Tidak semua aplikasi atau program yang merupakan bawaan atau default dari system Operasi Microsoft Windows yang cocok dan pas untuk dipakai oleh para pengguna.

Beberapa aplikasi seperti aplikasi untuk browsing, mengedit gambar dapat kita gunakan aplikasi atau program lain yang tidak kalah bagusnya dengan aplikasi bawaan Windows.

Alasannya kenapa kita mesti mencoba aplikasi lain karena selain gratis aplikasi-aplikasi tersebut juga lebih bagus dengan banyak pilihan fitur yang sangat membantu.

Berikut adalah aplikasi-aplikasi bawaan windows yang bisa kita ganti dan coba merasakan perbedaannya seperti apa:

1. Google Chrome untuk browser default

Browser adalah program yang paling sering dipakai oleh pengguna komputer, browser yang lambat dan berat adalah sumber kekesalan yang paling sering dialami pengguna komputer.

Google Chrome adalah salah satu alternatif yang cukup bagus dan layak untuk dijadikan sebagai default browser pada komputer anda.
Google Chrome juga didapatkan secara gratis, tanpa membuat anda pusing dengan urusan license.

Download Google Chrome

2. VLC Media Player untuk gantikan Windows Media Player

Windows Media Player sudah ada sejak lama dan sampai saat ini masih dijadikan sebagai program default untuk memutar video dan musik. Menurut sebagian pakar, bahwa windows media player seharusnya memperhatikan perkembangan jaman di mana pemakaian CD/DVD atau optical media sudah jarang digunakan dan lebih banyak media saat ini menggunakan koneksi online data tanpa harus memakai media optic.

Windows Media Player, bahkan yang ikut dibawa oleh Windows 10 dianggap hampir tidak perubahan dengan versi-versi sebelumnya yang lebih mengedepankan untuk memutar video dan music dari media optic seperti CD dan DVD.

VLC Media Player adalah pilihan yang terbaik. Program ini dapat memainkan segala macam format audio ataupun video. VLC juga mendukung fungsi-fungsi lanjutan seperti ripping audio dari video. Dan Anda dapat menajadikan sebuah server media dengan menggunakan VLC.

Download VLC Media Player

3. Cobalah Paint.NET untuk menggantikan Microsoft Paint

Paint adalah editor gambar yang memiliki tingkat kemampuan dasar saja, program ini adalah aplikasi bawaan Windows. MS Paint dianggap semakin baik, namun tetap saja tidak banyak kemampuan yang ia miliki.
Sebagai gantinya kita bisa coba Paint.NET, aplikasi ini gratis tapi memiliki fitur dan kemampuan yang lebih baik dari MS Paint.

Paint.NET adalah pilihan terbaik Anda. Ia menawarkan jauh lebih banyak fitur dari MS Paint, terutama pada user interface yang mudah untuk digunakan, mirip dengan aplikasi Photoshop.
Seperti adanya model layer, penyesuaian otomatis, blending, blur, dan terintegrasi di dalam sebuah paket yang mudah digunakan.

Dowload Paint.Net

4. Coba pakai Notepad++ ketimbang Notepad

Notepad memang cukup ringan namun terlalu sangat sederhana, tampilannya sangat-sangat membosankan. Bagi anda yang sedang belajar programing maka notepad plus-plus wajib anda gunakan.

Untuk navigasi dan menu pemakaian, Notepad ++ jauh lebih baik dibanding notepad bawaan, dimana pada notepad plus terdapat tab sehingga Anda dapat membuka dan menjalankan beberapa file sekaligus dalam satu program, mirip tab model pada apalikasi browser.
Cobalah beralih ke notepad plus-plus karena gratis dan sangat memudahkan kita untuk menggunakannya.

Download Notepad ++

5. ShareX

Mengedit gambar dengan printscreen lalu meng-copykan ke dalam MS paint cukup merepotkan, untuk mempercepat kegiatan seperti ini kita membutuhkan aplikasi screenshot yang lebih baik, aplikasi itu adalah ShareX .
ShareX memiliki sejumlah fitur yang mengesankan, seperti live editing untuk mendapatkan gambar yang sempurna, menyediakan banyak lokasi untuk meng-upload foto kita, proses yang secara otomatis untuk melakukan screenshot.
Screenshot berguna untuk pada saat-saat kita membutuhkan kegiatan dalam waktu yang serba singkat.

Download ShareX

Silahkan anda coba dan buktikan sendiri karena selama tidak pernah mencoba maka kita tidak pernah tahu bahwa ternyata ada program yang lebih memudahkan.