Sebagian besar orang menghabiskan jam istirahat kantor dengan berlama-lama di kantin sampai telat untuk masuk bekerja kembali. Selain tidak etis, waktu kerja kita pun jadi banyak yang terbuang jika sampai terlambat tiba di ruang kantor.apa-saja-yang-harus-anda-lakukan-saat-jam-istrirahat-kantor

Banyak pekerjaan kantor yang jadi tertunda untuk diselesaikan dan kitapun harus menghabiskan waktu lebih lama untuk menyelesaikan tugas yang diberikan alias lembur tanpa dibayar karena kesalahan kita dalam mengatur dan memanfaatkan waktu kerja yang sudah ditentukan.

Melihat dari pengalaman sendiri, banyak kegiatan bermanfaat yang dapat kita lakukan selama jam istirahat selain makan siang, antara lain:

1. Tidur

Tidur siang di kantor tidak masalah dilakukan saat bekerja di kantor. Menurut pengamatan saya, atasan atau para manager biasa membiarkan staf mereka untuk tidur dan beristirahat sejenak selama jam istirahat.

Tidur nyenyak selama kurang lebih setengah jam cukup membuat badan terasa segar kembali. Saya lihat di kantor-kantor banyak karyawan yang membawa bantal untuk persiapan tidur di kantor.

Mereka tanpa malu atau ragu-ragu langsung mengambil bantal dari loker atau laci meja ketika tepat jam kantor mulai.

2. Nonton Video Pendek

Waktu istirahat itu biasanya singkat, jangan nonton film yang berdurasi panjang, kalau bisa siapkan video pendek yang lucu-lucu untuk membuat pikiran kembali rileks.

Kalau nonton film panjang versi bioskop bisa membuat anda terbawa perasaan dan lupa waktu untuk bekerja kembali.

3. Nelpon keluarga, teman atau pacar

Kalau anda sudah berkeluarga maka segeralah untuk menelpon istri atau suami dan anak untuk menanyakan khabar mereka. Waktu istirahat adalah saat yang paling tepat untuk melakukan telpon karena di waktu tersebut kita dapat mengobrol dengan santai tanpa merasa bersalah atau tidak etis.

4. Baca berita terbaru

Membaca berita sebaiknya tidak dilakukan di saat jam kerja, karena selain tidak etis, membaca berita dapat menyita banyak waktu anda.

Apalagi berita yang sedang hot, seperti berita pilkada, kasus korupsi atau berita hasil pertandingan sepak bola.

5. Segeralah ke toilet

Saat bekerja kita sering menahan-nahan untuk buang air, tindakan ini bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan. Naaah, waktu istirahat adalah saat yang tepat untuk segara ke toilet.

Ketika jam kerja sudah mulai kita akan terbebas dari panggilan alam tubuh kita. Janganlah membiasakan diri mengabaikan panggilan alam tubuh kita yang berdampak kurang baik bagi kesehatan kita.

6. Mengobrol atau berdiskusi tentang hal-hal lain di luar urusan kantor dengan sesama rekan kantor

Jam istirahat adalah waktu yang paling tepat untuk berdiskusi dengan rekan kantor untuk urasan yang tidak ada sangkut pautnya dengan kantor. Misalnya anda dan rekan memiliki bisnis sampingan, nah sebaiknya diskusinya waktu istirahat saja, karena tidak enak kalau dilakukan saat jam kerja.

Selain urusan bisnis sampingan kita juga dapat berdiskusi tentang banyak hal, mulai dari diskusi masalah politik, masalah anak, masalah investasi dan berbagi pengalaman yang berguna dengan sesama rekan kantor.

7. Mengerjakan hal lain di luar tugas kantor

Memang tidak etis kalau fasilitas kantor kita gunakan untuk mengerjakan hal lain yang tidak berhubungan, tapi jika cuma sekali-sekali saja, rasanya tidak masalah, apalagi dilakukan di waktu istirahat.
Misalnya membuat tugas sekolah anak, mengedit dan merevisi skripsi saudara atau membuat artikel.

8. Mengerjakan tugas kantor agar cepat selesai

Biasanya orang memanfaatkan waktu istirahat kantor untuk bekerja tujuannya adalah agar dapat menyelesaikan pekerjaan lebih cepat sehingga dia bisa ijin pulang lebih cepat untuk urusan pribadi yang penting, seperti mengantar istri ke dokter.

Jadi kalau anda berminat untuk ijin pulang lebih cepat maka manfaatkan waktu istirahat untuk menyelesaikan pekerjaan dan tugas yang diberikan.

9. Main Game

Main game adalah kegiatan yang cukup bisa membuat pikiran jadi rileks kembali, tapi juga bisa membuat orang lupa waktu.

Kira-kira itulah 9 hal yang dapat kita lakukan di saat jam istirahat kantor, yang patut diperhatikan adalah jangan sampai kita kebabalasan, lupa waktu untuk kembali berkerja.