Setiap host atau komputer yang ingin terkoneksi ke jaringan wireless haruslah memiliki Wiireless Interface Card namun Wireless NIC tidak terdiri atas beragam jenis yang tentunya harus disesuaikan dengan kondisi komputer atau host.

Berikut ini adalah petunjuk dalam memilih wireless NIC (Network Interface Card) bagi komputer anda;

1.    Kecepatan Akses
Cek berapa kecepatan yang dimiliki oleh wireless NIC tersebut. Saat ini Wifi NIC yang terdapat di pasaran terdiri atas berbagai macam wifi NIC dengan kecepatan mulai dari 10 Mbps, 100 Mbps atau ada juga yang lebih kencang, Gigabps. Semakin besar kecepatannya semakin baik. 

2.    Jenis konektor
Wireless NIC terdiri atas beragam model dan jenis, agar interface Wifi bisa terpasang pada perangkat komputer maka jenis konektor haruslah sesuai.  Berikut adalah jenis-jenis konektor yang biasa terdapat pada wifi adapter atau wireless NIC;

a.       Peripheral Component Interconnect  atau PCI dan juga  PCI Express
Jenis konektor wifi  NIC ini biasanya dipakai untuk pada komputer jenis PC atau yang memiliki slot PCI atau PCIex. Pemilihan jenis PCI dan PCI ex dicocokan dengan slot motherboard yang dipakai, pastikan anda tidak salah membeli.

b.      Universal Serial Bus atau USB
Konektor Wifi NIC jenis ini biasanya dipakai untuk koneksi ke port USB dari komputer. Wifi NIC ini sangat  praktis dan bisa dipakai di semua jenis komputer mulai dari laptop sampai server.
Konektor USB lebih praktis dalam instalasi dan pemakaiannya dibanding dengan wif NICyang menggunakan PCI konektor.

3.    Kesesuaian dengan Sistem Operasi
Hampir semua driver dari wifi NIC sudah disupport oleh system operasi Windows, namun system operasi lainnya seperti Linux dan Unix ada yang belum mendukung. Untuk itu pastikan sebelum membeli, apakah system operasi yang kita pakai mendukung wifi NIC tersebut. Pastikan juga wifi adapter tersebut kompetibel dengan perangkat wifi access point, terutama terkait dengan standard  IEEE 802.11n/b/g.

4.    Tingkat kepraktisan
Wifi NIC yang menggunakan konektor UBS sangat praktis dibanding dengan Wifi NIC yang menggunakan konektor PCI. Konektor USB memungkinkan kita untuk tidak harus membuka kasing komputer  saat instalasi dan troubleshooting.

Semoga berguna
Sumber gambar: Taller de cerámica “A Noitiña”