Untuk menjelajahi internet melalui browser diperlukan beberapa trik khusus, jika tidak maka saat browsing menjadi membosankan bahkan melelahkan. Bagaimana Caranya Agar Browsing Jadi Lebih Mudah dan Lancar

Kenapa begitu? Coba banyangkan jika tanpa sengaja kita menutup tab halaman yang sedang kita buka dan untuk mencari alamat URL-nya butuh waktu yang lama.

Sebenarnya ada solusi cepat atas masalah tersebut, cukup hanya dengan menekan beberapa kombinasi tombol keyboard maka halaman yang tertutup tadi bisa dikembalikan seperti sediakala.

Trik-trik seperti kombinasi tombol keyboard sangat membantu kita saat browsing, ada banyak trik namun ada beberapa di antaranya sangat membantu kita dalam berselancar di internet menggunakan aplikasi browser favorit kita.

Berikut trik-trik saat berselancar yang sangat membantu kita.

      1.       Mengembalikan tab brower yang tertutup

Tampilan URL atau website yang tanpa sengaja kita tutup bisa kita kembalikan dengan mudah tanpa harus melakukan pencarian yang bertele-tele dan buang-buang waktu.

aranya adalah dengan menekan tombol Ctrl, tahan lalu tekan tombol Shift, tahan lagi dan tekan tombol T (Ctrl + Shift + T).

Lakukan kombinasi tombol ini secara berulang-ulang untuk mengembalikan tab-tab yang sudah tertutup sebelumnya.

      2.       Membersihkan Cache

Kenapa harus dibersihkan cache itu, cache biasanya menyimpan beberapa data dari sebuah halaman website. Data itu disimpan di komputer kita dan akan diambil kembali jika kita mengunjungi website tersebut.

Dengan cara seperti ini maka proses loading sebuah website menjadi lebih cepat dan ringan. Alasan cache harus dibersihkan adalah karena data yang  tersimpan itu sudah tidak uptodate lagi atau sudah tertinggal.

Untuk itu harus dibersihkan sehingga pada saat kita mengunjungi website tersebut maka semua data yang tampil pada halaman brower kita merupakan data yang benar-benar diambil dari server website tersebut.

Cara membersihkan cahce biasanya dilakukan melalui menu option pada browser tersebut, tapi kita pun bisa melakukannya dengan menggunakan kombinasi tombol keyboard. 

Gunakan kombinasi tombol Ctrl + Shift + R untuk menghapus cache dari browser anda.

     3.       Mengunjungi halaman website yang sudah mati

Penyebab wesite mati adalah karena sudah tidak lagi diperpanjang masa sewa atau terputusnya koneksi server yang menjadi rumah atau hosting dari website itu dengan jaringan internet.

Halaman website yang sudah mati tersebut biasanya tidak akan tampil sama sekali, dan untuk menampilkan halaman tersebut kita bisa kita lakukan dengan perantaraan website lain.

Website seperti archive.org biasanya menyimpan halaman-halaman website yang sudah tidak aktif lagi. Kunjungi archive.org dan temukan yang anda cari.

      4.       Cara  cepat meng-copy alamat URL yang ada bagian alamat

Untuk meng-copy alamat URL  pada bagian address di kolom alamat browser maka langkah pertama yang dilakukan adalah menyorot semua alamat itu secara lengkap dan meng-copy-nya.

Untuk menyorot biasanya kita menggunakan bantuan mouse, untuk mempercepat prosesnya kita tidak perlu menggunakan mouse, cukup dengan menggunakan kombinasi tombol Ctrl dan tombol L atau Ctrl + L.

Dengan menekan tombol Ctrl dan L secara bersamaan maka secara otomatis URL yang mau kita copy akan langsung tersorot semuanya dan tinggal menekan tombol Ctrl + C untuk copy.

      5.        Persingkat penulisan alamat pada browser

Untuk mempersingkat waktu dan ketikan alamat pada broser maka kita bisa melakukannya dengan kombinasi beberapa tombol.

Caranya adalah ketik alamat yang ingin dituju, tidak perlu lengkap misalnya abc, lalu tekan tombol Ctrl – tahan dan tekan tombol enter. Maka tulisan teks abc akan berubah menjadi abc.com dan browser langsung me-loading halaman website itu.

Hal yang sama jika bisa anda lakukan jika alamat websitenya adalah .net, maka kombinasi tombolnya adalah Shift + Enter.

       6.        Pindah dari satu tab ke tab lain

Untuk melihat tampilan pada tiap-tiap tab yang sudah terbuka bisa kita lakukan menggunakan mouse dan mengklik pada tab yang mau kita lihat.

Selain menggunakan mouse bisa juga kita lakukan dengan kombinasi tombol keyboards. Gunakan tombol Ctrl + Shift + tab.  

Tahan tombol Ctrl dan shift bersamaan, lalu tekan /angkat tombol tab sesuai kebutuhan untuk berpindah ke tab yang ingin anda kunjungi.

Semoga berguna