Salah satu penyebab kita merasa jenuh dengan komputer atau perangkat mobile kita adalah karena bunyi yang dihasilkan dari sound system perangkat-perangkat tersebut terdengar biasa-biasa saja dan terasa sangat membosankan.

Saran saya, untuk membangkitkan kembali gairah kita terhadap perangkat gadget kita adalah dengan meningkatkan atau mengupgrade kualitas bunyi atau audio yang keluar dari perangkat tersebut.

Tentunya kita tidak bisa mengganti perangkat audio yang terpasang secara internal pada gadget kita, satu-satunya cara adalah dengan menggunakan perangkat audio eksternal yang kemudian terhubung ke perangkat komputer atau pun perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.

Perangkat audio eksternal tersebut berupa speaker aktif yang dapat tersambung ke gadget kita.

Adapun hal-hal yang harus dipertimbangkan saat akan membeli speaker untuk komputer atau hape adalah sebagai berikut:

1. Jenis speaker 2.0, 2.1, 5.1 dan 7.1

Speaker 2.0 adalah speaker sistem yang terdiri atas dua speaker saja.

Speaker 2.1 adalah speaker system yang terdiri atas 2 speaker dan satu subwoofer penghasil suara frequency rendah atau Bass.

Speaker 5.1 adalah speaker system yang terdiri atas 5 speaker dan 1 subwoofer penghasil suara frequency rendah atau Bass.

Speaker 7.1 adalah speaker system yang terdiri atas 7 speaker dan 1 subwoofer penghasil suara frequency rendah atau Bass.

Untuk penggunaan pada komputer dan perangkat mobile sebaiknya cukup memakai speaker 2.0 dan 2.1 saja.

2. Perhatikan jack atau konektor kabel yang tersedia pada Speaker tersebut

Pada speaker aktif terdapat beberapa jack atau konektor, tapi pada beberapa type speaker hanya tersedia satu kabel konektor yaitu jack 3.5mm. Sebaiknya anda memilih speaker yang lengkap konektor jacknya termasuk untuk yang ke headphone.

3. Tombol control

Speaker aktif atau speaker komputer yang bagus itu adalah yang tersedia 3 jenis tombol pengatur, yaitu pengatur Bass, pengatur volume, dan pengatur Treble.

Tidak semua speaker tersedia dengan tiga tombol pengatur, speaker-speaker dengan harga murah sampai harga sedang biasanya hanya tersedia dengan satu tombol pengaturan saja.

Keberadaan tombol pengaturan bass dan treble cukup penting karena setiap sumber audio yang keluar memiliki pengaturan yang berbeda-beda, sehingga tidak bisa diperlakukan sama, untuk itu harus diatur tingkat bass dan treble dari setiap suara atau bunyi yang keluar agar menghasilkan bunyi yang pas saat didengar.

4. Power atau daya

Daya speaker merupakan tingkat kemampuan speaker dalam menghasilkan bunyi. Semakin besar dayanya maka semakin kuat bunyi yang dihasilkan.

Jika kita akan membeli speaker maka biasanya pada spesifikasi tertera nilai dari daya total keseluruhan dan juga rincian daya dari masing-masing speaker.

Saya jarang mengikuti perkembangan speaker 5.1 dan 7.1 karena tidak ada kebutuhan untuk itu, lebih banyak mengikuti perkembangan speaker 2.1. Rata-rata speaker 2.1 memiliki total daya sebesar 28 sampai 60 RMS.

Semakin besar daya keluaran speaker maka semakin mahal harga speaker.

5. Dimensi atau ukuran bentuk speaker

Memilih speaker untuk ditempatkan dalam sebuah ruangan harus mempertimbangkan ukuran dimensi. Jika ruangan atau meja tidak terlalu besar untuk ditempatkan speaker maka sebaiknya kita mempertimbangkan untuk membeli speaker berukuran yang lebih kecil.

6. Kualitas bunyi yang dihasilkan

Jika kita tidak bisa mengetes speaker yang mau kita beli maka satu-satunya jalan adalah dengan mencari tahu review atau testimony orang yang sudah pernah membeli.

Ini penting agar tidak tidak menyesal setelah terlanjur membeli.