Sebuah jaringan komputer terdiri atas banyak macam perangkat, perangkat-perangkat tersebut memiliki peran dan fungsi yang berbeda-beda satu dengan lainnya. Mengenali dan memahami perangkat komputer serta istilah penamaan yang ada di dunia networking akan memberikan kemudahan bagi kita dalam mempelajari tentang networking. 

1.       Workstation

Istilah workstation ditujukan kepada komputer yang sangat powerful yang bekerja menggunakan lebih dari satu core processor, workstation menyediakan sumber daya agar bisa dipakai secara bersama-sama oleh oleh pengguna atau komputer lainnya yang tergabung dalam jaringan tersebut. 

2.       Server

Server merupakan komputer yang sangat powerfull  yang bertugas untuk memberikan layanan kepada komputer-komputer klien. Layanan yang diberikan bisa bermacam-macam mulai dari layanan cetak, email, web server dan sampai layanan lainnya yang tidak bisa disediakan oleh komputer klien.

Jenis-jenis server adalah sebagai berikut :
a.       File server berfungsi untuk menyimpan dan  membagi-bagikan file
b.      Mail server berfungsi untuk mengurusi  pengiriman email
c.       Print server berfungsi untuk mengatur proses cetak secara jaringan

d.      Web server berfunsi untuk mengatur aktivitas yang terkait atau berbasis web
e.      Server aplikasi berfungsi untuk mengatur aplikasi agar bisa diakses oleh klien
f.        Server Telephony berfungsi untuk menangani call center dan call routing dalam sistem voice data.
g.       Remote access server berfungsi untuk mengakses sebuah komputer secara network dalam jarak yang jauh.

3.       Komputer klien

Komputer klien adalah perangkat-perangkat komputer yang ada di network yang selalu mengambil sumber daya dari server atau dari workstation. Komputer klien bisa berupa PC, Smartphone dan tablet atau perangkat komputer lainnya yang terhubung pada network.

4.       Host

Istilah host ditujukan kepada perangkat jaringan di mana termasuk di dalamnya adalah Workstation dan server. Namun jika diteliti lebih jauh host merupakan perangkat jaringan yang mampu memproses data yang lewat pada jaringan dengan menggunakan protocol TCP/IP atau layer 4 OSI layer.

Dengan kata lain perangkat tersebut haruslah memiliki network interface dan didukung oleh Network operating system sehingga memungkinkan untuk bisa disetting IP address.

Melihat definisi di atas lantas menimbulkan pertanyaan-pertanyaan seperti berikut ini;

a.    Apa beda antara Wortstation, host dan komputer klien?

Workstation adalah perangkat atau komponen jaringan yang berupa komputer yang memiliki kemampuan di atas rata-rata dari komputer biasa yang dipakai sebagai komputer klien. 
Workstation bisa dijadikan sebagai komputer klien tapi sangat berlebihan dan merupakan sebuah pemborosan.

Komputer klien merupakan komputer yang dipakai oleh end user atau pengguna terakhir dalam sebuah jaringan komputer. Komputer klien dirancang dengan kemampuan yang kualitasnya lebih rendah dari workstation canggih.

Komputer klien juga memiliki keterbatasan dari segi sumber daya sehingga untuk memenuhi kebutuhan akan sumber daya tersebut komputer klien harus mengambilnya dari workstation atau server.Semua Workstation dan komputer klien merupakan atau dikategorikan sebagai host.

b.    Apa beda antara komputer server dan klien, kaitannya dengan host ?

Server adalah workstation yang dilengkapi dengan kemamuan dan sumber daya yang lebih dan bertugas untuk melayani kebutuhan komputer klien akan permintaan sumber daya.
Server dan komputer klien sama-sama merupakan host karena bisa diseting IP address dan mendukung transmisi data dengan protocol TCP/IP.

Salam, semoga berguna