Ini adalah kisah seorang pengajar bernama Lauren Coles yang sebelum menemukan 3 cara sederhana ini, ia begitu tertekan, cemas dan stress dalam menjalani karirnya sebagai seorang pengajar.

Normal kalau sebagai seorang pengajar anda merasa memiliki tanggung jawab yang begitu besar terhadap pekerjaan anda.bagaimana-3-cara-sederhana-ini-bisa-mencapai-mindfulness-dan-mengatasi-tekanan-hidup

Tanggung jawab tersebut antara lain: Menjauhkan stres saat ujian, membuat pimpinan tetap senang, harus bisa menjalani kehidupan pribadi sambil tetap fokus memberi nilai pada tumpukan kertas yang menggunung, dan sebuah taruhan karir yang benar-banar harus anda perjuangkan yaitu masa depan dan kesuksesan siswa didik anda.

Menurut Lauren Coles sebagai seorang guru, mereka menempatkan diri dibawah tekanan yang berat.

Kebanyakan pengajar yang terjun ke lapangan melengkapi diri mereka dengan sikap murah hati dan rasanya ingin membuat perbedaan pada dunia.

Akan tetapi mereka lupa bahwa hal yang terpenting yang harus mereka perhatikan adalah diri sendiri.

Selama 5 tahun pengalaman sebagai pengajar, Lauren Coles merasa sangat sulit membagi waktu antara karir dan kehidupan pribadinya.

Pada suatu hari, Lauren Coles mengalami kelelahan luar biasa sehabis mengawasi ujian akhir pada kelas anak-anak penyandang cacat, waktu ujian pada kelas anak cacat membutuhkan waktu yang lebih lama dari anak normal;

Ia lalu melakukan latihan yoga sederhana dan secara mengejutkan ia merasa lapang dan terbebas dari stress yang dialaminya saat itu.

Ia lalu melakukan penelitian dan percobaan sampai akhirnya ia menemukan system yang dapat membuatnya tetap segar serta memberinya efek baik lain bagi dirinya.

Pada akhirnya, keputusan bekerja sebagai guru yoga dan sebagai pendidik membantu Lauren Coles mengembangkan sistem yoga dan latihan meditasi yang berbasis pada Mindfullness yang kemudian mendorongnya untuk membuat sebuah pelatihan yoga bernama My Office Yoga.

Apa itu mindfulness? : 

“Mindfulness adalah memusatkan perhatian sedemikian rupa, menghayati apa yang sedang Anda lakukan, tanpa melakukan penilaian,” ini menurut psikolog dan penulis Rewire Your Brain For Love, Marsha Lucas, Ph.D, seperti dikutip dari Psych Central.

Bagi Lauren Coles, meski terkesan sederhana tapi ada tiga tips sederhana yang ia sarankan bagi para pembaca agar sukses menjalani mencapai Mindfulness, yaitu Bernapas, Menggerakkan tubuh, dan mengecek pikiran.

1. Bernapas

Merasakan seperti apa sebernarnya bernapas itu adalah dengan merasakan sensasi udara saat masuk dan keluar dari lubang hidung. Rasakan dada anda mengembang saat menarik napas dan rasakan dada kembali mengecil saat menghembuskan napas.

Fokuskan pikiran anda hanya pada sensasi bernapas. Lakukan secara perlahan, 4 detik untuk menghirup dan 4 detik untuk menghembuskan.

2. Gerakkan badan anda

Dengan melakukan gerakan yoga sederhana kita dapat melepaskan diri dari rasa stress. Gerakkan yoga sederhana yang dimaksud adalah gerakan peregangan atau stretching, jangan terlalu terpaku pada gerakan yoga asli.

Tujuan dari melakuka gerakan-gerakan peregangan adalah untuk melancarkan peredaran darah.

3. Mengontrol emosi anda

Menurut Lauren Coles, cara menghilangkan stress adalah dengan menyadari sepenuhnya emosi pikiran kita sehingga dapat membantu kita untuk mengontrol jalan pikiran kita.

Terutama saat kita menghadapi pekerjaan yang membuat stess yang dapat juga mempengaruhi orang lain yang ada di ruangan kelas

Hal ini sangat penting terutama bagi anda seorang guru untuk menyadari emosi anda dan mencapai kondisi mindfull.

Sumber : www.huffingtonpost.com