Sudah banyak yang bahas review laptop ASUS VivoBook Flip TP301UA, tapi hampir tidak ada yang berani mengklaim dan mengatakan bahwa laptop ini punya kelebihan yang luar biasa dari sisi konektifitas Wifi.

Kalau benar apa yang tertera pada spesifikasi laptop ini bahwa konektifitas Wifi nya sudah mendukung standar IEEE 802.11 ac dan 802.11 b/g/n, maka pasti nya Wifi adapter laptop ini beroperasi dengan frequency 2.4 GHz dan juga 5 GHz.

Lalu apa keuntungan yang didapat oleh pengguna laptop ASUS VivoBook Flip TP301UA jika Wifi-nya bisa bekerja pada dua frequency sekaligus?

1. Tidak perlu wifi adapter tambahan

Kenapa tidak perlu? Karena wifi adapter nya sudah support dua band wifi. Untuk diketahui, saat ini koneksi wifi di dunia cuma beroperasi menggunakan dua jenis frequency saja yaitu, 2.4 GHz dan 5 GHz.

Jadi jika ingin terkoneksi ke jaringan wifi dengan frequency 5 GHz maka langsung bisa terkoneksi tanpa harus memasang wifi klien adapter tambahan yang support 5GHz.

2. Kecepatan koneksi ke jaringan yang tinggi

Salah satu syarat agar koneksi wifi kencang adalah terkoneksi ke jaringan wifi yang beroperasi dengan frequency tinggi seperti frequency 5 GHz.

Wifi 5 GHz yang memenuhi standar IEEE 802.11 ac memiliki data rate sampai mencapai 1 Giga bit per detik atau 1 Gbps.

3. Tidak mudah terkena interferensi

Interferensi adalah gangguan yang terjadi koneksi antara dua pemancar wifi atau radio frequency sehingga sinyal yang ditangkap oleh kedua pemancar tersebut tidak maksimal atau terputus.

Perlu diketahui bahwa sebagian besar koneksi wifi menggunakan atau beroperasi pada freq 2.4 GHz, hal ini mengakibatkan jaringan wifi mudah terkena atau saling meng-interferensi sesama wifi di dekatnya.

Salah satu cara yang paling efektif untuk menghindari interferensi adalah dengan beroperasi pada frequency yang jarang digunakan. Maka dari itu dengan berpindah ke freq 5 GHz, interferensi dapat dihindari.

Inilah kelebihan dari menggunakan wifi dengan dual frequency band dan itu bisa didapat jika kita membeli Laptop ASUS VivoBook Flip TP301UA.

Laptop lain, rata-rata hanya mendukung jaringan wifi dengan standar 802.11 b/g/n.. Untuk diketahui standar IEEE 802.11 b/g/n hanya mendukung atau beroperasi pada frequency 2.4 GHz.

Sumber: https://www.asus.com/Notebooks/ASUS-VivoBook-Flip-TP301UA/specifications/