Membaca sebuah buku tidak lagi menjadi syarat mutlak bagi seseorang untuk mengembangkan wawasan, menambah ilmu dan menjadi lebih pintar; ada banyak cara yang dapat dipakai untuk mengembangkan wawasan kita selain membaca buku.

Meskipun membaca buku bukan lagi menjadi sumber informasi utama namun kemampuan membaca dan menulis tetap dibutuhkan untuk mendukung cara belajar tanpa membaca buku.

Berikut adalah beberapa cara belajar tanpa harus menjadi kutu buku:

       1.       Menonton Film dokumenter

Jaman internet saat ini, ribuan arsip film documenter sudah bisa kita dapatkan dengan mudah. Saya pernah menonton film documenter tentang awal mula Amerika Serikat terlibat dalam perang dunia kedua.

Film tersebut kalau tidak salah dibuat oleh Frank Capra, saya menontonnya sekitar 25 tahun yang lalu dan sampai saat ini masih terbayang dengan jelas seperti apa film tersebut dan saya masih ingat dengan jelas kenapa sampai AS terlibat perang dunia II.

Website Penyedia video konten seperti Youtube adalah sumber ilmu yang sangat potensial untuk dijadikan sebagai sekolah atau ruang kelas tanpa buku.

         2.       Podcast

Podcast merupakan audio atau video yang diposting sebagai pengganti sebuah artikel. Dengan podcast kita tinggal menyediakan space kosong di kartu memori dan mengisi sebanyak mungkin bahan yang kita butuhkan untuk dipelajari tanpa harus membaca.

Postcast sudah mulai merambah ke berbagai macam aspek ilmu.

        3.       Audio book

Audio book adalah rekaman yang berisikan pembacaan sebuah buku. Pemilik audio book hanya cukup memiliki data rekaman dan pemutar rekaman untuk mendengarkan atau mengetahui seluruh isi sebuah buku.

Saat ini ada ribuan karya sastra yang tersedia secara gratis atau murah yang akan dibacakan untuk kita oleh para pembaca professional.

Audio-buku tidak hanya untuk orang buta tapi juga untuk orang-orang yang susah berkonsentrasi saat membaca.

        4.       Ceramah dan presentasi

Menghadiri ceramah dan presentasi merupakan cara lain dalam mendapatkan sumber informasi dan ilmu pengetahuan.

Media online dan canggihnya gadget turut membantu kita mendapat informasi tanpa harus melotot di depan buku. Rekaman Ceramah dan presentasi bisa kita dapatkan hanya dengan menyentuh layar hape kita dan dapat diputar kembali kapan pun kita mau.

         5.       Diskusi

Berdiskusi tentang isi sebuah buku atau informasi merupakan bentuk kegiatan berbagi pengetahuan, tanpa harus membaca sebuah buku secara keseluruhan kita tetap bisa mengetahui seluruh isi buku dari anggota lain dalam kelompok diskusi.

        6.       Museum

Berwisata ke sebuah kota bersejarah yang dipenuhi dengan museum memberikan kenikmatan dan kesenangan yang luar biasa.

Tanpa sadar kita sudah belajar dengan melihat dan membanyangkan seperti apa perkembangan peradaban dan sejarah sebuah kota.

Kegiatan berkunjung tentunya jauh lebih mengasikan daripada sekedar duduk dan membaca sebuah buku tebal tentang sejarah.

Demikian, bahwa saat ini informasi atau sumber ilmu tidak lagi didominasi oleh buku tapi ada banyak dan macam cara yang bisa kita lakukan untuk untuk mendapatkan informasi tanpa melalui sebuah buku bacaan.