Ketika iseng-iseng browsing dan melihat-lihat modem yang ada di toko online, ternyata sekarang rata-rata modem yang dijual di situ adalah modem internet untuk jaringan seluler 4G.

apakah-lebih-baik-pakai-modem-4g-daripada-modem-3gGencarnya promosi 4G atau generasi ke 4 jaringan seluler itu membuat saya bertanya-tanya kenapa kok tidak berasa ya keheboannya di antara para pengguna internet mobile.

Apakah ini cuma promosi para marketing biar dagangannya laku? Atau memang jaringan 4G itu sudah belum begitu siap, belum tersedia di semua tempat?

Kalau memang kita penasaran dengan modem 4G maka ada beberapa hal yang menurut saya yang harus kita perhatikan, terutama soal ketersedian sinyal atau jaringan 4G di lokasi kita berada.

Dalam kondisi yang ideal di mana sinyal jaringan 4G sudah tersedia dan dalam kondisi yang baik maka performa atau kinerja layanan jaringan 4G untuk koneksi ke internet jauh lebih tinggi kualitasnya dibandingkan dengan jaringan 3G.

Itu kalau dalam keadaan yang ideal, jika tidak maka bisa jadi pemakaian modem 3G lebih memuaskan.

Bagi anda yang baru mau menggunakan produk dan layanan modem 4G maka anda akan mendapatkan kenyataan bahwa memang modem 4G lebih bagus jika dibandingkan dengan modem 3G, kira-kira seperti ini kelebihan modem 4G dibanding 3G:

1. Kecepatan transfer

Kecepatan transfer dari modem 4G mencapai 150 Mbps saat menarik data atau download dan 50 Mbps untuk upload atau kirim data.

Kecepatan transfer dari modem 3G hanya mencapai 20 Mbps saja itupun dicapai saat benar-benar dalam kondisi full signal dan jam sepi pemakaian serta harus mengacu pada ketentuan dari ISP.

2. Modem 4G + Wifi AP

Biasanya modem 4G sudah tersedia dengan Wifi hostspot sehingga kita tidak perlu membeli perangkat wifi AP router lagi.
Kondisi ini berbeda dengan modem 3G di mana kita harus menyiapkan lagi wifi ap router jika ingin membuat sebuah hostspot untuk membagi koneksi secara wifi.

3. Cukup murah harga modem baru + paket kuota data

Beberapa provider nasional menawarkan paket data sekaligus dengan pembelian modem.

Untuk modem 4G rasanya paket data yang ditawarkan sudah termasuk dengan kepemilikan modem, dan harganya jauh lebih murah dibanding dengan paket data modem 3G.

Sebagai contoh, saat beli modem 3G tidak ada lagi bundling paket kuota, sedangkan modem 4G bundling paket kuotanya sangat besar.

XL GO memberikan paket data 90 GB untuk masa 3 bulan ditambah modem 4G gratis seharga 700 ribu.

Beberapa fakta di atas adalah kelebihan dari modem 4G saat masa-masa awal kita pertama kali menggunakan, tapi setelah habis masa promo maka siap-siap untuk menggunakan paket data 3G karena bisa jadi beberapa hal berikut ini menjadi penyebabnya.

1. Tangkapan sinyal 4G yang kurang bagus

Jaringan 4G memang belum tersebar secara luas seperti jaringan 3G. Pengalaman pribadi saat menggunakan modem bolt, sinyal di tempat saya hanya 2 bar saja, koneksi internet begitu lambat, lebih baik pake modem 3G.

Tapi kalau dibawa ke kantor, sinyal 4G-nya full, koneksi internet sangat cepat. Karena di kantor sudah ada internet kantor maka mubazir juga kalau pakai internet pribadi.

8 Bulan jadi pelanggan bolt, saya putuskan untuk ganti provider, kembali ke modem 3G, pakai three lagi.

2. Harga paket setelah masa promo cukup mahal

Tanpa harga promo mungkin paket 4G akan terasa mahal apalagi dengan layanan yang kurang maksimal, pasti akan terasa lebih mengecewakan.

3. Modem 4G bisa juga untuk jaringan 3G

Modem 4G yang ditawarkan kalau dicek pada spesifikasinya ternyata bisa juga dipakai untuk menangkap sinyal jaringan 3G. Kondisi ini cukup membingungkan jika tidak ada indicator pembeda sinyal apakah 3G atau 4G yang tertangkap.

Tapi jika ketahuan sinyal 3G atau 4G yang tertangkap, dan kalau yang lebih sering tertangkap adalah sinyal 3G maka saran saya lebih baik pake modem 3G saja.

Mengapa? karena paket data langganan kita adalah 4G tapi layanan yang kita terima cuma 3G.

Bayangkan kalau dapat sinyal 4G kecepatannya sampai 50Mbps tapi kalau dapat 3G kecepatan jadi turun 5 Mbps( contoh saja ), pastilah mengecewakan.

Saran saya adalah sebaiknya memastikan kembali sinyal 4G di tempat anda sudah bagus atau tidak, kalau tidak bagus tidak usah pakai 4G.

Jangan percaya dengan omongan penjual atau sales modem, biasanya mereka bilang di tempat kita sinyal-nya bagus, nyatanya tidak ada sinyal sama sekali.

Selain masalah sinyal pastikan dulu kebutuhan akan kecepatan internet yang akan anda pakai, apakah cuma buat browsing-browsing saja atau butuh untuk video call atau video conference.

Jika kebutuhannya adalah untuk video conf maka tepat jika anda menggunakan koneksi 4G dengan performa maksimal.