Sewaktu pertama kali memiliki pisau lipat Victorinox kecil yang legendaris, terlintas dalam pikiran suatu saat akan mewariskannya kepada si kecil; namun kemudian saya menarik kembali niat itu karena pisau lipat produksi Victorinox sangat tajam dan berbahaya jika tidak hati-hati; Anak-anak sebaiknya tidak memilikinya.

Ketika si kecil berusia 6 tahun, saya coba meminjamkan pisau lipat kepadanya untuk menggunting kertas; dia begitu tertarik dan terpesona oleh tajamnya gunting dan pisau, namun saya tetap belum berani menjadikan pisau itu sebagai miliknya.Apakah Anak-anak Boleh Memiliki Pisau Lipat

Saat itu ketika melihat dari gesture dan gerak-geriknya sewaktu memegang dan menggunakan pisau lipat rasanya dia belum siap untuk punya pisau lipat.

Setelah mencari ke sana ke mari informasi tentang apakah anak-anak boleh memiliki dan menggunakan pisau maka saya akhirnya mulai paham apa saja pertimbangan dan hal-hal penting lainnya yang mesti diketahui untuk memberikan pisau lipat kepada anak sebagai milik mereka.

Dalam tulisan ini saya akan mencoba untuk membagikan apa saja yang mesti kita ketahui tentang syarat dan pertimbangan apa saja untuk memberikan pisau lipat atau pisau satu model lainnya kepada anak-anak.

1.    Alasan memberikan pisau lipat kepada anak

Pisau lipat tidak seperti smartphone atau tablet yang tidak bisa diwariskan kepada anak, pisau lipat yang kita berikan kepada anak merupakan pemberian abadi yang akan tetap mereka simpan dan tetap akan mereka gunakan sampai kapanpun.

Kalau smartphone atau komputer akan habis masa kadaluarsanya dan mesti diganti atau diupgrade dengan keluaran terbaru, tapi tidak dengan pisau lipat, sampai kapanpun kita butuh pisau, gunting, obeng dan peralatannya lainnya.

a.    Alat untuk menunjang kreasi anak

Smartphone dan tablet hanya akan membuat anak-anak diam terpaku dan tidak banyak bergerak, memberikan pisau lipat membuat mereka berpikir untuk melakukan sesuatu kegiatan fisik secara langsung dengan pisau dan gunting atau peralatan lainnya.
Banyak aktivitas dalam dan luar ruangan yang dapat anak-anak kerjakan dengan peralatan pisau lipat.

b.    Melatih tanggung jawab

Pisau lipat tidak murah harganya dan berbahaya jika tidak hati-hati menggunakanya, dengan memberikan tanggung tawab berupa sebuah pisau lipat maka kita turut melatih mereka untuk berhati-hati dalam menggunakan sebuah peralatan.

c.    Pisau lipat membantu anak mengembangkan keterampilan fisik

Keterampilan atau kemampuan fisik hanya dapat dikembangkan dengan kegiatan yang melibatkan fisik, seperti tangan kaki dan dilakukan secara nyata, bukan hanya berdiam diri di depan hape atau tablet.

Dengan pisau lipat maka anak-anak akan terpacu untuk melakukan banyak kegiatan yang langsung melibatkan mereka secara fisik.

2.    Berapa usia anak yang tepat untuk diberikan pisau lipat

Usia bukan satu-satunya faktor yang penting ketika memutuskan anak sudah siap atau belum memiliki pisau lipat, cara mereka menggunakan peralatan pada pisau lipat seperti pisau, oben dan gunting menjadi acuan dalam menentukan anak boleh memiliki pisau.

Perhatikan bagaimana cara mereka memegang dan memakai pisau lipat, apakah aman bagi mereka dan apakah mereka sangat memperhatikan faktor keselamatan atau tidak.

Menurut informasi dari sebuah produsen pisau lipat usia yang pas untuk anak-anak untuk mulai dapat memiliki pisau lipat adalah usia 8 sampai 11 tahun.

3.    Sebelum diberikan mintalah komitmen mereka

Pastikan putra atau putri Anda bersedia untuk merawat peralatan pisau lipat atau pisau saku mereka dengan baik dan benar.
Sebelum memutuskan untuk memperkenalkan anak-anak dengan dunia pisau, pastikan bahwa kita para orang tua yakin bahwa anak kita siap dengan keputusan mereka.

4.    Peran orang tua untuk mengawasi, mendampingi terus anak-anak yang diberi pisau

Orang tua harus memberikan latihan dan contoh seperti apa cara yang benar dan baik dalam menggunakan pisau lipat.

Seperti membuka dan menutup pisau atau gunting  dan  selalu menyimpan di tempat yang aman.
Jika tidak sempat atau dapat mengawasi anak-anak yang baru pertama kali memiliki pisau lipat maka sebaiknya tidak usah memberikan kepada mereka.

Hadiah kepada anak-anak berupa pisau lipat bisa menjadi pilihan bagi para orang tua namun dengan penuh pertimbangan seperti yang sudah diuraikan di atas.