Apa yang mesti kita siapkan jika diterima jadi seorang tenaga IT support di sebuah perusahaan atau kantor. Tidak banyak peralatan kerja seperti perkakas yang mesti kita siapkan namun yang mesti kita persiapkan adalah pengetahuan dan skil berupa teknik dan trik khusus dalam menyelesaikan tugas atau dalam mengatasi masalah.

Apa Yang Harus Persiapan Saat Pertama Bekerja Sebagai IT SupportSecara job description atau job desc, tugas seorang IT support memang untuk mendukung dan memperbaiki segala persoalan yang menyangkut hal teknis dalam dunia IT, akan tetapi dalam prakteknya ada beberapa tambahan kerjaan yang tidak ada hubungannya dengan IT, seperti masalah listrik dan telpon yang mesti didukung juga.

Sebagai seorang IT support pemula yang mesti dipersiapkan adalah sebagai berikut:

  1. Mengenal dan memahami fungsi dan prinsip kerja komponen-komponen sebuah komputer.

Bagian komputer yang dimaksud adalah software dan hardware. Sebagai pemula memang kita tidak terlalu dituntut untuk benar-benar menguasainya tapi setidaknya kita tahu cara kerjanya dan harus sedikit lebih pandai dari user pengguna yang kita support tersebut.

 

  1. Mengenal dan memahami cara kerja dari sistem operasi

Sistem operasi yang populer seperti windows bukan barang baru bagi kita, namun yang terpenting adalah bagaimana mengatur beberapa pengaturan yang berhubungan langsung dengan pengguna. Contohnya bagaimana mengkonfigur IP address, instalasi driver dan sebagainya.

 

  1. Memahami koneksi antara komputer dengan hardware external yang biasa dipakai untuk menunjang kinerja pengguna komputer.

Hardware-hardware yang biasa terpasang secara eksternal pada komputer biasanya sering mengalami masalah dan kita diminta untuk menggantinya atau mengecek masalah yang ada. Hardware-hardware tersebut antara lain adalah printer dan scanner. Nah agar hardware tersebut bisa berfungsi dengan baik maka harus dilakukan instalasi driver dan pengaturan secara software.

 

  1. Memahami prinsip jaringan komputer

Jaringan komputer sangat penting mengingat saat ini hampir tidak ada komputer yang dipakai di kantor-kantor tanpa terkoneksi ke jaringan.

Konsep jaringan yang mesti diketahui adalah:

  1. Konsep dasar IP address.
  2. Memahami bagaimana dua komputer bisa saling berkomunikasi
  3. Setting dan konfigur IP address di komputer.
  4. Mengecek koneksi antar komputer.
  5. Pengkabelan dan koneksi kabel
  6. Koneksi tanpa kabel
  7. Peralatan jaringan

 

  1. Mengetahui, memahami cara kerja dari sebuah program software yang biasa digunakan oleh user pengguna.

Ada dua jenis program komputer yang digunakan antara lain:

  1. Program yang hanya bekerja pada sebuah komputer saja tanpa butuh koneksi ke jaringan. Contohnya Microsoft office.
  2. Program yang bekerja dengan harus terkoneksi ke sebuah server melalui jaringan komputer. Contohnya program email dan program-program jenis client/ server lainnya. Server atau komputer lain dibutuhkan oleh program yang jalan di sisi klien tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan dari penggunanya untuk menyimpan dan mengambil data. Data-data tersebut kemudian bisa dipakai atau digunakan oleh pengguna lainnya.

 

  1. Memahami system pemanfaatan sumber daya secara bersama-sama dalam sebuah jaringankomputer yang sama.

Biasanya untuk menghemat sumber daya atau peralatan maka dilakukan pengaturan agar semua komputer dalam jaringan yang sama bisa menggunakan sebuah peralatan secara bersama-sama. Contoh pengaturan itu adalah printer sharing dan file sharing.

 

  1. Memahami tentang masalah keamanan

Masalah keamanan yang paling sering dialami para pengguna komputer adalah masalah virus. Nah sebagai tenaga pendukung kita harus bisa mencegah dan mengatasi gangguan yang disebabkan oleh virus.

 

  1. Backup dan restore

Yang paling terakhir dan sangat penting adalah memahami dan bisa melakukan backup atau menyediakan semacam data cadangan terhadap sistem yang berjalan pada komputer pengguna. Hal ini penting karena jika suatu saat komputer user mengalami masalah maka data yang ada tidak sampai hilang dan bisa di-restore atau dikembalikan lagi.

Biasanya setiap kantor menerapkan sistem backup tersendiri dan sebagai pemula kita tinggal menggunakannya untuk kebutuhan support. Namun yang terpenting adalah kita harus mengetahui prinsip kerja dari sistem backup/restore tersebut, apa saja yang mesti di-backup dan bagaimana proses restore-nya.

Untuk urusan backup restore saya rasa, untuk pemula tidak terlalu dituntut untuk langsung menguasai, namun tidak ada salahnya kita mempersiapkan diri terlebih dahulu agar jika terjadi masalah kita tidak perlu panik dan siap untuk mengatasinya.

 

  1. Faktor non teknis

Faktor non teknis yang saya maksud di sini adalah faktor kebiasaan atau prilaku dari user atau pengguna. Tiap-tiap user selalu berbeda-beda kebiasaannya dalam menggunakan komputer, ada yang baik dan peduli terhadap masalah keamanan, ada yang masa bodoh, ada yang selalu mempermasalahkan hal-hal kecil yang tidak penting, ada yang suka iseng, ada yang sok tahu, segala macam. Sebagai IT support kita dituntut untuk sabar dan mampu menguasai para user.

 

  1. Mengerti tentang ilmu listrik

Listrik adalah sumber tenaga utama komputer, jadi sedikit pemahaman tentang ilmu kelistrikan akan memberikan nilai tambah bagi kita. Beberapa hal seperti grounding listrik yang tidak bagus akan membuat komponen komputer menjadi cepat rusak. Tanpa pemahaman tentang ilmu listrik kita akan kesulitan mengatasi masalah pada komputer yang disebabkan oleh buruknya infrastruktur listrik yang jadi sumber tenaga komputer.

Memang masih banyak pengetahuan dan keahlian yang dibutukan untuk menjadi seorang IT support handal. Bagi seorang pemula, hal-hal yang sudah saya terangkan di atas cukup bisa membekali anda menjalankan tugas sehari-hari. Dan dengan semakin bertambahnya pengalaman yang didapat hari demi hari saya yakin anda pasti akan sukses sebagai IT support yang handal dan penuh kontribusi.

Teruslah perdalam pengetahuan anda dengan banyak membaca buku-buku tentang komputer dan jangan lupa untuk belajar dari pengalaman para senior di kantor.