Selama ini kita hanya mengenal Bluetooth sebagai penyambung tanpa kabel antara handphone dengan headset. Berikut ini adalah beberapa koneksi Bluetooth yang bisa dimanfaatkan untuk menghubungkan antar perangkat komputer tanpa menggunakan kabel data.

Untuk Mengirim File antara perangkat komputer dan Perangkat Mobile secara wireless

Komputer dan perangkat mobile harus dilengkapi dengan kemampuan untuk terkoneksi secara Bluetooth agar bisa terkoneksi dan saling bertukar atau berkirim file. 

Proses transfer antar perangkat dengan menggunakan Bluetooth sangat sederhana dan mudah:
a.    Aktifkan koneksi Bluetooth
b.    Scan dan Cek perangkat dan komputer apa saja yang ada di jaringan Bluetooth
c.    Pilih file yang akan dikirim
d.    Pilih perangkat yang hendak dikoneksikan
e.    Lakukan sambungan
f.    Selesai

Berbagi koneksi internet atau Tethering dengan Bluetooth 

Tethering adalah membagi koneksi internet kepada perangkat lain, di mana perangkat yang melakukan Tethering harus memiliki akses dan terkoneksi ke internet.

Perangkat yang melakukan Tethering bertindak sebagai pusat koneksi, perangkat lain harus terkoneksi dahulu dengan perangkat tersebut agar bisa tersambung ke internet.

Tethering biasanya  lebih sering dilakukan dengan menggunakan koneksi wifi namun dengan menggunakan Bluetooth pun kita bisa melakukan Tethering.

Salah satu kelebihan Tethering dengan Bluetooth dibanding dengan Wifi adalah Tethering Bluetooth menggunakan energy yang lebih sedikit dibanding Wifi sehingga  lebih hemat battery smartphone atau tablet.

Menghubungkan perangkat peripheral dengan komputer secara wireless atau tanpa kabel.
Fungsi dan peran Bluetooth ini merupakan fungsi yang paling sering kita jumpai, biasanya koneksi yang dilakukan antara perangkat smarphone, tablet dan komputer dengan perangkat peripheral jaraknya sangat berdekatan.

Perangkat peripheral yang biasanya menggunakan Bluetooth untuk terkoneksi ke komputer atau perangkat mobile adalah:

a.    Headset
Headset adalah perangkat yang selalu identik dengan Bluetooth. Pada headset, Bluetooth membuat kita bicara tanpa harus menempelkan perangkat smarphone atau table phone ke telinga.  Pemilihan Bluetooth adalah karena lebih hemat battery dibanding koneksi wifi.    

b.    Perangkat Audio lainnya
Headset bukan satu-satunya perangkat audio menggunakan Bluetooth. Perangkat Headphone bahkan speaker pun  ada yang sudah tersedia dengan koneksi tanpa kabel dan menggunakan buetooth sebagai media koneksi.

c.    Mouse dan keyboard
Mouse dan keyboard sudah lama dikenal menggunakan Bluetooth agar koneksi dengan komputer lebih fleksibel dan tidak terganggu oleh kabel.

d.    Gamepad
 Gamepads merupakan peralatan yang digunakan sebagai interface antara pengguna permainan komputer agar lebih mempermudah dalam permainan game.
Gamepad yang ideal harusnya tidak menggunakan kabel karena mengurangi gerak dan fleksibilitas pemakainnya.

Salah satu solusi untuk meningkatkan fleksibilitas pengguna gamepad adalah dengan menggunakan Bluetooth sebagai media penyabung ke komputer tanpa menggunakan kabel. 

e.    Printer
Selain koneksi dengan kabel atau wifi printer juga biasanya menggunakan koneksi Bluetooth.

Pemilihan Bluetooth sebagai koneksi wireless adalah kecepatannya cukup tinggi, mencapai 24 Mbps. Selain itu Bluetooth terkenal hemat energy sehingga tidak boros battery.