Seorang pengunjung norisanto.com bernama Hendry menanyakan pertanyaan sebagai berikut:

“  Saya ada pertanyaan , tolong dibantu :
Saya skrg memakai router dlink dir 655 3 antenna support wirelees bgn, dan apabila saya mengantikan salah satu dengan antena 22db (panjang 42cm) yg dipasaran tp tulisannya support wireles bg, apa signal yang kita trima lbh bagus karna jagkauannya atau kecepatannya menurun ga karna antennanya tertulis support bg saja ? beda dimana antenna router wireless bg dengan bgn ? Tolong pencerahannya , thnx ”

Berikut ini adalah penjelasan-penjelasan serta saran-saran  terkait  pertanyaan saudara Hendry ini;

1.    Wifi Router yang digunakan adalah Dlink Dir 655, cek spesifikasi!
Berdasarkan spesifikasi dari Wifi Router Dlink Dir 655, tertera bahwa Wifi router ini menggunakan single frequency yaitu 2.4 GHz.
Wifi Router Dlink Dir 655 menggunakan standar IEEE 802.11g dan IEEE 802.11n serta IEEE 802.3u, artinya bahwa wifi ini bekerja pada frequency 2.4 GHz dan mempunyai wireless data rate atau power  maksimum adalah sebesar 300Mbps.
Power atau data rate ini bukan bandwidth ril dari Wifi router melainkan daya pancar yang dikonversi ke satuan Mbps. Sebenarnya pada standar IEEE 802.11n wireless data rate maksimun adalah 500 Mbps tetapi pada Dlink DIR 655 dibatasi hanya 300 Mbps.

Baca: Apa makna di balik ieee 80211 abgnac

Wifi Router Dlink Dir 655 menggunakan 3 buah antenna external yang detachable atau bisa diganti dengan antenna lain. Namun tidak dijelaskan berapa kemampuan atau power dari masing-masing tiga antenna itu. Berdasarkan Access point sejenis biasanya power keluaran pada masing-masing antenna  adalah antara 3 sampai 5 dB.

Standar IEEE802.3u tidak ada kaitan dengan koneksi wifi tetapi merupakan standarisasi untuk koneksi kabel Ethernet. Pada IEEE 802.3u dinyatakan bahwa sebuah perangkat yang memiliki port Ehternet, mampu mengalirkan data sebesar 100 Mbps  atau 12.5 MBps dengan menggunakan koneksi kabel Fast Ethernet.

Berdasarkan spesifikasi teknis dari Wifi Router Dlink Dir 655 ini maka kita bisa simpulkan bahwa antenna yang digunakan pada Wifi ini menggunakan 3 buah antenna yang daya pancar maksimumnya hanya sebesar 3 sampai 5 dB saja namun bisa diganti dengan antenna lain yang memiliki power yang lebih besar. 

Daya pancar maksimun 5dB pada tiap-tiap antenna memiliki pengertian bahwa daya pancar total bukanlah 15dB. Karena 5 dB hanya dihasilkan oleh satu antenna dan tiap-tiap antenna memiliki posisi yang sejajar atau parelel pada wifi tersebut. Jadi ketiga power keluaran total dari wifi router tidak bisa ditotal dari ketiga antennanya.

Sebagai ilustrasi adalah jika kita memiliki tiga selang yang panjangnya sama dari tiga kran yang berbeda untuk menyemprot air  di mana airnya berasal dari satu sumber air yang sama. Dengan kekuatan pancar dari tiap selangnya adalah maksimal sejauh  5 meter yang dicapai pada saat 2 selang lainnya tidak sedang dipakai, maka kita tidak bisa menyatakan bahwa kemampuan total daya pancar air dari sumber air tersebut adalah 5 dikali 3 atau 15 meter, tetapi hanya 5 meter saja.

Begitu juga dengan power keluaran antenna, jika dinyatakan bahwa antenna mempunyai kekuatan 5 dB maka dengan sumber yang sama yaitu dari wifi route yang sama maka power keluarannya adalah power dari wifi ditambah dengan power penguat dari antenna yang 5 dB itu.

Jika Wifi router mempunyai kekuatan power internalnya adalah sebesar 9 dB maka ketika dilewatkan melalui antenna maka hasilnya adalah power internal wifi router  ditambah dengan power penguat dari antenna sebesar 5 dB sehingga total power keluaran adalah sebesar 14 dB, meskipun secara detail perhitungan teknisnya berbeda atau tidak persis seperti itu  karena ada parameter dan perhitungan matematis lainnya yang ditambahkan dalam perhitungan tersebut, akan  tapi kira-kira seperti itu gambaran umumnya.

