Beda SDCards vs mini SD vs Micro SD

Daya tampung data yang besar dan kecepatan transfer yang tinggi merupakan dua faktor utama yang menentukan kualitas dari sebuah Micro SD. Jika anda sudah miliki micro SD dengan kriteria seperti itu maka banyak manfaat yang bisa anda dapatkan.

Bagi saya punya Micro SD dengan kualitas tinggi bukan sekedar gaya-gayaan saja tapi harus dimaksimalkan pemakaiannya.

Pakai Micro SD Card Berkualitas3

Berikut adalah apa saja yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan pemakaian memory card pada handphone pintar anda.

  1. Gunakan untuk menyimpan atau sebagai direktori Aplikasi

Semakin banyak aplikasi atau program yang terpasang di smartphone atau tablet maka semakin banyak ruang kosong pada memory internal yang terpakai untuk menyimpan data hasil instalasi. Semakin banyak aplikasi terinstal semakin sedikit ruang kosong yang tersisa.

Setelah sebuah program atau aplikasi terinstall maka pastinya ada data log yang akan tersimpan ke directory internal memory dari handphone atau tablet. File-file log tersebut tersebut akan semakin bertambah seiring dengan rutinnya pemakaian.

Untuk mengatasi masalah keterbatasan memori internal maka gunakan micro SD card sebagai memory external untuk menyimpan data aplikasi yang terinstall tersebut.

  1. Gunakan sebagai directory atau folder kamera

Gambar dan video hasil jepretan kamera handphone atau tablet ukurannya cukup besar, untuk gambar saja kurang lebih 3 MB, jika kita cukup sering atau aktif berfotografi dengan handphone maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah menyiapkan media penyimpannya.

Langkah berikutnya adalah mengatur agar hasil jepretan kamera langsung tersimpan ke sebuah folder yang dalam Memory external.

Jika satu gambar hasil sekali jepret adalah 3 MB maka 100 gambar sudah 300 MB, bagi saya yang punya handphone dengan kamera 13 megapiksel, dalam sehari saya bisa menghasilkan lebih dari 20 foto, dan sering kehabisan tempat untuk menyimpan foto-foto itu.

Saya sendiri berencana untuk membeli Micro SD berkapasitas 64 GB dengan kecepatan di atas 10 MBps atau Class 10 karena momory external yang 16 GB terasa sudah mulai penuh dan harus sering-sering memindahkan ke PC jika tidak mau kepenuhan.

  1. Gunakan untuk menyimpan data Multi media

Jika anda ingin menggunakan Micro SD sebagai media penyimpan film sehingga bisa anda tonton lewat smartphone table maka pilihlah yang Class 10 atau yang berkecepatas di atas 10MBps, jika tidak maka anda akan mengalami kejadian seperti:

  • Tampilan gambar video saat dijalankan menjadi lambat
  • Preview foto yang ada dalam Micro SD menjadi tidak bisa ditampilkan secara keseluruhan.

    4.  Gunakan sebagai media untuk menyimpan data hasil backup sistem

Membackup sistem operasi atau direktori penting dari aplikasi utama yang kita pakai di smartphone tablet adalah wajib hukumnya, untuk itu kita perlu media penyimpan yang besar dan cepat. Nah itulah salah satu keuntungannya jika anda menggunakan micro SD berkualitas.

Dengan memaksimalkan pemakaian dari Micro SD maka manfaat yang bisa didapat adalah:

  • Menghilangkan atau mengurangi masalah hang atau freze pada gadget
  • Proses akses yang lambat maka data tidak tersimpan secara sempurna. Dengan SD card berkualitas, tidak ada lagi kehilangan data karena proses penyimpanan yang lambat, penyimpanan, pembacaan dan penulisan menjadi cepat karena kecepatan akses ke SD card sangat tinggi.

Dengan menggunakan micro SD berkualitas yang berkecepatan tinggi dan berkapasitas besar maka pengalaman buruk yang selama ini anda alami dengan handphone atau tablet anda, tidak lagi terjadi atau setidaknya berkurang.