Saat mati lampu ada banyak peralatan listrik penting tidak berfungsi mulai dari lampu sampai pompa air listrik.

Mati listrik itu tidak pernah atau jarang sekali ada pemberitahuan terlebih dahulu, kajadian mati lampu biasanya terjadi secara tiba-tiba.Apa Yang Harus Dilakukan Saat Mati listrik Di Rumah

Apa yang mesti kita lakukan dalam menghadapi situasi mati lampu.

Pada saat terjadi mati listrik :

1.    Jika terjadi pada malam hari dan membuat keadaan jadi gelap gulita maka segera ambil hape smartphone atau tablet, buka aplikasi yang latar belakangnya berwarna putih atau cerah.

Atur agar waktu standby layar (agar tidak terjadi lock screen atau screen saver) jadi lebih lama kurang lebih 30 menit sehingga cahaya dari smartphone dapat membantu menerangi ruangan untuk sementara.

Jika cahaya dari hape kita cukup terang maka atur waktu standby layar menjadi lebih lama bila perlu biarkan saja stanby terus.

2.    Cari penerangan darurat

Gunakan lampu LED dari beberapa peralatan rumah tangga seperti raket nyamuk, cahaya LED dari raket nyamuk cukup terang dan dapat bertahan sangat lama.

Jika ada raket perangkap nyamuk yang sudah rusak maka jangan dibuang, lampu LED dari raket bisa dipakai untuk penerangan pada saat mati lampu.

Jika tidak raket nyamuk maka cahaya dari hape atau tablet bisa kita jadikan penerangan juga.

Meski tidak aman tapi lilin masih dapat kita andalkan jika terjadi mati lampu, namun pastikan menaruh lilin pada tempat dan tatakan yang amam agar tidak mudah terjatuh dan terguling.

3.    Jangan sering-sering membuka pintu kamar yang sudah dingin karena AC.

Agar ruangan kamar yang sudah dingin oleh AC suhunya bisa tahan lama maka jangan sering membuka pintu kamar agar udara dari luar tidak masuk ke kamar dan membuat suhu di dalam ruangan ber AC menjadi meningkat.

Ruangan kamar yang dingin akan cepat menjadi panas jika udara dari luar ruangan yang lebih panas masuk ke dalam ruangan kamar yang dingin.

4.    Pastikan pintu pagar dan keamanan rumah dalam kendali kita

Saya pernah ketiduran sampai tengah malam karena  menunggu listrik nyala kembali dan kondisi pintu utama rumah dalam keadaan setengah terbuka.

Beruntunglah tidak terjadi apa-apa dan  saat listrik menyala kembali ditengah malam, saya terjaga dan kemudian segera menutup dan mengunci pintu rumah.

5.    Jika anda menggunakan PDAM sebagai sumber air anda maka sebaiknya segera mengisi semua penampungan air.

Saat mati lampu biasanya aliran air dari PDAM masih berfungsi tapi jika mati listrik menyebar secara luas dan mengakibatkan masalah pada distribusi air bersih PDAM maka kita sudah punya cadangan air sampai esok hari.

Jika kita menggunakan air tanah sebagai sumber air maka bersiap-siaplah kekurangan air, hematlah memakai air yang ada, karena satu-satunya alat untuk mengangkut air dari dalam tanah ke ember tidak berfungsi.

6.    Siapkan kipas tangan atau kertas karton tebal

Saat mati listrik biasanya udara dalam ruangan terasa gerah, siapkan kipas untuk mengatasi udara gerah secara manual.

7.    Cek informasi terkait mati listrik

Cek hape anda, periksa pesan WA group tetangga, siapa tahu ada informasi tentang penyebab listrik padam sehingga kita bisa mengira-ngira kapan listrik hidup kembali.

Setelah listrik hidup kembali

Setelah listrik hidup kembali maka yang perlu kita lakukan adalah :

1.    Cek dan pastikan semua penerangan darurat sudah dipadamkan.

Penerangan darurat yang dimaksud adalah lilin dan juga lampu LED, dengan memadamkan lilin dan lampu LED darurat maka kita terhindar dari bahaya kebakaran dan juga hemat energy karena tidak perlu mengecas.

2.    Cek makanan di kulkas

Cek kondisi makanan di kulkas, siapa tahu ada makanan yang sudah basi dan berbau karena kondisi kulkas yang tidak dingin akibat mati listrik terlalu lama.

3.    Segeralah mengisi penampungan air sampai penuh

Setelah pompa air kembali berfungsi maka segeralah mengisi penuh penampungan air bersih di rumah untuk berjaga-jaga kalau tiba-tiba terjadi mati listrik susulan.
Semoga berguna.