Mengecek dan memastikan air yang kita pakai di rumah layak atau tidak buat dikonsumsi ternyata bisa dilakukan dengan cara yang gampang dan tanpa menggunakan peralatan yang mahal, cukup dengan panca indera yang kita miliki.

Berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memastikan air yang bakal kita konsumsi layak dan tidak berbahaya bagi kesehatan kita.

#1 Pahami Cara Menganalisa Kualitas Air: Sensor Apa Saja Yang Dipakai Untuk Menanalisa

Kualitas air dapat dengan mudah dicek dan dievaluasi dengan bantuan sensor panca indera kita.

Asal tahu saja para profesional yang berkerja untuk urusan air bersih pun masih sering memeriksa air dengan mencium, mengecap dan melihatnya sebelum membuat keputusan air itu layak atau tidak. Meskipun praktik semacam ini tidak 100% akurat dibandingkan jika menggunakan peralatan tes seperti yang ada di lab, tapi cara ini juga dapat memberikan informasi yang berharga.

Jadi ada tiga sensor pada tubuh kita yang bisa kita pakai untuk mengecek kualitas air di rumah:

#a. Gunakan Hidung untuk mencium bau tidaknya air

#b. Gunakan lidah untuk mengecap bagaimana rasa air

#c. Gunakan mata untuk melihat seperti apa warna air itu

#2   Air Yang Sehat Itu Tidak Berbau, Ini Penjelasan Jika Air Berbau

Air yang sehat tentunya tidak berbau, jadi ada apa dengan air yang berbau?

Sangatlah penting untuk mencium dan memastikan bau air seperti apa yang tercium, karena dari aroma baunya bisa diketahui jenis zat apa yang terkandung.

#- Jika air berbau seperti pemutih pakaian, maka air tersebut mengandung zat klorin yang dipakai oleh perusahaan air minum sebagai disinfectant untuk membunuh kuman-kuman penyakit dalam air. Ketika air digunakan untuk kegiatan sehari-hari biasanya bau tersebut akan cepat menghilang.

#- Jika air berbau seperti telur busuk, ini mungkin mengindikasikan bahwa ada bakteri telah berkembang saat menuju ke kran. Cara memastikannya adalah dengan mengisi air dalam gelas, kemudian taruhlah di ruangan lain dalam rumah, misalnya di ruang tengah.

Setelah beberapa menit, jika airnya berbau seperti belerang, penyebabnya mungkin berasal dari saluran air.

Tapi ketika air dipanaskan atau didinginkan dan bau telur busuk masih terus terasa dan terus memiliki aroma ini ketika ditaruh di berbagai tempat di rumah, maka air tersebut telah terkontaminasi dan sumbernya berasal dari saluran pipa milik perusahaan air minum.

#- Jika air berbau tanah atau apek maka kemungkinan disebabkan oleh pembusukan atau penguraian bahan organik. Ini dapat diuji seperti air yang berbau telur busuk dengan mengisi gelas dengan air kemudian membawanya ke bagian lain rumah untuk memastikan bahwa aroma tidak berasal dari saluran pipa. Meskipun bau seperti itu tidak menyenangkan tapi tidak berbahaya.

#3 Air Yang Sehat Itu Tidak Berasa, Pastikan Jika Air Di Rumah Kita Tidak Berasa, Gunakan Panca Indera Lidah Untuk Mengecap Rasa Air

Ketika kita mencicipi air, penting untuk diingat bahwa air yang rasanya tidak enak sebaiknya tidak ditelan.

Ketika air berasa seperti mengandung logam, maka air tersebut memiliki tingkat pH rendah atau asam karena mengandung terlalu banyak mineral.

Ketika air terasa seperti pemutih, maka kemungkinan mengandung zat klorin.

Jika air terasa asin, maka dalam air terdapat ion sulfat. Ada nya senyawa tersebut menunjukan bahwa aliran air tersebut berasal dari kawasan industry.

#4 Air Yang Sehat Itu Adalah Yang Tidak Berwarna Alias Bening, Pastikan Mata Anda Tidak Salah Melihat

Gunakan mata kita untuk memastikan air yang ada dirumah kita tidak berwarna, ini penjelasannya.

Cara lain untuk menguji kualitas air adalah dengan mengisi gelas dengan air dan menaruhnya di tempat yang terang.

Cek apakah dalam air mungkin terdapat beberapa partikel mengambang di dalamnya atau terlihat keruh. Jika partikel berwarna coklat, oranye atau merah, pipa saluran mungkin sudah berkarat. Jika berwarna hitam, ini mungkin karena selang yang dilewati air.

Selang atau pipa plastik dapat menurun kualitasnya selama jangka waktu tertentu karena zat klorin. Jika airnya keruh atau memiliki partikel putih dan cokelat, ini menunjukkan bahwa selang atau pipa plastic yang seharunya fleksibel sudah mulai mengeras, semakin banyak partikel putih dan coklat menunjukkan tinggkat kekerasan dari selang atau pipa plastic.

Secara umum, kekerasan disebabkan oleh terlalu banyak kalsium karbonat atau magnesium karbonat dalam air.

Selang dan pipa plastic yang mengeras menandakan bahwa pipa dan selang tersebut sudah mulai rapuh dan mudah patah.

Penting untuk menggunakan mata dalam mengecek  warna air di rumah kita.

Catatan penting :  Sebelum mengisi air ke dalam gelas untuk diuji, biarkan air mengalir terlebih dahulu beberapa menit, hal ini untuk menghindari kemungkinkan penumpukan partikel yang mungkin terjadi pada pipa atau kran.

Jika ketika gelas ditaruh di tempat yang terang dan itu menunjukkan bahwa air berwarna coklat berubah warna atau keruh, maka hal itu menandakan air sudah terkontaminasi. Ini mungkin disebabkan oleh karat pada pipa atau polusi air yang terjadi di bagian hulu.

Jadi, kemungkinan buruknya kualitas air di rumah kita tidak semata-mata karena air tersebut sudah jelek dari sumbernya, bisa jadi fasilitas instalasi saluran air di rumah kita yang kurang baik.

Jelaslah bahwa sangatlah mudah untuk mengecek kualitas air dan juga segala sarana infrastruktur dalam kondisi baik atau tidak.

Jika indikasinya mengarah pada pipa di rumah kita yang sudah terlalu lama tidak pernah diganti maka segeralah melakukan perbaikan dan perawatan.

Jika memang dari sumbernya sudah tidak bagus kualitas airnya maka bisa gunakan peralatan seperti filter air atau water purifier untuk meningkatkan kualitas air menjadi lebih baik.

Dan yang terpenting adalah bahwa cara ini tidak 100 persen akurat.