.11 ac, khusus untuk wifi AP router dengan standar IEEE 802.11 ac biasanya memiliki daya keluraan data rate mencapai lebih dari 1 Gbps atau 1 gigabit per detik.

Wifi 2.4 GHz rata-rata cuma sampai 300Mbps saja.

3.    Wifi AP router 5GHz bebas digunakan oleh siapa saja.

Wifi AP router 5GHz baru dibebaskan dari ijin pemakaian sekitar 3 atau 4 tahun lalu, sebelum masa itu jika menggunakan Wifi AP router 5GHz harus dengan iji dari pihak terkait terlebih dahulu.

Saya pernah melihat surat teguran yang dilayangkan oleh pihak berwenang kepada majamen kantor terkait pelanggaran atau tindakan illegal atas pemakaian Freq  5GHz.

Sekarang kita tidak perlu khawatir lagi, semua perijinan sudah tidak ada lagi.

Yang perlu dilakukan adalah cukup membeli Wifi AP router 5GHz, konfigur dan koneksikan dengan klie-nya.

4.     Aman dari Interferensi

Wifi AP router 5GHz sudah pasti aman dari interferensi karena jarang yang menggunakannya, dengan terbebas dari interferensi maka koneksi yang besih dari gangguan sinyal lain memungkinkan Wifi AP router 5GHz  dapat melayani para wifi kliennya secara maksimal.

5.    Harga yang sudah terjangkau

Wifi AP router 5GHz kini sudah bisa didapatkan dengan harga sekitar satu sampai dua juta rupiah , meski masih tergolong mahal dibanding dengan yang 2.4 GHz tapi  dari segi performa Wifi AP router 5GHz jauh lebih baik.

Semoga berguna