Ternyata ada juga applikasi Android yang dapat membantu meningkatkan kemampuan telinga kita dalam mendengar.

Aplikasi android ini diklaim bisa membantu orang yang mengalami kemampuan mendengar yang kurang baik menjadi lebih baik.

Dengan modal hape smartphone atau tablet kita bisa membantu atau membuat penderita gangguan pendengaran menjadi lebih jelas dalam mendengar, dan aplikasi-aplikasi tersebut bisa kita dapatkan secara gratis.

Berikut ini adalah aplikasi android yang dapat membantu meningkatkan kualitas bunyi atau suara yang kita dengar:

       1.       Ear Assist

Ear Asssist menguatkan suara yang diterima dari microphone hape, aplikasi ini mempu meningkatkan kualitas suara agar lebih jelas terdengar, fungsinya seperti alat bantu dengar.

Dibutuhkan headphone untuk menyalurkan suara ke telinga pengguna aplikasi ini. Dengan aplikasi ini penggunanya dapat mendengar hal-hal yang mungkin sulit untuk didengar ketika tanpa menggunakan alat bantu.

Bagi orang-orang yang mengalami kesulitan pendengaran, Ear Assist dapat sangat tepat untuk digunakan.

Ear Asssist menguatkan suara yang datang melalui mikrofon hape   ke earphone Anda. Kita dapat mengatur sinyal yang masuk agar lebih pas dengan menggunakan audio equalizer.

        2.       Super Ear

Super ear membantu penggunanya mendengarkan suara secara lebih jelas dan terang, cocok digunakan saat mengikuti rapat kantor atau pertemuan-pertemuan penting lainnya.

Super Ear butuh Headset sebagai interface atau penghubung antara microphone hape yang berperan sebagai penerima sumber suara dengan telinga penggunanya.

        3.       Petralex Hearing aid

Petralex Hearing aid adalah aplikasi untuk alat bantu dengar yang dapat dipakai pada system operasi Android, prinsip kerjanya sama seperti alat bantu dengar yang biasa digunakan oleh para penderita gangguan pendengaran.

Sistem pengaturan yang automatis dan menggunakan headset biasa membuat penggunaanya tidak beda dengan orang normal yang  sedang mendengarkan musik pada hape.

Kelebihan aplikasi ini secara lengkap dapat dicek pada link ini.

       4.       Ear Spy Super Hearing

Ear Spy Super Hearing tidak saja membantu memperbaiki daya pendengaran yang kurang bagus tapi juga bisa digunakan untuk mematai-matai atau menguping pembicaraan orang di sekitar.

Kualitas suara yang dihasilkan dengan aplikasi ini tergantung pada seberapa baik hape Anda, semakin bagus hape yang dipakai maka semakin tinggi kualitasnya, bahkan pengembangnya mengklaim aplikasi ini sama baiknya seperti menggunakan alat bantu dengar.  

Ke empat aplikasi Android di atas dapat dipakai secara gratis, tunggu apalagi, segera buktikan.