2.    Soal antenna external 22 dB
Salah satu cara untuk menambah daya pancar wireless adalah dengan mengganti antenna dengan yang berdaya pancar lebih besar atau dengan menambahkan amplifier atau booster penguat RF. Saya pernah menggunakan amplifier sebesar 5 watt atau 5000miliwatt atau kurang lebih 37dB.

Semakin besar daya pancar maka semakin jauh jarak sinyal Radio frequency yang dapat dipancarkan oleh Wifi router. Yang jadi pertanyaan adalah apakah kecepatannya atau bandwidth rilnya akan meningkat jawabannya iya, tapi tidak melebihi kemampuan maksimum yang sudah diatur pada spek hardware yang ditetapkan oleh pembuatnya.
Kenapa bandwidth-nya bisa meningkat? Salah satu faktor yang menentukan kualitas bandwidth pada koneksi wifi adalah power transmit, semakin besar power transmit maka semakin bagus kualitas koneksi dan bandwidthnya.

Baca: 5 Faktor Penentu kuat lemah sinyal Wi-fi

Menjawab pertanyaan Hendry; pada antenna-nya  yang baru terdapat tulisan support bg, support bg berarti antenna ini mendukung untuk standar IEEE 802.11b dan IEEE 802.11g, jadi secara tidak langsung antenna ini hanya mendukung atau men-support Wifi yang beroperasi menggunakan frequency 2.4 GHz dan tidak mendukung wifi yang beroperasi di frequency 5 GHz. Jadi tidak masalah kalau antenna ini dipakai oleh Wifi Router Dlink DIR 655.

Selanjutnya adalah apakah antenna yang support bg saja berpengaruh pada performa router yang menggunakan standar IEEE 802.11bgn? Salah satu kelebihan dari wifi router yang menggunakan standar IEEE 802.11n adalah bisa beroperasi pada satu dan dua frequency  yaitu 2.4 GHz dan 5 GHz dalam satu hardware yang sama.

Kelebihan lainnya adalah fitur MiMo atau multiple-input and multiple-output.
MiMo adalah metode yang digunakan oleh perangkat wifi dan perangkat telekomunikasi lainnya untuk memaksimalkan kinerjanya dalam memancarkan dan menerima sinyal dengan memanfaatkan beberapa  antenna sekaligus untuk memancarkan dan menerima sinyal, dengan mimo transmit dan receive tidak terfokus pada satu antenna saja.

Berdasarkan kondisi ini maka menurut saya jika satu antenna saja yang diganti maka dampaknya  akan menjadikan performa Wifi router menjadi lebih baik. Menurut saya pengaturan metode mimo adalah urusannya wifi router bukan urusannya antenna.

Baca : Mengapa antena wifi begitu Penting

Antenna  hanya berfungsi sebagai alat untuk memancarkan dan menerima sinyal serta menguatkannya, semakin besar kemampuan antenna untuk memancarkan dan menguatkan sinyal maka semakin baik performa wifi router yang dipasangi antenna tersebut.

Antenna tidak mengenal bg atau bgn, standarisi IEEE 802.11bgn hanya mengatur perangkat Wifi bukan mengatur antenna, antenna hanya mengikuti dan menyesuaikan perangkat wifi yang terpasang. Jika perangkat wifi beroperasi menggunakan frequency 2.4 GHz maka antenna-nya pun harus yang sesui dengan frequencynya. Antenna yang beroperasi pada frequency 5 GHz tidak bisa dipakai oleh perangkat yang beroperasi pada frequency 2.4 GHz.

Sebagai kesimpulan adalah tidak menjadi masalah jika kita menggunakan antenna jenis bg meskipun perangkat wifi router support bgn. Pemilihan antenna harus berdasarkan pada frequency di mana wifi router beroperasi, freq 2.4 GHz atau 5 GHz. Pastikah antenna beroperasi pada frequency yang sama bukan pada standarisasi IEEE802.11 bgn.

Saran saya adalah untuk memaksimalkan fitur Mimo pada perangkat wifi router Dlink DIR 655 maka sebaiknya ketiga antenna-nya diganti saja dengan yang 22dB biar lebih bagus performa fitur mimo-nya.

Baca juga yang berikut ini terkait wifi:
Bagus mana wifi-24.GHz dengan 5 GHz
Berapa jauh daya jangkau sinyal wi-fi
Bagaimanacara memilih wireless nic